Langsung ke konten utama

Postingan

PERMOHONAN DISPENSASI TIKET STUDY TOUR SISWA KELAS V DAN VI MI MA’ARIF ADITIRTA TAHUN 2022/2023

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA DESA ADITIRTO KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NU KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA KECAMATAN PEJAGAOAN KABUPATEN KEBUMEN Alamat: Dukuh Jonggol RT 05 RW 01 Ds. Aditirto Kec. Pejagoan Kab. Kebumen Nomor : 025/MI.071.KS.04/05/ 2023 Hal : Permohonan Dispensasi Tiket Kepada Yth. Ketua Pengelola Museum Dirgatara di Yogyakarta Assalamu'alaikum Wr. Wb. Pertama marilah kita panjatkan rasa syukur terhadap Allah SWT, shalawat dan salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhamad SAW. Dalam rangka meningkatkan pengetahuan anak didik khususnya siswa kelas lima dan kelas enam MI Ma’arif Aditirta, kami mengadakan kegiatan study tour, kegiatan study tour ini sifatnya memperkenalkan peninggalan bersejarah para pahlawan Indonesia berupa pesawat terbang serta bertujuan memperbanyak pengetahuan siswa. Salah satu kunjungan adalah ke Museum Dirgatara, ...

SOAL PAT QURAN HADIS KELAS VI 2023

KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN SADANG KARANGSAMBUNG KARANGGAYAM DAN PEJAGOAN PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Mata Pelajaran : Al Qur’an Hadist Kelas : Enam ( VI ) Hari, tanggal : ............................................ Waktu : .......................... I. Kerjakanlah soal berikut dengan memberi tanda silang (X) pada huruf A,B,C atau D! 1. Selain sedekah jariyah dan ilmu yang bermanfaat amal yang tidak terputus pahalanya adalah ..... a. Amal anak sholih b. Hartawan c. Kaya raya d. Anak yang pandai 2. Ikut membantu pembangunan masjid dengan memberikan sejumlah uang kepada panitia pemangunan masjid termasuk bentuk ..... a. Zakat b. Jual beli c. Hadiah d. Sedekah jariyah 3. Perhatikan pernyataa-pernyataan berikut! (1) Memberikan uang jajan pada teman (2) Bermain bersama teman (3) Hormat kepada orang tua dan guru (4) Bolos sekolah bersama teman Pernyataan tersebut yang merupakan sikap anak yang salih adalah nomor ….. a. (1) b. ...

JADWAL KEGIATAN MABITSA 4 MI MAARIF ADITIRTA 2023

MABITSA (MALAM BINA IMAN,TAQWA DAN BAHASA) 4 MI MA’ARIF ADITIRTA ASRAMA PESANTREN MI MA’ARIF/ ISLAMIC BOARDING SCHOOL DUKUH JONGGOL DESA ADITIRTO ALAMAT : RT O5 RW 01 ADITIRTO PEJAGOAN KEBUMEN NO HARI/TANGGAL WAKTU KEGIATAN MATERI PETUGAS KETERANGAN 1 Jum’at, 31 Maret 2023 11.30-12.30 PRA MABITSA Sholat sunah tahyatul masjid, sholat sunah qobliyah jumat, mendengarkan khotbah dan mencari topik pembahasannya. A. Nur Ridwan, Rian Fadli H, Nanang, Muhasin, Topik Al Ambiyah, Syamsul Hidayat Semua siswa putra MI untuk ikut Jumatan, tempat di masjid atas, Ada daftar hadir 2 12.30-14.30 PERSIAPAN MABITSA Membawa seragam pramuka dan buku pelajaran untuk hari Sabtu Wali/Orang tua masing-masing Siswa pulang untuk mengambil perlengkpan Mabitsa. 3 14.30 – 14.40 PENJELASAN KONTRAK KEGIATAN MABITSA 3 Penjelasan kegiatan selama Mabitsa 4 Muhamad Muhlasin Topik Al Ambiyah Peserta putra di atas serambi masjid, putri di atas Aula TPQ. 14.40 - 15.00 AKIDAH AKHLAK MENGACU MATERI MI Pembahasan...

Menguasai, memahami dan menghayati makna Akidah Islam dan iman kepada Allah dan berbagai aspeknya, serta mengidentifikasiruang lingkup akidah Islam.

1 1. Memahami hakikat Akidah Islam dan Posisi Akidah dalam Ajaran Islam. 2. Memahami dan meyakini tentang Allah dan Kemaha-Esaan Allah. 3. Memahami tauhid dan berbagai aspeknya 1. Hakikat Akidah Islam 2. Ruang lingkup Akidah Islam 3. Hakikat Iman kepada Allah 4. Dalil Iman Kepada Allah 5. Hakikat Tauhid 2 URAIAN MATERI A. Akidah Islam 1. Definisi Akidah Dalam satu riwayat diceritakan bahwa Malak Jibril pernah datang kepada Rasulullah dengan menyerupai manusia dan bertanya tentang tiga hal yaitu Iman, Islam dan Ihsan. Tiga hal yang merupakan dimensi ajaran (syariat) Islam, Keimanan merupakan konsepsi akidah Islam yang menjadi Ushul (Dasar) dari agama Islam, sedangkan Islam dalam penjelasan hadits tersebut menjelaskan domain syariah dan atau ibadah Amaliyah yang didasarkan pada akidah, kemudian dari akidah dan ibadah tersebut bila dilakukan dengan benar akan melahirkan ihsan dan akhlak mulia yang merupakan misi besar Rasulullah saw. امنا بعثت ألمتم ماكرم ا ألخالق Tiga hal tersebut bi...

TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK DAN KOGNITIVISTIK DAN PENERAPANNYA DALAM PEMBELAJARAN PAI

A. TEORI BELAJAR BEHAVIORISTIK 1. Pengertian Belajar Menurut Teori Behavioristik Menurut teori behavioristik, belajar adalah perubahan tingkah laku sebagai akibat dari adanya pengalaman dan latihan dalam hubungan stimulus dan respon. 2. Faktor-faktor Pendukung Belajar Behavioristik a. Stimulus yaitu apa saja yang diberikan guru b. Respon yaitu apa saja yang dapat dihasilkan siswa. c. Reinforcement faktor penguatan . Penguatan adalah apa saja yang dapat memperkuat timbulnya respon. d. positive reinforcement yaitu penguatan ditambahkan maka respon akan semakin kuat. e. negative reinforcement yaitu bila penguatan dikurangi respon pun akan tetap dikuatkan. 3. Tokoh -tokoh aliaran Behavioristik a. Edward Lee Thorndike (1874-1949) b. John Broades Watson (1878-1958) c. Edwin Ray Guthrie (1886-1959) d. Burrhusm Frederic Skinner (1904-1990) 4. Teori Belajar Behavioristik a. Perubahan tingkah laku akibat dari kegiatan belajar itu dapat berujud kongkrit yaitu yang dapat diamati, ata...

MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN DALAM K13

A. 1. Pengertian Model Pembelajaran Menurut Joice & Wells, model pembelajaran adalah kerangka konseptual yang digunakan sebagai pedoman dalam implementasi pembelajaran yang disusun secara sistematis untuk mencapat tujuan belajar Sedangkan menurut Arends dalam Trianto, model pembelajaran adalah suatu pola yang digunakan sebagai pedoman dalam merencanakan pembelajaran di kelas. 2. Jenis-jenis Model Pembelajaran Berdasarkan Permendikbud Nomor 65 Tahun tentang Standar Proses, model pembelajaran yang diutamakan dalam implementasi Kurikulum 2013 adalah a. Model pembelajaran Inkuiri (Inquiry Based Learning), Pembelajaran inkuiri merupakan kegiatan pembelajaran yang melibatkan secara maksimal seluruh kemampuan siswa untuk mencari dan menyelidiki sesuatu (benda, manusia atau peristiwa) secara sistematis, kritis, logis, analitis sehingga mereka dapat merumuskan sendiri penemuannya dengan penuh percaya diri. b. Model pembelajaran Discovery (Discovery Learning), Model pembe...

KONSEP PEMBELAJARAN DALAM KURIKULUM 2013

A. Karakteristik Kurikulum 2013 1. Mengembangkan keseimbangan antara pengembangan sikap spiritual dan sosial, rasa ingin tahu, kreativitas, kerja sama dengan kemampuan intelektual dan psikomotorik. 2. Sekolah merupakan bagian dari masyarakat yang memberikan pengalaman belajar terencana, selanjutnya peserta didik menerapkan ilmu yang di dapat dari sekolah ke masyarakat dan memanfaatkan masyarakat sebagai sumber belajar. 3. Mengembangkan sikap, pengetahuan, dan keterampilan peserta didik, sehingga dapat menerapkannya dalam berbagai situasi di sekolah dan masyarakat. 4. Memberi waktu yang cukup leluasa untuk mengembangkan berbagai sikap, pengetahuan, dan keterampilan. 5. Kompetensi tertuang dalam bentuk kompetensi inti kelas yang tercantun lebih lanjut dalam kompetensi dasar mata pelajaran. 6. Kompetensi inti kelas menjadi unsur pengorganisasi (organizing elements) kompetensi dasar, selanjutnya semua kompetensi dasar dan proses pembelajaran dikembangkan, sehingga dapat mencapai kompet...