Langsung ke konten utama

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026 1. Analisis Butir Soal • Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah". • Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah. • Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari. 2. Rencana Remedial • Fokus pada siswa belum memahami makna dan waktu pengucapan kalimat hamdalah. • Metode: cerita pendek dan diskusi sederhana tentang arti "Alhamdulillah" dan kapan mengucapkannya (misal: setelah mendapat nikmat, selesai belajar). • Latihan mengulang bacaan lafadz hamdalah secara bersama. • Pemberian contoh situasi riil agar siswa bisa mengasosiasikan ucapan dan sikap syukur tersebut. 3. Rencana Pengayaan • Siswa yang sudah mahir bisa diajak menyusun kalimat pendek menggunakan lafadz hamdalah dalam konteks berbeda. • Mengajarkan doa singkat yang diawali atau diakhiri dengan hamdalah. • Menggunakan media audio/video pembelajaran lagu kalimat thayyibah untuk mendukung hafalan. • Memberikan tugas membuat gambar atau poster tentang situasi yang tepat mengucapkan "Alhamdulillah". 1. Analisis Butir Soal Kalimat Hamdalah Analisis Butir Soal No Soal Indikator Kompetensi Level Kognitif Kunci Jawaban Singkat Potensi Kesulitan Siswa 1 Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat thayyibah basmalah Pengetahuan Basmalah Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah 2 Lafadz basmalah adalah...? Menghafal lafadz basmalah Pengetahuan Bismillahirrahmanirrahim Kesulitan pelafalan lafadz arab 3 Arti lafadz basmalah adalah...? Memahami arti lafadz basmalah Pemahaman Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat 4 Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahman Pemahaman Maha Pengasih Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya 5 Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahiim Pemahaman Maha Penyayang Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim 6 Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat hamdalah Pengetahuan Hamdalah Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan 7 Lafadz hamdalah adalah...? Menghafal lafadz hamdalah Pengetahuan Alhamdulillahirabbilalamin Kesulitan pelafalan lafadz arab 8 Arti lafadz hamdalah adalah...? Memahami arti lafadz hamdalah Pemahaman Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam Sulit memahami arti keseluruhan kalimat 9 Contoh sikap anak yang santun adalah...? Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Mengucap salam saat bertemu teman Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata 10 Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Hamdalah Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah ________________________________________ Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran. ________________________________________ 2. REMIDIAL Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya: ________________________________________ Soal Remedial dan Jawaban Soal Remedial Kalimat Hamdalah 1. Kalimat hamdalah berbunyi... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilalamin c. Subhanallah 2. Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah... a. Segala puji bagi Allah b. Terima kasih kepada teman c. Selamat pagi 3. Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat... a. Setelah mendapatkan nikmat b. Sebelum tidur c. Saat bermain 4. Kalimat hamdalah menunjukkan sikap... a. Bersyukur b. Sedih c. Marah 5. Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada... a. Teman b. Allah SWT c. Guru 6. Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz... a. Alhamdu b. Allahu c. Basmalah 7. Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan... a. Alhamdulillah b. Bismillah c. Astaghfirullah 8. Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti... a. Permulaan b. Pujian c. Perintah 9. Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah... a. Tuhan seluruh alam b. Tuhan yang mengampuni c. Tuhan yang maha besar 10. Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi... a. Bersyukur dan tenang b. Sedih dan marah c. Tidak peduli Kunci Jawaban Soal Remedial 1. b 2. a 3. a 4. a 5. b 6. a 7. a 8. b 9. a 10. a ________________________________________ 3. Soal Pengayaan Soal Pengayaan Kalimat Hamdalah 1. Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah... a. Hamdalah b. Basmalah c. Takbir 2. Lafadz basmalah adalah... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilamin c. Allahuakbar 3. Arti lafadz basmalah adalah... a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang 4. Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah... a. Maha Pengasih b. Maha Penyayang c. Maha Besar 5. Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah... a. Maha Pengasih b. Maha Penyayang c. Maha Besar 6. Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah... a. Basmalah b. Hamdalah c. Takbir 7. Lafadz hamdalah adalah... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilamin c. Allahuakbar 8. Arti dari lafadz hamdalah adalah... a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang 9. Contoh sikap anak yang santun adalah... a. Diam saja saat bertemu teman b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru c. Mengucap salam saat bertemu teman 10. Saat mendapatkan nikmat, kita membaca... a. Basmalah b. Hamdalah c. Takbir Kunci Jawaban Soal Pengayaan 1. b 2. a 3. b 4. a 5. b 6. b 7. b 8. a 9. c 10. b NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN MI MA'ARIF ADITIRTA TAHUN AJARAN : 2025/2026 Kelas : 1 No Nama Siswa Nilai Awal Nilai Remedial Nilai Pengayaan Nilai Akhir Keterangan 1 AFIDA QONITA 70 80 75 Tuntas 2 AGUS JULIANTO 80 75 78 Tuntas 3 AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH 75 75 75 Tuntas 4 AKMAL MA'RUF 80 80 80 Tuntas 5 ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT 85 80 83 Tuntas 6 ALINA NUR AZIZAH 70 80 75 Tuntas 7 ALIYA IZZATUN NISWA 70 80 75 Tuntas 8 ANNISA HABIBAH ASIDQYAH 75 80 78 Tuntas 9 ARYA DWI SATYA 70 80 75 Tuntas 10 ELVINA KALYA SHALITTA 80 75 78 Tuntas 11 ERSYA KALILA SAKHI 75 75 75 Tuntas 12 FAIZAHTURRAHMAH 85 80 83 Tuntas 13 FAUZI ALFARIZKI 70 80 75 Tuntas 14 FIRDHA HASYA SEPTIANI 70 80 75 Tuntas 15 HANA AYRA ALFATUNISSA 80 75 78 Tuntas 16 KAMILAH DWI ASTUTI 75 75 75 Tuntas 17 MARETTA KHANZA ZAYNA 75 75 75 Tuntas 18 MELATI MELIANA FATMAWATI 70 80 75 Tuntas 19 MUFAZZAL SYAZANI 85 80 83 Tuntas 20 MUHAMMAD AL FATIH 85 80 83 Tuntas 21 MUHAMMAD FATAN BAIHAQI 80 75 78 Tuntas 22 SAYDATUL KHOIRIYAH 85 80 83 Tuntas 23 UMI KULSUM 80 75 78 Tuntas Mengetahui Aditirto, 29 Juli 2025 Kepala MI Ma'arif Aditirta Guru Mapel Akidah Akhlak H. DARLIN, S.Pd.I MUHAMAD MUHLASIN, S.Pd.I NIP. 196602021989031003 NIP.-

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH DAN SYARAT-SYARATNYA

BAB VI PETUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH DAN SYARAT-SYARATNYA A. Petugas Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Secara umum dikenal dua type petugas bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah, yaitu type professional dan nonprofessional. Petugas bimbingan dan konseling professional adalah mereka yang direkrut atau diangkat atas dasar kepemilikan ijazah atau latar belakang pendidikan profesi dan melaksanakan tugas khusus sebagai guru BK (tidak mengajar). Petugas bimbingan dan konseling professional rekrut atau diangkat sesuai klasifikasi keilmuannya dan latar belakang pendidikan seperti Diploma II, III atau Sarjana Strata Satu (S1), S2, dan S3 jurusan bimbingan dan konseling. Petugas bimbingan professional mencurahkan sepenuh waktunya pada pelayanan bimbingan dan konseling (tidak mengajarkan materi pelajaran) atau disebut juga full time guidance and conseling. Tenaga professional bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah bias lebih dari satu or...

Cara Membuat Oyek

Apa itu Oyek? Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebesar kacang ijo yang berwarna coklat kekuning-kuningan. gambar oyek Cara membuat Oyek: • Singkong dikupas/dibersihkan lalu dipotong-potong kemudian direndam memakai air bersih selama 3 hari. • Dalam perendaman air harus diganti kalau sudah berbusa dengan air bersih.hal ini dimaksudkan untuk membersihkan/menetralkan kandumgan racun yang ada dalam singkong tersebut.Penggantian air kurang lebih 2 kali selama perendaman. • Setelah potongan-potongan singkong tadi sudah lapuk atau empuk angkat dari perendaman bilas dengan air bersih lalu tiriskan. • Langkah selanjutnya dibuat tepung dengan cara ditumbuk(jaman dulu)/digiling untuk menjadi tepung. gambar menumbuk oyek • Sesudah menjadi tepung di interi (digoyang goyang) menggunakan tampah/nampan yang terbuat dari bambu,supaya...

SKL SK & KD SKI MI

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) KELAS III - VI SEMESTER 1 & 2 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTIDAIYAH A.     Latar Belakang Di   dalam   UU   No.   20/2003   tentang   Sistem   Pendidikan   Nasional,   dinyatakan   bahwa   pendidikan   nasional   berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk ...