Senin, 13 Januari 2020

PENILAIAN AKHIR SEMESTER TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020 Bidang Studi : TEMA 1 KLS IV MI

KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH
KECAMATAN PEJAGOAN DAN KARANGGAYAM
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Bidang Studi : TEMA 1 Nama : …………………………………...
Hari/tanggal : Senin, 2 Desember 2019 No absen : …………………………………...
Waktu : 07.00-09.00 WIB Kelas : 4 ( Empat )

Petunjuk:
1. Berdo’alah sebelum mengerjakan soal!
2. Tulislah dengan jelas pekerjaanmu pada lembar yang tersedia!
3. Bacalah tiap soal dengan terliti!
4. Mintalah penjelasan pada pengawas bila kesulitan membaca soal!
5. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
6. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum dikumpulkan!

PPKn ( KD 3.4)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
1. Nilai kebersamaan nampak pada saat ….
a. mengerjakan ulangan c. bersaing
b. memusuhi teman d. bermain bersama teman
I.mencoret coret tembok bersama A.menyiram tanaman bersama
II.mengerjakan PAS bersama B.ramai di kelas ketika tidak ada Guru
III.mengerjakan piket bersama C.mengerjakan PR bersama
2. Contoh kegiatan gotong-royong di sekolah yang benar adalah ….
a. III dan A c. II dan C
b. I dan B d. III dan B
3. Pada kegiatan untuk memeriahkan Kemerdekaan Indonesia, Sarah dan teman-teman pergi ke alun-alun Kebumenmelihat Karnaval khususnya pada tema budaya Indonesia, Mereka melihat berbagai macam pakaian adat daerah. Cara menghargai keragaman budaya tersebut adalah ….
a. tidak mencela pertunjukan budaya lain
b. tetap menganggap budaya sendiri lebih unggul
c. menonjolkan budaya daerah sendiri
d. budaya daerah lain
4. Engklek/ brek adalah permainan yang baik untuk anak-anak karena dimainkan individu yang dilakukan beberapa anak. Permainan ini memiliki banyak variasinya yang sebelum bermain telah disepakati bersama. Hal ini sesuai dengan Pancasila sila ….
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
5. Suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang disebut ….
a. toleransi c. kebudayaan
b. keberagaman d. gotong-royong
6. Keberagaman budaya di Indonesia harus di syukuri karena ….
a. menjadikan Indonesia negara adi kuasa
b. membuat bangsa Indonesia di takuti negara lain
c. merupakan suatu kelemahan bangsa
d. merupakan anugerah dari Allah Swt
7. Pada Hari Ahad kemarin Bapak Sugeng selaku ketua RT 10 beserta seluruh warganya melakukan kerja bakti pelebaran jalan dari sebelah mushola sampai perbatasan RT.Bapak Sugeng dan semua warga RT 10 melakukan kerjasama dilingkungan ….
a. sekolah c. masyarakat
b. keluarga d. rumah



Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
8. Walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam, namun tetap satu semboyan yaitu ….
9. Saling tenggang rasa dan toleransi dengan tidak memaksa agama kepada orang lain merupakan salah cara untuk menjaga ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
10. Indonesia Negara dengan berbagai agama yang sudah ada sebelum merdeka. Tapi akhir-akhir ini perbedaan itu mulai terusik dan apabila dibiarkan akan mengancam keutuhan NKRI.
Sebutkan 4 contoh perilaku menghargai dalam keberagaman beragama!
BAHASA INDONESIA (KD 3.1 dan 3.2)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
11. Gagasan pokok sering disebut juga ….
a. Ide c. gagasan petunjuk
b. gagasan penutup d. gagasan utama
Bacalah paragraf berikut!
Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Batik sudah mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Batik seakan mampu menyampaikan rasa kebudayaan bangsa. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona dikalangan pecinta mode.
12. Gagasan pendukung pada paragraf di atas adalah ….
a. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona dikalangan pecinta mode.
b. Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia.
c. Batik yang terkenal berasal dari Pekalongan.
d. 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional.
Festival budaya Indonesia terbesar di Inggris, akan kembali digelar. Gelaran kali ini menjadi tahun keempat yang akan dilangsungkan di London, yang tepat bersebelahan dengan jembatan ikon kota, Tower Bridge. Berbagai ragam kekayaan budaya Indonesia bakal ditampilkan dalam festival ini.Mulai dari makanan, budaya, hingga fesyen Nusantara.
13. Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah . . . .
a. Festival budaya Indonesia terbesar di Inggris, akan kembali digelar.
b. Gelaran kali ini menjadi tahun keempat yang akan dilangsungkan di London
c. Berbagai ragam kekayaan budaya Indonesia bakal ditampilkan dalam festival ini
d. Mulai dari makanan, budaya, hingga fesyen Nusantara.
14. Baca dan susunlah kalimat-kalimat di bawah ini menjadi sebuah paragraf yang benar!
(1) Dulu kita bersatu sehingga bisa merdeka.
(2) Keberagaman merupakan sebuah kekuatan bagi bangsa Indonesia
(3) Maka hindari ujaran kebencian yang bisa memporak-porandakan persatuan bangsa.
(4) Karena kita diciptakan berbeda-beda untuk saling mengenal dan menghormati.
(5) Persoalan ujaran kebencian bisa menyebabkan permusuhan.
Susunan kalimat di atas agar menjadi sebuah paragraf yang benar . . . .
a. (1)-(2)-(3)-(4)-(5) c. (5)-(2)-(1)-(4)-(3)
b. (2)-(1)-(3)-(5)-(4) d. (2)-(4)-(1)-(5)-(3)
15. Kalimat-kalimat dalam suatu paragraf yang berfungsi memperjelas kalimat utama adalah ….
a. gagasan pokok c. gagasan penutup
b. gagasan pendukung d. pokok pikiran
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
Laskar Indonesia Pusaka akan menyelenggarakan pagelaran wayang orang, dengan tajuk Sang Sukrasana sebagai perayaan Hari Wayang Nasional di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.
Sukrasana adalah tokoh wayang asli dari Indonesia, bukan dari Mahabharata. Cerita klasik Sukrasana dan sang kakak, Sumantri terjadi jauh sebelum adanya Mahabharata, konon saat para dewa-dewi masih hidup berdampingan dengan manusia.
16. Gagasan pokok pada paragraf kedua adalah . . . .
a. Laskar Indonesia Pusaka akan menyelenggarakan pagelaran wayang orang.
b. Sukrasana adalah tokoh wayang asli dari Indonesia, bukan dari Mahabharata.
c. Pendiri Laskar Indonesia Pusaka adalah Jaya Suprana.
d. Kisah Sumantri dan Sukrasana memiliki akhir yang tragis.


17. Contoh kesenian daerah pada paragraf pertama adalah ….
a. wayang kulit c. wayang klitik
b. wayang golek d. wayang orang
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
18. Jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal disebut ….
Bacalah teks berikut!
Tugu Yogya merupakan landmark kota pelajar ini. Ibarat kata, ia merupakan saksi bisu perjalanan kota Yogya mulai dari zaman kolonial Belanda hingga sekarang. Dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Karena berada di jantung kota, hampir dikata jika yang tinggal di kota ini akan akrab dengannya.
19. Siapa yang membangun Tugu Yogya?
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
Getuk Goreng Sokaraja
Getuk goring Sokaraja merupakan kuliner khas Sokaraja yang rasanya manis dan gurih, yang berbahan utama singking dan dibumbui gula Jawa.
Cara pembuatannya adalah singkong dikupas, dipotong dan dibersihkan serta dibuang bagian akar tengahnya. Selanjutnya singkong dikukus sampai benar-benar matang, angkat dan diamkan beberapa saat. Kemudian tumbuk singkong dengan alu seacara pelan-pelan dalam lumping agar singkong bisa hancur secara merata, sambil sedikit demi sedikit ditambahkan gula Jawa yang sudah diencerkan. Tumbuk terus sampai singkong dan gula tercampur dengan sempurna.
Proses selanjutnya adalah penggorengan. Sebelum digoreng bentuklah adonan yang sudah jadi menjadi bulat-bulat. Penggorengan dilakukan dengan tungku tradisional dengan api dari kayu bakar. Masukkan getuk kedalam adoanan tepung yang encer, selanjutnya goreng dalam minyak dengan api yang sedang. Angkat dan tiriskan, getuk siap disajikan.
20. Jelaskan proses pembuatan getuk goreng secara singkat!
IPA (KD 3.6)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
21. Benda- benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut . . . .
a. sumber keras c. sumber pantul
b. sumber nada d. sumber bunyi
22. Suara kita dapat terdengar oleh teman dari kaleng yang dihubungkan dengan benang karena gelombang bunyi pita suara diteruskan ke benang.
Hal ini membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui . . . .
a. benda cair c. benda gas
b. benda padat d. udara
23. Manusia, hewan seperti lumba-lumba dan kelelawar memiliki batas pendengaran suara yang berbeda. Manusia hanya dapat mendengar bunyi yang frekuensinya 20 hz - 2.000 hz tiap detik.
Urutan yang benar batas pendengaran dari yang rendah hingga tertinggi adalah ….
a. manusia, kelelawar, lumba-lumba. c. lumba-lumba, manusia, kelelawar.
b. manusia, lumba-lumba, kelelawar. d. kelelawar, manusia, lumba-lumba.
Perhatikan tabel berikut!
I.Bagian luar A.rumah siput
II.Bagian tengah B.daun telinga
III.Bagian dalam C.gendang telinga
24. Bagian telinga yang benar adalah ….
a. I dan B c. III dan C
b. II dan B d. II dan A
25. Gambar untuk soal no 5 dan 6!






Perhatikan gambar di atas, yang ditunjukkan angka 3 adalah ….
a. saluran eustachius c. rumah siput
b. gendang telinga d. daun telinga
26. Bagian telinga yang berfungsi menangkap gelombang suara dan mengubah menjadi getaran kemudian diteruskan ke tulang telinga, ditunjukkan pada angka …
a. 2 c. 4
b. 3 d. 5
27. Bunyi yang diperoleh dari pemantulan karena jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi didengar setelah bunyi asli. Maka dari ciri-cirinya disebut ….
a. gema c. pemantulan bunyi
b. gaung d. penyerapan bunyi
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
28. Bunyi tidak dapat merambat pada ….
29. Gambar disamping adalah jembatan Tacoma Washington, yang runtuh karena angin sepoi-sepoi setelah bergetar hebat selam 2 jam .
Peristiwa tersebut disebabkan oleh adanya ….


Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
30. Telinga adalah alat indra pendengaran yang sangat vital, maka kita bisa mendengar suara-suara dengan baik. Oleh karena itu kita sebagai makhluk ciptaan Allah seharusnya bisa menjaga dan merawat supaya telinga dapat berfungsi dengan baik.
Jelaskan cara membersihkan telinga yang benar!
IPS (KD 3.2)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
31. Senjata tradisional suku Jawa adalah ….
a. kujang c. clurit
b. keris d. badik
32. Tarian pada gambar berikut berasal dari ….
a. Bali
b. Yogyakarta
c. Jakarta
d. Papua
33. Kecapi, angklung calung, gendang, gong, saron, bonang, kecapi, rebab, jenglong dan terompet adalah alat musik berasal dari ….
a. Sumatera Barat c. Jawa Barat
b. Bali d. Maluku
34. Rumah adat di samping berasal dari ….
a. Sumatra Barat
b. Aceh
c. Papua
d. Jawa Tengah
35. Para pedagang yang berasal dari Gujarat datang ke Indonesia menyebarkan ajaran agama ….
a. Hindu c. Kong Hu Cu
b. Budha d. Islam
Perhatikan tabel dibawah ini!
I. Islam A.Gereja 1.Waisak
II. Kristen B.Masjid 2. Idul Fitri
III. Hindu C.Vihara 3. Nyepi
IV. Budha D.Pura 4. Natal
36. Agama, tempat ibadah dan hari besar yang benar adalah ….
a. II, B, 2 c. I, B, 2
b. IV, C, 4 d. III, A, 3
37. Kemampuan ikut merasakan hal-hal yang dirasakan orang lain, sehingga timbul rasa iba dan tergerak rasa ingin membantunya disebut ….
a. empati c. simpati
b. antipati d. diskriminasi


Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
38. Sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan antar manusia dan lingkungannya disebut ….
39. Bahasa, rumah adat, tarian dan pertunjukan, pakaian adat, senjata tradisional, upacara adat, dan lagu daerah disebut ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
40. Indonesia Negara dengan beraneka ragam budaya daerah, seiring dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih. Dituntutlah untuk mengimbangi lajunya tekhnologi dengan budaya ketimuran yang santun dan mempunyai ciri khas. Diantaranya adalah dengan melestarikan dan menghargai budaya daerah.
Bagaimana cara menghargai budaya daerah?
SBdP (KD.3.3)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
41. Gerakan tari banyak memainkan tangan yang ditepuk-tepukkan pada bagian tubuh lalu dihempaskan ke segala arah, adalah keunikan dari gerak tari ….
a. bungong jeumpa c. jaipong
b. kipas pakarena d. lilin
42. Seni tari harus bisa menyampaikan pesan dan suasana perasaan kepada penonton, melalui gerakan dan ekspresi penari melalui mimik wajah dan pendalaman karakter. Berarti dalam seni tari harus mengadung unsur utama yaitu ….
a. wirasa c. wirama
b. wiraga d. wiyaga
43. Hal yang perlu dilakukan dalam pementasan Tari Saman adalah ….
a. keindahan c. alat musik
b. kecantikan d. kekompakan
44. Penampilan tari kipas pakarena yang diperagakan oleh perempuan dengan gerakan yang lembut, yang mengandung arti bahwa ….
a. hidup itu perlu sabar c. manusia itu harus bersyukur
b. perempuan itu harus sopan d. perempuan itu harus hemat
45. Gerak tari disamping menggunkan formasi ….
a. lurus
b. diagonal
c. lingkaran
d. melengkung

46. Tari saman memiliki gerak yang unik, gerakannya meliputi tangan, badan, kepala, jumlah peserta pada umumnya berjumlah 17 orang, dan semua itu dilakukan dengan posisi sambil ….
a. berdiri c. lompat-lompat
b. berbaring d. duduk
47. Berikut yang bukan termasuk fungsi tari dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. seni pertunjukan c. upacara adat
b. media pendidikan d. bahan lawakan
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
48. Sifat gerak tari di setiap daerah memiliki perbedaan, sesuai dengan karakter dimana mereka berasal. Gerak tari daerah Surakarta bersifat ….
49. Unsur terpenting dalam tari ada 3 macam yaitu ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!

50. Jelaskan cara melakukan gerak tari disamping!






KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH
KECAMATAN PEJAGOAN DAN KARANGGAYAM
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020

Bidang Studi : TEMA 1 Nama : …………………………………... Nomor : …………………………………... Kelas : 4 ( Empat )

PPKn TEMA 1
NO 1 2 3 4 5 6 7
A
B
C
D
8…………………………………………………………………………………………………….……..
9…………………………………………………………………………………………………….……..
10………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
B. INDONESIA TEMA 1
NO 11 12 13 14 15 16 17
A
B
C
D
18………………………………………………………………………………………………………….
19………………………………………………………………………………………………………….
20…………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………






IPA TEMA 1
NO 21 22 23 24 25 26 27
A
B
C
D
28………………………………………………………………………………………………………….
29………………………………………………………………………………………………………….
30………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
IPS TEMA 1
NO 31 32 33 34 35 36 37
A
B
C
D
38………………………………………………………………………………………………………….
39………………………………………………………………………………………………………….
40………………………………………………………………………………………………………….……………………………….……………………………………………………………...…………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
SBdP TEMA 1
NO 41 42 43 44 45 46 47
A
B
C
D
48………………………………………………………………………………………………………….
49………………………………………………………………………………………………………….
50………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….

https://muhamadmuhlasin.blogspot.com/2020/01/skill-yang-harus-diasah-agar-anda-jago.html

Skill yang Harus Diasah agar Anda Jago Jualan⁣⁣

Assalamualaikum Ini dia Skill yang Harus Diasah agar Anda Jago Jualan⁣⁣ Berkarier menjadi penjual adalah suatu pilihan tepat bagi mereka yang memiliki pengetahuan, kualitas, dan kemampuan untuk bersaing di bidang ini. Apalagi kini banyak yang beralih profesi berjualan online. Beberapa kemampuan yang harus dimiliki seorang pedagang atau penjual dapat dilatih dan dipelajari lewat latihan, jam terbang, dan pengalaman.⁣⁣ ⁣⁣ Kesuksesan seperti jago jualan bukan bawaan lahir, melainkan buah dari kerja keras. Jika Anda ingin menjadi seorang penjual yang sukses, lebih baik pelajari beberapa kemampuan ini:⁣⁣ ⁣⁣ ◾Jeli Melihat Prospek⁣⁣ ⁣⁣ Anda harus belajar mengidentifikasi berbagai prospek. Tidak semua prospek dapat dikonversi menjadi transaksi penjualan. Anda perlu mata yang jeli, waktu yang tepat, serta pemahaman mendalam untuk menemukannya. ⁣⁣ ⁣⁣ ◾Pandai Membangun Hubungan⁣⁣ ⁣⁣ Hubungan baik yang dimaksud di sini bukan sekedar basa-basi yang banyak dilakukan sales. Tunjukkan pada mereka bahwa Anda peduli, mengerti permasalahan mereka, dan Anda ingin membantu memecahkan masalah dengan menawarkan solusi. ⁣⁣ ⁣⁣ ◾Bertanya dengan Cerdas⁣⁣ ⁣⁣ Dalam lingkup yang lebih luas, seorang pedagang atau penjual juga memberikan layanan, menciptakan solusi, dan memecahkan masalah. Namun sebelum Anda menjadi seorang yang jago jualan dan memberikan solusi, Anda harus mampu mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu. Satu-satunya cara untuk menemukan masalah adalah bertanya dengan tepat.⁣⁣ ⁣⁣ ◾Pendengar yang Baik⁣⁣ ⁣⁣ Menjadi pendengar yang baik dan membangun hubungan baik adalah keahlian yang saling melengkapi untuk mampu mengerti pemikiran dan opini calon klien potensial. Hal ini juga dapat membantu menunjukkan bahwa Anda memerhatikan dan peduli dengan permasalahan mereka.⁣⁣ ⁣⁣ ◾Tangguh Menangani Penolakan⁣⁣ ⁣⁣ Apa yang membedakan penjual berpengalaman dengan pemula adalah kemampuan dalam menangani penolakan calon pelanggan. Kuncinya adalah dapat mengerti mengapa calon klien menolak. Anda harus mencari tahu tentang hal ini jika ingin sukses dalam menjual. ⁣⁣ ⁣⁣ ◾Manajemen Waktu yang Solid⁣⁣ ⁣⁣ Bicara tentang manajemen waktu kedengarannya mudah, padahal manajemen waktu membutuhkan pengendalian diri dan terkadang susah untuk dilakukan. Manajemen waktu bukan hanya membuat rencana penjualan jauh-jauh hari atau bertemu dengan klien. Manajemen waktu membutuhkan fleksibilitas, kemampuan adaptasi, dan juga disiplin yang besar.⁣⁣ ⁣⁣ Di dalam industri yang menuntut untuk selalu bergerak, dan mencurahkan energi setiap hari, Anda akan kehilangan kesempatan emas jika tidak memiliki kemampuan-kemampuan yang menunjang untuk jago jualan. Jika Anda ingin berjualan dengan sukses, Anda harus mulai mengembangkan dan menerapkan kemampuan di atas. Semoga bermanfaat 🙂, dan silahkan dishare

Minggu, 12 Januari 2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : Matematika

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : Matematika Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN) Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Geometri dan Pengukuran Pengolahan Data Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Membuat tabulasi • Menghitung • Menginterpretasi • Menentukan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilang bulat - operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling dan luas segiempat - keliling dan luas lingkaran - sifat-sifat bangun datar - sifat-sifat bangun ruang - koordinat Kartesius - simetri dan pencerminan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus Aplikasi • Mengklasifikasi • Menentukan • Menghitung • Menyelesaikan masalah Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling segiempat - keliling dan luas segitiga - keliling dan luas lingkaran - luas permukaan kubus, balok, dan tabung - volume kubus, balok, dan tabung - koordinat Kartesius - simetri dan pencerminan Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1 Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Geometri dan Pengukuran Pengolahan Data Penalaran • Memprediksi • Membedakan • Menafsirkan • Menyimpulkan Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling dan luas segiempat - keliling dan luas lingkaran - luas permukaan kubus, balok, dan tabung - volume kubus, balok, dan tabung Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : Matematika Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN) Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Geometri dan Pengukuran Pengolahan Data Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Membuat tabulasi • Menghitung • Menginterpretasi • Menentukan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilang bulat - operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling dan luas segiempat - keliling dan luas lingkaran - sifat-sifat bangun datar - sifat-sifat bangun ruang - koordinat Kartesius - simetri dan pencerminan Peserta didik dapat mengenal dan memahami pengetahuan tentang: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus Aplikasi • Mengklasifikasi • Menentukan • Menghitung • Menyelesaikan masalah Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - operasi hitung bilangan pangkat dua dan tiga, akar pangkat dua dan tiga - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling segiempat - keliling dan luas segitiga - keliling dan luas lingkaran - luas permukaan kubus, balok, dan tabung - volume kubus, balok, dan tabung - koordinat Kartesius - simetri dan pencerminan Peserta didik dapat mengaplikasikan pengetahuan tentang: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1 Level Kognitif Lingkup Materi Bilangan Geometri dan Pengukuran Pengolahan Data Penalaran • Memprediksi • Membedakan • Menafsirkan • Menyimpulkan Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - operasi hitung bilangan cacah - operasi hitung bilangan bulat - KPK dan FPB - pecahan - perbandingan Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - satuan ukuran kuantitas, satuan berat, satuan panjang, satuan waktu, satuan volum - waktu, jarak, dan kecepatan - keliling dan luas segiempat - keliling dan luas lingkaran - luas permukaan kubus, balok, dan tabung - volume kubus, balok, dan tabung Peserta didik dapat menggunakan nalar yang berkaitan dengan: - penyajian data dalam bentuk tabel, diagram batang, dan diagram lingkaran - rata-rata hitung dan modus

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN) Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai Peserta didik dapat: - menentukan makna kata/istilah pada teks - menentukan antonim/sinonim - menggali informasi tersurat teks - menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) Peserta didik dapat: - menentukan informasi tersurat pada karya sastra - menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) - menentukan makna kata/simbol/kias Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa Peserta didik dapat: - menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan - menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca Aplikasi • Menyimpulkan • Menggunakan konsep/prinsip Peserta didik dapat: - menentukan ide pokok teks - menggali informasi tersirat teks - menentukan pernyataan sesuai isi teks - mengidentifikasi jenis teks Peserta didik dapat: - menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) - menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) Peserta didik dapat: - menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu) - menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi) - melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato) - melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan Peserta didik dapat: - menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1 Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca Penalaran • Mengevaluasi • Membandingkan pola (menganalisis) • Menanggapi Peserta didik dapat: - memprediksi kejadian berdasarkan isi teks - membandingkan isi teks - melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks Peserta didik dapat: - memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita - menentukan nilai-nilai cerita - menentukan keteladanan tokoh cerita Peserta didik dapat: - memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata - memperbaiki tata kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat: - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan - memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca

Kisi kisi ujian sekolah 2020 MI MUPEL IPA

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : IPA Jenjang : SD/MI Kurikulum : IRISAN LEVEL KOGNITIF LINGKUP MATERI KKO INDIKATOR SOAL NO BENTK Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Makhluk Hidup dan Lingkungannya identifikasi L1 Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya berdasarkan ilustrasi 1 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh salah satu bentuk adaptasi makhluk hidup 2 PG menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan cara melestarikan makhluk hidup berdasarkan ilustrasi 3 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya berdasarkan beberapa ilustrasi 4 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh menerapkan cara menjaga keseimbangan lingkungan 5 PG mengelompokkan L2 Disajikan gambar makhluk hidup, siswa dapat dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan cara beradaptasi 6 PG menerapkan L2 Memberi contoh penerapan cara menjaga keseimbangan lingkungan bedasarkan ilustrasi 7 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Disajikan data dalam tabel, siswa dapat menyimpulkan hewan yang perlu segera dilestarikan 8 PG menjelaskan L3 Disajikan ilustrasi tentang keberadaan dua makhluk hidup, siswa dapat menjelaskan jenis hubungan antara makhluk hidup tersebut. 36 UR Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup menyebutkan L1 Disajikan gambar bagian tubuh hewan/tumbuhan siswa dapat menyebutkan nama dan fungsi bagian tersebut 9 PG menunjukkan L1 Disajikan gambar sistem organ peredaran darah manusia, siswa dapat menunjukkan skema proses peredaran darah pada manusia 10 PG menyebutkan L1 Disajikan gambar alat pernapasan manusia siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk 11 PG menyebutkan L1 Disajikan gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menyebutkan ciri-ciri bagian yang ditunjuk berdasarkan fungsinya 12 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi membandingkan L2 Disajikan tabel daftar makhluk hidup siswa dapat membandingkan makhluk hidup berdasarkan siklus hidup/metamorfosis 13 PG mengelompokkan L2 Disajikan tabel daftar makhluk hidup siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan siklus hidup/metamorfosis 14 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem organ (peredaran darah) berdasarkan gambar 15 PG memberi contoh penerapan L2 Disajikan daftar pernyataan, siswa dapat memberi contoh penerapan cara memelihara kesehatan organ 16 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem gerak berdasarkan ilustrasi 17 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem organ (pencernaan) berdasarkan gambar 37 UR Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Disajikan data dalam tabel, siswa dapat menyimpulkan percobaan pada sistem organ 18 PG Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Benda dan Sifatnya menentukan L1 Siswa dapat menentukan perubahan wujud benda, berdasarkan ilustrasi suatu kejadian/ peristiwa sehari-hari 19 PG menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan sifat bahan dan bahan penyusunnya, pada bagian alat tertentu berdasarkan bagian yang ditunjuk pada gambar 20 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan pengaruh suhu dan kalor terhadap benda berdasarkan ilustrasi beberapa kegiatan 21 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan sifat bahan dengan kegunaannya berdasarkan tabel 22 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan pengaruh suhu dan kalor terhadap benda berdasarkan ilustrasi 38 UR Penalaran D. Menganalisis E. Memprediksi F. Menyimpulkan menentukan L3 Siswa dapat menentukan perubahan benda akibat pengaruh suhu dan kalor, berdasarkan ilustrasi. 23 PG Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Energi dan Perubahannya menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis gaya yang dimanfaatkan pada alat tertentu berdasarkan gambar 24 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh pemanfaatan sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari 25 PG Aplikasi D. Menerapkan E. Membandingkan F. Mengklasifikasi membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan bunyi yang ditimbulkan oleh beberapa sumber bunyi berdasarkan gambar 26 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi kegiatan sehari-hari 27 PG mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan perubahan energi listrik pada benda berdasarkan gambar 28 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan besar energi alternatif dan cara penggunaannya berdasarkan ilustrasi/ gambar 29 PG penerapan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan sifat magnet berdasarkan ilustrasi 30 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Siswa dapat menyimpulkan bentuk rangkaian listrik berdasarkan ilustrasi 31 PG memprediksi L3 Siswa dapat memprediksi kondisi lampu-lampu pada rangkaian listrik berdasarkan ilustrasi 39 UR Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Bumi dan Alam Semesta mengidentifikasi L1 Siswa dapat menyebutkan ciri-cici planet berdasarkan gambar/ilustrasi 32 PG menunjukkan L1 Siswa dapat menunjukkan posisi bumi, bulan, dan matahari pada saat terjadi gerhana berdasarkan gambar 33 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh yang sama dengan ilustrasi kegiatan sehari-hari yang mempengarui proses daur air 40 UR Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan pengaruh rotasi dan revolusi bumi dan bulan 34 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menjelaskan L3 Siswa dapat menjelaskan penyebab perbedaan waktu gerhana bulan dan gerhana matahari 35 PG