Selamat Datang di Blog Inovasi Pendidikan Madrasah. Blog Edukasi dan Bisnis selagi ada waktu dan kesempatan.
Minggu, 27 Oktober 2019
Tips sukses soal pedagogik pretes dan Up
#TIPS SUKSES SOAL PEDAGOGIK PRETES DAN UP PPG#
Assalamualaikum wr wb..
Salam PPG
Melihat hasil UP PPG Daljab Kemenag 2018 yang tingkat rata2 kelulusan nasionalnya hanya 40-50%, sy sebagai peserta PPG sendiri sangat prihatin dan berduka.Meskipun sebagian besar peserta PPG ini usianya di atas 45 tahun ke atas, dimana otak/processornya; (pinjam istilah dalam komputer) masih kelas “pentium” apalagi untuk melek IT, pihak panitia pusat tetap menetapkan passing grade yang cukup tinggi utk UP nya yaitu 75-80.Mungkin pemerintah niatnya baik, untuk meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi era digital abad 21. Kita sebagai guru “kualitas pentium” mau tidak mau harus berani menyikapi hal tsb, bukan lantas berkeluh kesah atau bahkan memprotes kebijakan panitia pusat.Satu2 nya jalan memang harus banyak2 belajar dan membaca.
Banyak teman2 peserta PPG angkatan 2018 kemarin yang mengeluhkan sulitnya memahami soal-soal pedagogik yang option jawabannya baik di pretes maupun tryout UP dan UP PPG hampir mirip2 semua yang otomatis butuh ingatan yang cukup untuk menghafalnya; di satu sisi sebagian besar otak kami peserta PPG yang “kelas pentium’ ini dipaksa utk menghafalnya walaupun agak ngos-ngosan.Alhamdulillah kelas kami dimana usia rata2 nya di atas 45(termuda usia 47 tahun dan hy 2 org)...lulus UP dengan prosentase kelulusan cukup jauh dr rata2 kelulusan LPTK kami sendiri maupun nasional, yaitu 75%. Saya ingin berbagi tips dalam memahami soal2 pedagogik terutama K13 ini.
Saya menyebutnya dengan “kata kunci” atau ‘keyword” di setiap soal2 pedagogik, bahkan trik ini juga bisa utk memahami soal2 tentang PTK, R & D atau PKn yg juga type option jawabannya hampir sama.
Key word untuk soal2 pedagogik bab teori belajar
Teori behaviors : perubahan tingkah laku, respon atau R-S(respon dan stimulus
Teori kognitif : persepsi, pemahaman
Teori konstruktiv: siswa, berpusat pada siswa
Teori humanism : siswa dan lingkungan, memahami siswa secara utuh
Key word untuk soal2 pedagogik bab psikologi anak
Pra konvensional : hukuman, reward, punishing
Konvensional : aturan, norma sosial,
Pasca konvensional : internalisasi nilai, tidak tergantung norma
Key word untuk soal2 pedagogik bab model pembelajaran tematik
Model Fragmented(terpisah) : satu mapel, terpisah
Model Shared(berbagi) : transfer, kerja sama guru
Model Webbed(jaringan tema) : pemilihan tema
Model Threated(galur) : metakurikulum, siswa sulit memahami keterkaitan
Model Connected(terhubung) : keterkaitan, beberapa disiplin ilmu, eksplisit
Model integrated(padu) : terpadu
Model immersed(terbenam): beberapa mapel satu subyek, ketertarikan siswa yg berbeda
Model sequence : urut, urutan
Model network: studi lapangan, proyek
Key word untuk soal2 pedagogik bab narasi pembelajaran
Reading Aloud : membaca lantang
Jurnal writing: menulis, mempresentasikan
Sustained silent reading : siswa memilih bahan bacaan
Guided reading : Siswa dan guru berdiskusi
Key word untuk soal2 pedagogik bab implikasi pembelajaran tematik
Pemberian respon : non verbal, raut wajah, mimik
Pemilihan kegiatan : variatif, tidak membosankan
Sarana dan prasarana: sumber belajar, media
Guru : gaya guru, kreatif
Key word untuk soal2 pedagogik bab narasi pembelajaran
Reading Aloud : membaca lantang
Jurnal writing: menulis, mempresentasikan
Sustained silent reading : siswa memilih bahan bacaan
Guided reading : Siswa dan guru berdiskusi
Key word untuk soal2 pedagogik bab implikasi pembelajaran tematik
Pemberian respon : non verbal, raut wajah, mimik
Pemilihan kegiatan : variatif, tidak membosankan
Sarana dan prasarana: sumber belajar, media
Guru : gaya guru, kreatif
Key word untuk soal2 pedagogik bab penilaian
Ruang lingkup penilaian : KD, Hasil Belajar, indikator
Hakikat penilaian : usaha memperoleh informasi
Aspek penilaiaian : kognitif, afektif, ketrampilan
Prinsip pinilaian : mengacu indikator
Fungsi Penilaian : mengukur
Tujuan Penilaian : menggambarkan KB
Alat penilaian : tugas, tes. Non tes
Prinsip realibiltas: dapat diukur, diterapkan di semua aspek
Prinsip Validitas : ketetapan, tetap, standar
Prinsip objektifitas : berkeadilan
Prinsip kontuinitas : berkesinambungan, konsisten
Prinsip edukatif/mendidik : dampak positif
Kata kerja kognitif (C1-C6)
Mengetahui-memahami-menerapkan - menganalisis -mensintesis-mengevaluasi
Klo yg baru
Mengetahui-memahami-menerapkan - menganalisis -mengevaluasi-mengkreasi/mencipta
Kata Kerja Afektif (A1-A5)
Menerima-menanggapi-menilai-mengamalkan/mengelola-menghayati
Kata kerja psikomotor(P1-P4)
Meniru-membuat/memanipulasi/mendemontrasikan-mengoperasikan-menggunakan
Kelebihan tes obyektif : mudah koreksi
Kekurangan tes obyektif : sulit membuatnya
Kelebihan tes essay : mudah membuatnya
Kelebihan tes essay : sulit koreksi
Tes : ranah kognitif
Non Tes : ranah afektif dan psikomotor
Langkah penting penilaian : identifikasi KD
Telaah/analisa instrumen tes obyektif secara kuantitatif : menghitung validitas soal
Telaah/analisa instrumen tes obyektif secara kualitatif : memeriksa redaksi, bahasa soal
Kompetensi Pedagogik : memahami peserta didik,KBM dan IT(teknologi informasi)
Kompetensi Profesional : menguasai konsep ilmu & mapel yg diajarkan
Key word untuk soal2 Pkn
Sila 1: agama,kepercayaan
Sila 2 : tenggang rasa, toleransi, hak asasi, penjajahan
Sila 3,:cinta tanah air,lambang negara, olahraga, budaya dan kesenian, sejarah
Sila 4 : demokrasi, politik,gotong royong, mufakat
Sila 5: hukum, ekonomi,keadilan
Pancasila sebagai pandangan hidup : filsafat, budaya, epistomologis(pengalaman), aksiologis, kehidupan pribadi
Pancasila sebagai dasar negara : Hukum, politik, penyelenggara pemerintahan
Pancasila sebagi ideologi : cita-cita, tujuan negara
Nilai hukum : mengikat masyarakat
Nilai moral : mengikat indvidu
PKn di MI Abad 21 : demokrasi, hak dan kewajiban warga negara,konsep nilai dan moral
Key word untuk soal2 IPS
Beda IIS dan IPS
IIS : di perguruan tinggi, penekanan pada BASK, sumber dari IPS
IPS : di SD/MI, penekanan pada fokus kebenaran ilmiah, bersumber dri IIS, bersifat pedagogis
Fakta: tercatat di sejarah, lengkap tanggalnyadan waktunya
Konsep : definisi ilmu, materi atau bab mapel
Konsep konkrit : benda atau tempat
Konsep abstrak : bencana, ekonomi,penduduk, banjir
Konsep aktivitas : proklamasi, penjajahan,
Konsep kualitas : , kemerdekaan,
Key word untuk soal2 ICT
Langkah buat rumus : klik insert _Equation(persamaan)
Langkah buat tulisan bagus : klik insrt_wordArt
Langkah buat menggambar bentuk : klik insert_Shapes
Langkah buat diagram : klik insert _Chart
Program untuk input nilai siswa : Microsoft Excell
Program untuk mencari artikel : browsing web
Program untuk menulis artikel atau pendapat pribadi : blog
Program untuk kelas online : edmodo
Program untuk buat video youtube : vlog
Program untuk menyimpan file ukuran besar : google drive
Key word untuk soal2 PTK dan R & D
PTK : 75% siswa dlm kelas dibawah KKM, tidak dapat digeneralisasi ke kelas lain
Langkah pertamaPTK : analisis masalah
Langkah PTK
Analisis masalah-perencanaan-tindakan-observasi-refleksi
Ciri judul PTK : Usaha,upaya, meningkatkan, metode, media, materi/mapel
R & D : Research and Development (ciri judul R and D ...pengembangan)
R & D : media,IT, android, game edukasi,aplikasi, bahan ajar/produk
Langkah R & D
Analisa kebutuhan--validasi produk--revisi produk--deseminasi produk
Vallidasi produk aplikasi berbasis android/smartphone : uji kelayakan produk bersama ahli pengembangan aplikasi
Hasil browsing jurnal penelitian-literatur review-membandingkan,mengkritisi
Manfaat literatur review : memperkuat postioning penelitian di tengah2 penelitian yg relevan
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar