Minggu, 21 Juni 2020

Cara Membuat Oyek

Apa itu Oyek?

Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebesar kacang ijo yang berwarna coklat kekuning-kuningan.


gambar oyek

Cara membuat Oyek:

• Singkong dikupas/dibersihkan lalu dipotong-potong kemudian direndam memakai air bersih selama 3 hari.
• Dalam perendaman air harus diganti kalau sudah berbusa dengan air bersih.hal ini dimaksudkan untuk membersihkan/menetralkan kandumgan racun yang ada dalam singkong tersebut.Penggantian air kurang lebih 2 kali selama perendaman.
• Setelah potongan-potongan singkong tadi sudah lapuk atau empuk angkat dari perendaman bilas dengan air bersih lalu tiriskan.
• Langkah selanjutnya dibuat tepung dengan cara ditumbuk(jaman dulu)/digiling untuk menjadi tepung.



gambar menumbuk oyek


• Sesudah menjadi tepung di interi (digoyang goyang) menggunakan tampah/nampan yang terbuat dari bambu,supaya membentuk bulatan bulatan /butiran kecil kecil.



gambar oyek di interi

• Kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai setengah kering kurang lebih 3 jam.
• Perlakuan selanjutnya adalah dikukus kurang lebih selama 30 menit.butiran butiran yang tadinya berwarna putih akan berubah warna menjadi coklat kekuning kuningan lalu angkat dan didinginkan.
• Sampai proses ini sebenarnya sudah bs dikonsumsi.
• Langkah berikutnya setelah dingin diremas remas untuk memisahkan butiran butiran yang pada lengket .kemudian diayak/irigi.Hal ini juga dimaksudkan untuk membentuk butiran butiran kembali.
• Selanjutnya dijemur sampai betul betul kering.Penjemuran selama 2 hari,setelah betul betul kering Oyek sudah siap disimpan atau mau di masak kapanpun juga.





Proses penjemuran oyek
Cara memasak/membuat nasi oyek :

Oyek dipesusi/dibersihkan dengan air bersih kemudian tiriskan.Kemudian masak dengan cara dikukus kurang lebih selama 10-15 menit.Nasi Oyek sudah siap untuk dihidangkan.nasi Oyek bs dihidangkan mulus atau bs dicampur dengan nasi putih/nasi beras tergantung selera anda.

Menu nasi oyek :

Nasi Oyek cocok dengan menu apa saja tergantung selera masing masing.Menu yang faforit biasanya nasi Oyek disajikan/dihidangkan dengan sayur lodeh Lombok / Lodeh ikan / ikan asin.dan yang paling mantap dihidangkan dengan daging kambing( bagi orang yang tidak memiliki penyakit darah tinggi ).

Keunggulan Oyek/nasi oyek dengan nasi/bahan nasi lainnya :

Oyek tahan lama dalam penyimpanan,kalau dibungkus rapat/memakai kantong plastik bisa tahan sampai 3 tahun.dan kalau sudah dimasak bs tahan sampai 3 hari tidak basi dan tidak keluar jamurnya.

Awet kenyang karena Oyek mengembang.Orang yang biasanya makan nasi putih/nasi beras biasanya sehari makan 3 kali baru kenyang,kalau nasi oyek sehari makan 2 kali.

Kadar kalorinya rendah.Akhir akhir ini Oyek menjadi Populer bagi orang orang menengah keatas.sekarang Oyek banyak dicari dan dikonsumsi oleh orang orang yang punya kolesterol/kadar gulanya tinggi.


Demikian riwayat simgkat tentang Oyek,selamat mencobaaaa....dan membuktikan........!

Tidak ada komentar: