MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025
Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026
1. Analisis Butir Soal
• Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah".
• Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah.
• Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari.
2. Rencana Remedial
• Fokus pada siswa belum memahami makna dan waktu pengucapan kalimat hamdalah.
• Metode: cerita pendek dan diskusi sederhana tentang arti "Alhamdulillah" dan kapan mengucapkannya (misal: setelah mendapat nikmat, selesai belajar).
• Latihan mengulang bacaan lafadz hamdalah secara bersama.
• Pemberian contoh situasi riil agar siswa bisa mengasosiasikan ucapan dan sikap syukur tersebut.
3. Rencana Pengayaan
• Siswa yang sudah mahir bisa diajak menyusun kalimat pendek menggunakan lafadz hamdalah dalam konteks berbeda.
• Mengajarkan doa singkat yang diawali atau diakhiri dengan hamdalah.
• Menggunakan media audio/video pembelajaran lagu kalimat thayyibah untuk mendukung hafalan.
• Memberikan tugas membuat gambar atau poster tentang situasi yang tepat mengucapkan "Alhamdulillah".
1. Analisis Butir Soal Kalimat Hamdalah
Analisis Butir Soal
No Soal Indikator Kompetensi Level Kognitif Kunci Jawaban Singkat Potensi Kesulitan Siswa
1 Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat thayyibah basmalah Pengetahuan Basmalah Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah
2 Lafadz basmalah adalah...? Menghafal lafadz basmalah Pengetahuan Bismillahirrahmanirrahim Kesulitan pelafalan lafadz arab
3 Arti lafadz basmalah adalah...? Memahami arti lafadz basmalah Pemahaman Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat
4 Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahman Pemahaman Maha Pengasih Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya
5 Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahiim Pemahaman Maha Penyayang Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim
6 Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat hamdalah Pengetahuan Hamdalah Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan
7 Lafadz hamdalah adalah...? Menghafal lafadz hamdalah Pengetahuan Alhamdulillahirabbilalamin Kesulitan pelafalan lafadz arab
8 Arti lafadz hamdalah adalah...? Memahami arti lafadz hamdalah Pemahaman Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam Sulit memahami arti keseluruhan kalimat
9 Contoh sikap anak yang santun adalah...? Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Mengucap salam saat bertemu teman Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata
10 Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Hamdalah Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah
________________________________________
Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran.
________________________________________
2. REMIDIAL
Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya:
________________________________________
Soal Remedial dan Jawaban
Soal Remedial Kalimat Hamdalah
1. Kalimat hamdalah berbunyi...
a. Bismillahirrahmanirrahim
b. Alhamdulillahirabbilalamin
c. Subhanallah
2. Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah...
a. Segala puji bagi Allah
b. Terima kasih kepada teman
c. Selamat pagi
3. Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat...
a. Setelah mendapatkan nikmat
b. Sebelum tidur
c. Saat bermain
4. Kalimat hamdalah menunjukkan sikap...
a. Bersyukur
b. Sedih
c. Marah
5. Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada...
a. Teman
b. Allah SWT
c. Guru
6. Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz...
a. Alhamdu
b. Allahu
c. Basmalah
7. Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan...
a. Alhamdulillah
b. Bismillah
c. Astaghfirullah
8. Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti...
a. Permulaan
b. Pujian
c. Perintah
9. Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah...
a. Tuhan seluruh alam
b. Tuhan yang mengampuni
c. Tuhan yang maha besar
10. Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi...
a. Bersyukur dan tenang
b. Sedih dan marah
c. Tidak peduli
Kunci Jawaban Soal Remedial
1. b
2. a
3. a
4. a
5. b
6. a
7. a
8. b
9. a
10. a
________________________________________
3. Soal Pengayaan
Soal Pengayaan Kalimat Hamdalah
1. Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah...
a. Hamdalah
b. Basmalah
c. Takbir
2. Lafadz basmalah adalah...
a. Bismillahirrahmanirrahim
b. Alhamdulillahirabbilamin
c. Allahuakbar
3. Arti lafadz basmalah adalah...
a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
4. Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...
a. Maha Pengasih
b. Maha Penyayang
c. Maha Besar
5. Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...
a. Maha Pengasih
b. Maha Penyayang
c. Maha Besar
6. Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...
a. Basmalah
b. Hamdalah
c. Takbir
7. Lafadz hamdalah adalah...
a. Bismillahirrahmanirrahim
b. Alhamdulillahirabbilamin
c. Allahuakbar
8. Arti dari lafadz hamdalah adalah...
a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
9. Contoh sikap anak yang santun adalah...
a. Diam saja saat bertemu teman
b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru
c. Mengucap salam saat bertemu teman
10. Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...
a. Basmalah
b. Hamdalah
c. Takbir
Kunci Jawaban Soal Pengayaan
1. b
2. a
3. b
4. a
5. b
6. b
7. b
8. a
9. c
10. b
NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN
MI MA'ARIF ADITIRTA
TAHUN AJARAN : 2025/2026
Kelas : 1
No Nama Siswa Nilai Awal Nilai Remedial Nilai Pengayaan Nilai Akhir Keterangan
1 AFIDA QONITA 70 80 75 Tuntas
2 AGUS JULIANTO 80 75 78 Tuntas
3 AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH 75 75 75 Tuntas
4 AKMAL MA'RUF 80 80 80 Tuntas
5 ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT 85 80 83 Tuntas
6 ALINA NUR AZIZAH 70 80 75 Tuntas
7 ALIYA IZZATUN NISWA 70 80 75 Tuntas
8 ANNISA HABIBAH ASIDQYAH 75 80 78 Tuntas
9 ARYA DWI SATYA 70 80 75 Tuntas
10 ELVINA KALYA SHALITTA 80 75 78 Tuntas
11 ERSYA KALILA SAKHI 75 75 75 Tuntas
12 FAIZAHTURRAHMAH 85 80 83 Tuntas
13 FAUZI ALFARIZKI 70 80 75 Tuntas
14 FIRDHA HASYA SEPTIANI 70 80 75 Tuntas
15 HANA AYRA ALFATUNISSA 80 75 78 Tuntas
16 KAMILAH DWI ASTUTI 75 75 75 Tuntas
17 MARETTA KHANZA ZAYNA 75 75 75 Tuntas
18 MELATI MELIANA FATMAWATI 70 80 75 Tuntas
19 MUFAZZAL SYAZANI 85 80 83 Tuntas
20 MUHAMMAD AL FATIH 85 80 83 Tuntas
21 MUHAMMAD FATAN BAIHAQI 80 75 78 Tuntas
22 SAYDATUL KHOIRIYAH 85 80 83 Tuntas
23 UMI KULSUM 80 75 78 Tuntas
Mengetahui Aditirto, 29 Juli 2025
Kepala MI Ma'arif Aditirta
Guru Mapel Akidah Akhlak
H. DARLIN, S.Pd.I MUHAMAD MUHLASIN, S.Pd.I
NIP. 196602021989031003 NIP.-
Komentar