Minggu, 12 Januari 2020

Kisi kisi ujian sekolah 2020 MI MUPEL IPA

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH DASAR / MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : IPA Jenjang : SD/MI Kurikulum : IRISAN LEVEL KOGNITIF LINGKUP MATERI KKO INDIKATOR SOAL NO BENTK Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Makhluk Hidup dan Lingkungannya identifikasi L1 Siswa dapat mengidentifikasi hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya berdasarkan ilustrasi 1 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh salah satu bentuk adaptasi makhluk hidup 2 PG menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan cara melestarikan makhluk hidup berdasarkan ilustrasi 3 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan hubungan antar makhluk hidup dengan lingkungannya berdasarkan beberapa ilustrasi 4 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh menerapkan cara menjaga keseimbangan lingkungan 5 PG mengelompokkan L2 Disajikan gambar makhluk hidup, siswa dapat dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan cara beradaptasi 6 PG menerapkan L2 Memberi contoh penerapan cara menjaga keseimbangan lingkungan bedasarkan ilustrasi 7 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Disajikan data dalam tabel, siswa dapat menyimpulkan hewan yang perlu segera dilestarikan 8 PG menjelaskan L3 Disajikan ilustrasi tentang keberadaan dua makhluk hidup, siswa dapat menjelaskan jenis hubungan antara makhluk hidup tersebut. 36 UR Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Struktur dan Fungsi Makhluk Hidup menyebutkan L1 Disajikan gambar bagian tubuh hewan/tumbuhan siswa dapat menyebutkan nama dan fungsi bagian tersebut 9 PG menunjukkan L1 Disajikan gambar sistem organ peredaran darah manusia, siswa dapat menunjukkan skema proses peredaran darah pada manusia 10 PG menyebutkan L1 Disajikan gambar alat pernapasan manusia siswa dapat menyebutkan fungsi bagian yang ditunjuk 11 PG menyebutkan L1 Disajikan gambar alat pencernaan manusia siswa dapat menyebutkan ciri-ciri bagian yang ditunjuk berdasarkan fungsinya 12 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi membandingkan L2 Disajikan tabel daftar makhluk hidup siswa dapat membandingkan makhluk hidup berdasarkan siklus hidup/metamorfosis 13 PG mengelompokkan L2 Disajikan tabel daftar makhluk hidup siswa dapat mengelompokkan makhluk hidup berdasarkan siklus hidup/metamorfosis 14 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem organ (peredaran darah) berdasarkan gambar 15 PG memberi contoh penerapan L2 Disajikan daftar pernyataan, siswa dapat memberi contoh penerapan cara memelihara kesehatan organ 16 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem gerak berdasarkan ilustrasi 17 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan mekanisme sistem organ (pencernaan) berdasarkan gambar 37 UR Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Disajikan data dalam tabel, siswa dapat menyimpulkan percobaan pada sistem organ 18 PG Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Benda dan Sifatnya menentukan L1 Siswa dapat menentukan perubahan wujud benda, berdasarkan ilustrasi suatu kejadian/ peristiwa sehari-hari 19 PG menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan sifat bahan dan bahan penyusunnya, pada bagian alat tertentu berdasarkan bagian yang ditunjuk pada gambar 20 PG Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan pengaruh suhu dan kalor terhadap benda berdasarkan ilustrasi beberapa kegiatan 21 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan sifat bahan dengan kegunaannya berdasarkan tabel 22 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan pengaruh suhu dan kalor terhadap benda berdasarkan ilustrasi 38 UR Penalaran D. Menganalisis E. Memprediksi F. Menyimpulkan menentukan L3 Siswa dapat menentukan perubahan benda akibat pengaruh suhu dan kalor, berdasarkan ilustrasi. 23 PG Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Energi dan Perubahannya menyebutkan L1 Siswa dapat menyebutkan jenis-jenis gaya yang dimanfaatkan pada alat tertentu berdasarkan gambar 24 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh pemanfaatan sifat-sifat magnet dalam kehidupan sehari-hari 25 PG Aplikasi D. Menerapkan E. Membandingkan F. Mengklasifikasi membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan bunyi yang ditimbulkan oleh beberapa sumber bunyi berdasarkan gambar 26 PG menerapkan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan sifat cahaya berdasarkan ilustrasi kegiatan sehari-hari 27 PG mengelompokkan L2 Siswa dapat mengelompokkan perubahan energi listrik pada benda berdasarkan gambar 28 PG membandingkan L2 Siswa dapat membandingkan besar energi alternatif dan cara penggunaannya berdasarkan ilustrasi/ gambar 29 PG penerapan L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan sifat magnet berdasarkan ilustrasi 30 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menyimpulkan L3 Siswa dapat menyimpulkan bentuk rangkaian listrik berdasarkan ilustrasi 31 PG memprediksi L3 Siswa dapat memprediksi kondisi lampu-lampu pada rangkaian listrik berdasarkan ilustrasi 39 UR Pengetahuan dan Pemahaman A. Mengidentifikasi B. Menunjukkan C. Memberi contoh D. Menyebutkan Bumi dan Alam Semesta mengidentifikasi L1 Siswa dapat menyebutkan ciri-cici planet berdasarkan gambar/ilustrasi 32 PG menunjukkan L1 Siswa dapat menunjukkan posisi bumi, bulan, dan matahari pada saat terjadi gerhana berdasarkan gambar 33 PG memberi contoh L1 Siswa dapat memberi contoh yang sama dengan ilustrasi kegiatan sehari-hari yang mempengarui proses daur air 40 UR Aplikasi A. Menerapkan B. Membandingkan C. Mengklasifikasi L2 Siswa dapat memberi contoh penerapan pengaruh rotasi dan revolusi bumi dan bulan 34 PG Penalaran A. Menganalisis B. Memprediksi C. Menyimpulkan menjelaskan L3 Siswa dapat menjelaskan penyebab perbedaan waktu gerhana bulan dan gerhana matahari 35 PG

Tidak ada komentar: