MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025
MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025
Tanggal: Oktober 18, 2025
Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026
1. Analisis Butir Soal
- Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah".
- Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah.
- Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari.
Analisis Butir Soal (Rincian)
No | Soal | Indikator Kompetensi | Level Kognitif | Kunci Jawaban Singkat | Potensi Kesulitan Siswa |
---|---|---|---|---|---|
1 | Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? | Mengenal kalimat thayyibah basmalah | Pengetahuan | Basmalah | Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah |
2 | Lafadz basmalah adalah...? | Menghafal lafadz basmalah | Pengetahuan | Bismillahirrahmanirrahim | Kesulitan pelafalan lafadz arab |
3 | Arti lafadz basmalah adalah...? | Memahami arti lafadz basmalah | Pemahaman | Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang | Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat |
4 | Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? | Memahami makna asmaul husna | Pemahaman | Maha Pengasih | Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya |
5 | Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? | Memahami makna asmaul husna | Pemahaman | Maha Penyayang | Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim |
6 | Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? | Mengenal kalimat hamdalah | Pengetahuan | Hamdalah | Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan |
7 | Lafadz hamdalah adalah...? | Menghafal lafadz hamdalah | Pengetahuan | Alhamdulillahirabbilalamin | Kesulitan pelafalan lafadz arab |
8 | Arti lafadz hamdalah adalah...? | Memahami arti lafadz hamdalah | Pemahaman | Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam | Sulit memahami arti keseluruhan kalimat |
9 | Contoh sikap anak yang santun adalah...? | Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari | Aplikasi | Mengucap salam saat bertemu teman | Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata |
10 | Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? | Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari | Aplikasi | Hamdalah | Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah |
Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran.
2. REMIDIAL
Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya:
Soal Remedial
- Kalimat hamdalah berbunyi...
- a. Bismillahirrahmanirrahim
- b. Alhamdulillahirabbilalamin
- c. Subhanallah
- Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah...
- a. Segala puji bagi Allah
- b. Terima kasih kepada teman
- c. Selamat pagi
- Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat...
- a. Setelah mendapatkan nikmat
- b. Sebelum tidur
- c. Saat bermain
- Kalimat hamdalah menunjukkan sikap...
- a. Bersyukur
- b. Sedih
- c. Marah
- Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada...
- a. Teman
- b. Allah SWT
- c. Guru
- Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz...
- a. Alhamdu
- b. Allahu
- c. Basmalah
- Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan...
- a. Alhamdulillah
- b. Bismillah
- c. Astaghfirullah
- Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti...
- a. Permulaan
- b. Pujian
- c. Perintah
- Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah...
- a. Tuhan seluruh alam
- b. Tuhan yang mengampuni
- c. Tuhan yang maha besar
- Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi...
- a. Bersyukur dan tenang
- b. Sedih dan marah
- c. Tidak peduli
Kunci Jawaban Soal Remedial: 1. b 2. a 3. a 4. a 5. b 6. a 7. a 8. b 9. a 10. a
3. Soal Pengayaan
- Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah...
- a. Hamdalah
- b. Basmalah
- c. Takbir
- Lafadz basmalah adalah...
- a. Bismillahirrahmanirrahim
- b. Alhamdulillahirabbilamin
- c. Allahuakbar
- Arti lafadz basmalah adalah...
- a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
- b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
- c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
- Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...
- a. Maha Pengasih
- b. Maha Penyayang
- c. Maha Besar
- Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...
- a. Maha Pengasih
- b. Maha Penyayang
- c. Maha Besar
- Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...
- a. Basmalah
- b. Hamdalah
- c. Takbir
- Lafadz hamdalah adalah...
- a. Bismillahirrahmanirrahim
- b. Alhamdulillahirabbilalamin
- c. Allahuakbar
- Arti dari lafadz hamdalah adalah...
- a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
- b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
- c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
- Contoh sikap anak yang santun adalah...
- a. Diam saja saat bertemu teman
- b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru
- c. Mengucap salam saat bertemu teman
- Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...
- a. Basmalah
- b. Hamdalah
- c. Takbir
Kunci Jawaban Soal Pengayaan: 1. b 2. a 3. b 4. a 5. b 6. b 7. b 8. a 9. c 10. b
NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN MI MA'ARIF ADITIRTA
Tahun Ajaran : 2025/2026 Kelas : 1
No | Nama Siswa | Nilai Awal | Nilai Remedial | Nilai Pengayaan | Nilai Akhir | Keterangan |
---|---|---|---|---|---|---|
1 | AFIDA QONITA | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
2 | AGUS JULIANTO | 80 | 75 | 78 | 80 | Tuntas |
3 | AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH | 75 | 75 | 75 | 75 | Tuntas |
4 | AKMAL MA'RUF | 80 | 80 | 80 | 80 | Tuntas |
5 | ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT | 85 | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
6 | ALINA NUR AZIZAH | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
7 | ALIYA IZZATUN NISWA | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
8 | ANNISA HABIBAH ASIDQYAH | 75 | 80 | 78 | 80 | Tuntas |
9 | ARYA DWI SATYA | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
10 | ELVINA KALYA SHALITTA | 80 | 75 | 78 | 80 | Tuntas |
11 | ERSYA KALILA SAKHI | 75 | 75 | 75 | 75 | Tuntas |
12 | FAIZAHTURRAHMAH | 85 | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
13 | FAUZI ALFARIZKI | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
14 | FIRDHA HASYA SEPTIANI | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
15 | HANA AYRA ALFATUNISSA | 80 | 75 | 78 | 80 | Tuntas |
16 | KAMILAH DWI ASTUTI | 75 | 75 | 75 | 75 | Tuntas |
17 | MARETTA KHANZA ZAYNA | 75 | 75 | 75 | 75 | Tuntas |
18 | MELATI MELIANA FATMAWATI | 70 | 80 | 75 | 80 | Tuntas |
19 | MUFAZZAL SYAZANI | 85 | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
20 | MUHAMMAD AL FATIH | 85 | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
21 | MUHAMMAD FATAN BAIHAQI | 80 | 75 | 78 | 80 | Tuntas |
22 | SAYDATUL KHOIRIYAH | 85 | 80 | 83 | 85 | Tuntas |
23 | UMI KULSUM | 80 | 75 | 78 | 80 | Tuntas |
Mengetahui,
Aditirto, 29 Juli 2025
Kepala MI Ma'arif Aditirta
DARLIN, S.Pd.I
Komentar