Langsung ke konten utama

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

Tanggal: Oktober 18, 2025

Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026

1. Analisis Butir Soal

  • Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah".
  • Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah.
  • Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

Analisis Butir Soal (Rincian)

No Soal Indikator Kompetensi Level Kognitif Kunci Jawaban Singkat Potensi Kesulitan Siswa
1 Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat thayyibah basmalah Pengetahuan Basmalah Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah
2 Lafadz basmalah adalah...? Menghafal lafadz basmalah Pengetahuan Bismillahirrahmanirrahim Kesulitan pelafalan lafadz arab
3 Arti lafadz basmalah adalah...? Memahami arti lafadz basmalah Pemahaman Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat
4 Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Pemahaman Maha Pengasih Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya
5 Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Pemahaman Maha Penyayang Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim
6 Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat hamdalah Pengetahuan Hamdalah Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan
7 Lafadz hamdalah adalah...? Menghafal lafadz hamdalah Pengetahuan Alhamdulillahirabbilalamin Kesulitan pelafalan lafadz arab
8 Arti lafadz hamdalah adalah...? Memahami arti lafadz hamdalah Pemahaman Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam Sulit memahami arti keseluruhan kalimat
9 Contoh sikap anak yang santun adalah...? Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Mengucap salam saat bertemu teman Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata
10 Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Hamdalah Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah

Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran.

2. REMIDIAL

Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya:

Soal Remedial

  1. Kalimat hamdalah berbunyi...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilalamin
    • c. Subhanallah
  2. Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah
    • b. Terima kasih kepada teman
    • c. Selamat pagi
  3. Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat...
    • a. Setelah mendapatkan nikmat
    • b. Sebelum tidur
    • c. Saat bermain
  4. Kalimat hamdalah menunjukkan sikap...
    • a. Bersyukur
    • b. Sedih
    • c. Marah
  5. Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada...
    • a. Teman
    • b. Allah SWT
    • c. Guru
  6. Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz...
    • a. Alhamdu
    • b. Allahu
    • c. Basmalah
  7. Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan...
    • a. Alhamdulillah
    • b. Bismillah
    • c. Astaghfirullah
  8. Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti...
    • a. Permulaan
    • b. Pujian
    • c. Perintah
  9. Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah...
    • a. Tuhan seluruh alam
    • b. Tuhan yang mengampuni
    • c. Tuhan yang maha besar
  10. Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi...
    • a. Bersyukur dan tenang
    • b. Sedih dan marah
    • c. Tidak peduli

Kunci Jawaban Soal Remedial: 1. b 2. a 3. a 4. a 5. b 6. a 7. a 8. b 9. a 10. a

3. Soal Pengayaan

  1. Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah...
    • a. Hamdalah
    • b. Basmalah
    • c. Takbir
  2. Lafadz basmalah adalah...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilamin
    • c. Allahuakbar
  3. Arti lafadz basmalah adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
    • b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
    • c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
  4. Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...
    • a. Maha Pengasih
    • b. Maha Penyayang
    • c. Maha Besar
  5. Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...
    • a. Maha Pengasih
    • b. Maha Penyayang
    • c. Maha Besar
  6. Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...
    • a. Basmalah
    • b. Hamdalah
    • c. Takbir
  7. Lafadz hamdalah adalah...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilalamin
    • c. Allahuakbar
  8. Arti dari lafadz hamdalah adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
    • b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
    • c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
  9. Contoh sikap anak yang santun adalah...
    • a. Diam saja saat bertemu teman
    • b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru
    • c. Mengucap salam saat bertemu teman
  10. Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...
    • a. Basmalah
    • b. Hamdalah
    • c. Takbir

Kunci Jawaban Soal Pengayaan: 1. b 2. a 3. b 4. a 5. b 6. b 7. b 8. a 9. c 10. b

NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN MI MA'ARIF ADITIRTA

Tahun Ajaran : 2025/2026   Kelas : 1

No Nama Siswa Nilai Awal Nilai Remedial Nilai Pengayaan Nilai Akhir Keterangan
1AFIDA QONITA70807580Tuntas
2AGUS JULIANTO80757880Tuntas
3AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH75757575Tuntas
4AKMAL MA'RUF80808080Tuntas
5ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT85808385Tuntas
6ALINA NUR AZIZAH70807580Tuntas
7ALIYA IZZATUN NISWA70807580Tuntas
8ANNISA HABIBAH ASIDQYAH75807880Tuntas
9ARYA DWI SATYA70807580Tuntas
10ELVINA KALYA SHALITTA80757880Tuntas
11ERSYA KALILA SAKHI75757575Tuntas
12FAIZAHTURRAHMAH85808385Tuntas
13FAUZI ALFARIZKI70807580Tuntas
14FIRDHA HASYA SEPTIANI70807580Tuntas
15HANA AYRA ALFATUNISSA80757880Tuntas
16KAMILAH DWI ASTUTI75757575Tuntas
17MARETTA KHANZA ZAYNA75757575Tuntas
18MELATI MELIANA FATMAWATI70807580Tuntas
19MUFAZZAL SYAZANI85808385Tuntas
20MUHAMMAD AL FATIH85808385Tuntas
21MUHAMMAD FATAN BAIHAQI80757880Tuntas
22SAYDATUL KHOIRIYAH85808385Tuntas
23UMI KULSUM80757880Tuntas

Mengetahui,

Aditirto, 29 Juli 2025

Kepala MI Ma'arif Aditirta
DARLIN, S.Pd.I

Komentar

Postingan populer dari blog ini

PETUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH DAN SYARAT-SYARATNYA

BAB VI PETUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH DAN SYARAT-SYARATNYA A. Petugas Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah Secara umum dikenal dua type petugas bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah, yaitu type professional dan nonprofessional. Petugas bimbingan dan konseling professional adalah mereka yang direkrut atau diangkat atas dasar kepemilikan ijazah atau latar belakang pendidikan profesi dan melaksanakan tugas khusus sebagai guru BK (tidak mengajar). Petugas bimbingan dan konseling professional rekrut atau diangkat sesuai klasifikasi keilmuannya dan latar belakang pendidikan seperti Diploma II, III atau Sarjana Strata Satu (S1), S2, dan S3 jurusan bimbingan dan konseling. Petugas bimbingan professional mencurahkan sepenuh waktunya pada pelayanan bimbingan dan konseling (tidak mengajarkan materi pelajaran) atau disebut juga full time guidance and conseling. Tenaga professional bimbingan dan konseling di sekolah dan madrasah bias lebih dari satu or...

Cara Membuat Oyek

Apa itu Oyek? Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebesar kacang ijo yang berwarna coklat kekuning-kuningan. gambar oyek Cara membuat Oyek: • Singkong dikupas/dibersihkan lalu dipotong-potong kemudian direndam memakai air bersih selama 3 hari. • Dalam perendaman air harus diganti kalau sudah berbusa dengan air bersih.hal ini dimaksudkan untuk membersihkan/menetralkan kandumgan racun yang ada dalam singkong tersebut.Penggantian air kurang lebih 2 kali selama perendaman. • Setelah potongan-potongan singkong tadi sudah lapuk atau empuk angkat dari perendaman bilas dengan air bersih lalu tiriskan. • Langkah selanjutnya dibuat tepung dengan cara ditumbuk(jaman dulu)/digiling untuk menjadi tepung. gambar menumbuk oyek • Sesudah menjadi tepung di interi (digoyang goyang) menggunakan tampah/nampan yang terbuat dari bambu,supaya...

SKL SK & KD SKI MI

STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) KELAS III - VI SEMESTER 1 & 2 STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL), STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM MADRASAH IBTIDAIYAH A.     Latar Belakang Di   dalam   UU   No.   20/2003   tentang   Sistem   Pendidikan   Nasional,   dinyatakan   bahwa   pendidikan   nasional   berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggung jawab. Untuk ...