Minggu, 19 Oktober 2025

Sistematika Pembuatan Soal - Asesmen Sumatif Akhir Semester (MI) oleh Muhamad Muhlasin, S.Pd.I

Sistematika Pembuatan Soal - Asesmen Sumatif Akhir Semester (MI)

Sistematika Pembuatan Soal MI

Isi teks atau tabel soal di sini...

Sistematika Pembuatan Soal

Asesmen Sumatif Akhir Semester — Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A. Identitas Soal

Nama Madrasah:...................................................
Mata Pelajaran:...................................................
Kelas / Semester:...................................................
Tahun Pelajaran:...................................................
Jenis Penilaian:Asesmen Sumatif Akhir Semester
Alokasi Waktu:...................................................
Jumlah Soal:...................................................

B. Landasan Penyusunan

  1. Kurikulum: Kurikulum Merdeka (mengacu pada KMA No. 240 Tahun 2024).
  2. Sumber Rujukan: Buku teks Kemenag, buku guru, buku siswa, serta bahan ajar resmi.
  3. Capaian dan Tujuan Pembelajaran: Dijadikan dasar penyusunan indikator soal.

C. Langkah-Langkah Penyusunan Soal

  1. Menyusun kisi-kisi: materi pokok, indikator, bentuk soal, dan level kognitif (mengetahui, memahami, menerapkan, menalar).
  2. Menulis soal sesuai indikator dan level kognitif.
  3. Menyusun kunci jawaban dan rubrik penilaian (untuk uraian).
  4. Mengedit soal dari segi bahasa, kejelasan, dan kesesuaian indikator.
  5. Melakukan uji coba terbatas dan revisi jika diperlukan.

D. Bentuk-Bentuk Soal

1. Soal Pilihan Ganda (PG)

Cocok untuk kelas I–VI. Gunakan satu jawaban benar dan 2 pengecoh logis untuk kelas I-III dan satu jawaban benar dan 3 pengecoh logis untuk kelas IV-VI.

Contoh:
Jumlah ayat dalam Surah Al-Fil adalah ....
a. 5    b. 6    c. 7    d. 8
Jumlah ayat dalam Surah Al-Fil adalah ....
a. 5    b. 6    c. 8

2. Soal Pilihan Ganda Kompleks

Terdiri dari beberapa pernyataan, cocok untuk kelas III–VI.

Contoh:
Perilaku yang menunjukkan rasa syukur kepada Allah adalah ....
(1) Membaca Al-Qur’an   (2) Menyombongkan diri   (3) Bersedekah   (4) Malas beribadah
a. (1) dan (3)   b. (2) dan (4)   c. (1), (2), dan (3)   d. Semua benar

3. Soal Benar–Salah

Cocok untuk kelas I–III dan hafalan pada kelas atas.

Contoh:
Surah Al-Kafirun berisi ajakan untuk menyembah berhala. ( B / S )

4. Soal Menjodohkan

Gunakan dua kolom (A dan B) dengan jumlah pasangan seimbang.

Contoh:
A: a. الْفِيلِ   b. الْكَافِرُونَ
B: (1) Orang kafir   (2) Gajah

5. Soal Jawaban Singkat (Isian)

Jawaban berupa kata atau frasa singkat.

Contoh:
Surah Al-Lahab menceritakan tentang tokoh bernama ___________.

6. Soal Uraian

Cocok untuk kelas IV–VI dengan rubrik penilaian yang jelas.

Contoh:
Jelaskan isi kandungan Surah Al-Humazah dan berikan contoh perilaku yang dilarang di dalamnya!

E. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran

  • Pilihan ganda & benar–salah: 1 = benar, 0 = salah.
  • Menjodohkan: 1 poin per pasangan benar.
  • Isian singkat: skor penuh jika jawaban tepat.
  • Uraian: gunakan rubrik 0–4 (kebenaran isi, kedalaman, bahasa, relevansi contoh).

F. Penyuntingan dan Uji Coba

  1. Periksa kesesuaian indikator dengan soal.
  2. Hilangkan ambiguitas atau jebakan yang tidak perlu.
  3. Lakukan uji coba (10–20 siswa) bila memungkinkan.

G. Penyusunan Paket Soal Akhir

  1. Bagian depan: identitas dan petunjuk pengerjaan.
  2. Susun soal berdasarkan bentuk: 10 PG, 5 PG kompleks, 5 Benar–Salah, 5 Menjodohkan, 5 Isian, 2 Uraian.
  3. Letakkan kunci dan rubrik di bagian akhir (khusus guru).

Penyusun: Guru/Penyusun Soal  |  Tanggal: ...................................

#mimato2025 #blajarcoding #ayoskolahmimato contact me Muhamad Muhlasin 083863968636

Tidak ada komentar:

PROGRAM PKB GURU MI MA'ARIF ADITIRTA T.A : 2025/2026 — Laporan Pengembangan Diri. PKKM Online Mimato 2025

Program PKB Guru — Laporan Pengembangan Diri Laporan pelaksanaan peng...