KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH
KECAMATAN PEJAGOAN DAN KARANGGAYAM
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
Bidang Studi : TEMA 1 Nama : …………………………………...
Hari/tanggal : Senin, 2 Desember 2019 No absen : …………………………………...
Waktu : 07.00-09.00 WIB Kelas : 4 ( Empat )
Petunjuk:
1. Berdo’alah sebelum mengerjakan soal!
2. Tulislah dengan jelas pekerjaanmu pada lembar yang tersedia!
3. Bacalah tiap soal dengan terliti!
4. Mintalah penjelasan pada pengawas bila kesulitan membaca soal!
5. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah!
6. Periksa kembali pekerjaanmu sebelum dikumpulkan!
PPKn ( KD 3.4)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
1. Nilai kebersamaan nampak pada saat ….
a. mengerjakan ulangan c. bersaing
b. memusuhi teman d. bermain bersama teman
I.mencoret coret tembok bersama A.menyiram tanaman bersama
II.mengerjakan PAS bersama B.ramai di kelas ketika tidak ada Guru
III.mengerjakan piket bersama C.mengerjakan PR bersama
2. Contoh kegiatan gotong-royong di sekolah yang benar adalah ….
a. III dan A c. II dan C
b. I dan B d. III dan B
3. Pada kegiatan untuk memeriahkan Kemerdekaan Indonesia, Sarah dan teman-teman pergi ke alun-alun Kebumenmelihat Karnaval khususnya pada tema budaya Indonesia, Mereka melihat berbagai macam pakaian adat daerah. Cara menghargai keragaman budaya tersebut adalah ….
a. tidak mencela pertunjukan budaya lain
b. tetap menganggap budaya sendiri lebih unggul
c. menonjolkan budaya daerah sendiri
d. budaya daerah lain
4. Engklek/ brek adalah permainan yang baik untuk anak-anak karena dimainkan individu yang dilakukan beberapa anak. Permainan ini memiliki banyak variasinya yang sebelum bermain telah disepakati bersama. Hal ini sesuai dengan Pancasila sila ….
a. 1 c. 3
b. 2 d. 4
5. Suatu kondisi dalam masyarakat yang terdapat banyak perbedaan dalam berbagai bidang disebut ….
a. toleransi c. kebudayaan
b. keberagaman d. gotong-royong
6. Keberagaman budaya di Indonesia harus di syukuri karena ….
a. menjadikan Indonesia negara adi kuasa
b. membuat bangsa Indonesia di takuti negara lain
c. merupakan suatu kelemahan bangsa
d. merupakan anugerah dari Allah Swt
7. Pada Hari Ahad kemarin Bapak Sugeng selaku ketua RT 10 beserta seluruh warganya melakukan kerja bakti pelebaran jalan dari sebelah mushola sampai perbatasan RT.Bapak Sugeng dan semua warga RT 10 melakukan kerjasama dilingkungan ….
a. sekolah c. masyarakat
b. keluarga d. rumah
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
8. Walaupun bangsa Indonesia terdiri atas berbagai suku yang beranekaragam, namun tetap satu semboyan yaitu ….
9. Saling tenggang rasa dan toleransi dengan tidak memaksa agama kepada orang lain merupakan salah cara untuk menjaga ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
10. Indonesia Negara dengan berbagai agama yang sudah ada sebelum merdeka. Tapi akhir-akhir ini perbedaan itu mulai terusik dan apabila dibiarkan akan mengancam keutuhan NKRI.
Sebutkan 4 contoh perilaku menghargai dalam keberagaman beragama!
BAHASA INDONESIA (KD 3.1 dan 3.2)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
11. Gagasan pokok sering disebut juga ….
a. Ide c. gagasan petunjuk
b. gagasan penutup d. gagasan utama
Bacalah paragraf berikut!
Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia yang telah menjadi kebanggaan bangsa. Batik sudah mempunyai tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Batik seakan mampu menyampaikan rasa kebudayaan bangsa. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona dikalangan pecinta mode.
12. Gagasan pendukung pada paragraf di atas adalah ….
a. Keberadaan batik selama ini telah menjadi primadona dikalangan pecinta mode.
b. Batik merupakan salah satu warisan kebudayaan Indonesia.
c. Batik yang terkenal berasal dari Pekalongan.
d. 2 Oktober adalah Hari Batik Nasional.
Festival budaya Indonesia terbesar di Inggris, akan kembali digelar. Gelaran kali ini menjadi tahun keempat yang akan dilangsungkan di London, yang tepat bersebelahan dengan jembatan ikon kota, Tower Bridge. Berbagai ragam kekayaan budaya Indonesia bakal ditampilkan dalam festival ini.Mulai dari makanan, budaya, hingga fesyen Nusantara.
13. Gagasan pokok pada paragraf di atas adalah . . . .
a. Festival budaya Indonesia terbesar di Inggris, akan kembali digelar.
b. Gelaran kali ini menjadi tahun keempat yang akan dilangsungkan di London
c. Berbagai ragam kekayaan budaya Indonesia bakal ditampilkan dalam festival ini
d. Mulai dari makanan, budaya, hingga fesyen Nusantara.
14. Baca dan susunlah kalimat-kalimat di bawah ini menjadi sebuah paragraf yang benar!
(1) Dulu kita bersatu sehingga bisa merdeka.
(2) Keberagaman merupakan sebuah kekuatan bagi bangsa Indonesia
(3) Maka hindari ujaran kebencian yang bisa memporak-porandakan persatuan bangsa.
(4) Karena kita diciptakan berbeda-beda untuk saling mengenal dan menghormati.
(5) Persoalan ujaran kebencian bisa menyebabkan permusuhan.
Susunan kalimat di atas agar menjadi sebuah paragraf yang benar . . . .
a. (1)-(2)-(3)-(4)-(5) c. (5)-(2)-(1)-(4)-(3)
b. (2)-(1)-(3)-(5)-(4) d. (2)-(4)-(1)-(5)-(3)
15. Kalimat-kalimat dalam suatu paragraf yang berfungsi memperjelas kalimat utama adalah ….
a. gagasan pokok c. gagasan penutup
b. gagasan pendukung d. pokok pikiran
Bacalah paragraf berikut untuk menjawab soal nomor 16 dan 17!
Laskar Indonesia Pusaka akan menyelenggarakan pagelaran wayang orang, dengan tajuk Sang Sukrasana sebagai perayaan Hari Wayang Nasional di Teater Jakarta, Taman Ismail Marzuki.
Sukrasana adalah tokoh wayang asli dari Indonesia, bukan dari Mahabharata. Cerita klasik Sukrasana dan sang kakak, Sumantri terjadi jauh sebelum adanya Mahabharata, konon saat para dewa-dewi masih hidup berdampingan dengan manusia.
16. Gagasan pokok pada paragraf kedua adalah . . . .
a. Laskar Indonesia Pusaka akan menyelenggarakan pagelaran wayang orang.
b. Sukrasana adalah tokoh wayang asli dari Indonesia, bukan dari Mahabharata.
c. Pendiri Laskar Indonesia Pusaka adalah Jaya Suprana.
d. Kisah Sumantri dan Sukrasana memiliki akhir yang tragis.
17. Contoh kesenian daerah pada paragraf pertama adalah ….
a. wayang kulit c. wayang klitik
b. wayang golek d. wayang orang
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
18. Jenis paragraf yang memiliki kalimat utama di awal disebut ….
Bacalah teks berikut!
Tugu Yogya merupakan landmark kota pelajar ini. Ibarat kata, ia merupakan saksi bisu perjalanan kota Yogya mulai dari zaman kolonial Belanda hingga sekarang. Dibangun pada masa pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Karena berada di jantung kota, hampir dikata jika yang tinggal di kota ini akan akrab dengannya.
19. Siapa yang membangun Tugu Yogya?
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
Getuk Goreng Sokaraja
Getuk goring Sokaraja merupakan kuliner khas Sokaraja yang rasanya manis dan gurih, yang berbahan utama singking dan dibumbui gula Jawa.
Cara pembuatannya adalah singkong dikupas, dipotong dan dibersihkan serta dibuang bagian akar tengahnya. Selanjutnya singkong dikukus sampai benar-benar matang, angkat dan diamkan beberapa saat. Kemudian tumbuk singkong dengan alu seacara pelan-pelan dalam lumping agar singkong bisa hancur secara merata, sambil sedikit demi sedikit ditambahkan gula Jawa yang sudah diencerkan. Tumbuk terus sampai singkong dan gula tercampur dengan sempurna.
Proses selanjutnya adalah penggorengan. Sebelum digoreng bentuklah adonan yang sudah jadi menjadi bulat-bulat. Penggorengan dilakukan dengan tungku tradisional dengan api dari kayu bakar. Masukkan getuk kedalam adoanan tepung yang encer, selanjutnya goreng dalam minyak dengan api yang sedang. Angkat dan tiriskan, getuk siap disajikan.
20. Jelaskan proses pembuatan getuk goreng secara singkat!
IPA (KD 3.6)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
21. Benda- benda yang bergetar dan menghasilkan bunyi disebut . . . .
a. sumber keras c. sumber pantul
b. sumber nada d. sumber bunyi
22. Suara kita dapat terdengar oleh teman dari kaleng yang dihubungkan dengan benang karena gelombang bunyi pita suara diteruskan ke benang.
Hal ini membuktikan bahwa bunyi dapat merambat melalui . . . .
a. benda cair c. benda gas
b. benda padat d. udara
23. Manusia, hewan seperti lumba-lumba dan kelelawar memiliki batas pendengaran suara yang berbeda. Manusia hanya dapat mendengar bunyi yang frekuensinya 20 hz - 2.000 hz tiap detik.
Urutan yang benar batas pendengaran dari yang rendah hingga tertinggi adalah ….
a. manusia, kelelawar, lumba-lumba. c. lumba-lumba, manusia, kelelawar.
b. manusia, lumba-lumba, kelelawar. d. kelelawar, manusia, lumba-lumba.
Perhatikan tabel berikut!
I.Bagian luar A.rumah siput
II.Bagian tengah B.daun telinga
III.Bagian dalam C.gendang telinga
24. Bagian telinga yang benar adalah ….
a. I dan B c. III dan C
b. II dan B d. II dan A
25. Gambar untuk soal no 5 dan 6!
Perhatikan gambar di atas, yang ditunjukkan angka 3 adalah ….
a. saluran eustachius c. rumah siput
b. gendang telinga d. daun telinga
26. Bagian telinga yang berfungsi menangkap gelombang suara dan mengubah menjadi getaran kemudian diteruskan ke tulang telinga, ditunjukkan pada angka …
a. 2 c. 4
b. 3 d. 5
27. Bunyi yang diperoleh dari pemantulan karena jarak antara sumber bunyi dan dinding pemantul sangat jauh sehingga keseluruhan bunyi didengar setelah bunyi asli. Maka dari ciri-cirinya disebut ….
a. gema c. pemantulan bunyi
b. gaung d. penyerapan bunyi
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
28. Bunyi tidak dapat merambat pada ….
29. Gambar disamping adalah jembatan Tacoma Washington, yang runtuh karena angin sepoi-sepoi setelah bergetar hebat selam 2 jam .
Peristiwa tersebut disebabkan oleh adanya ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
30. Telinga adalah alat indra pendengaran yang sangat vital, maka kita bisa mendengar suara-suara dengan baik. Oleh karena itu kita sebagai makhluk ciptaan Allah seharusnya bisa menjaga dan merawat supaya telinga dapat berfungsi dengan baik.
Jelaskan cara membersihkan telinga yang benar!
IPS (KD 3.2)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
31. Senjata tradisional suku Jawa adalah ….
a. kujang c. clurit
b. keris d. badik
32. Tarian pada gambar berikut berasal dari ….
a. Bali
b. Yogyakarta
c. Jakarta
d. Papua
33. Kecapi, angklung calung, gendang, gong, saron, bonang, kecapi, rebab, jenglong dan terompet adalah alat musik berasal dari ….
a. Sumatera Barat c. Jawa Barat
b. Bali d. Maluku
34. Rumah adat di samping berasal dari ….
a. Sumatra Barat
b. Aceh
c. Papua
d. Jawa Tengah
35. Para pedagang yang berasal dari Gujarat datang ke Indonesia menyebarkan ajaran agama ….
a. Hindu c. Kong Hu Cu
b. Budha d. Islam
Perhatikan tabel dibawah ini!
I. Islam A.Gereja 1.Waisak
II. Kristen B.Masjid 2. Idul Fitri
III. Hindu C.Vihara 3. Nyepi
IV. Budha D.Pura 4. Natal
36. Agama, tempat ibadah dan hari besar yang benar adalah ….
a. II, B, 2 c. I, B, 2
b. IV, C, 4 d. III, A, 3
37. Kemampuan ikut merasakan hal-hal yang dirasakan orang lain, sehingga timbul rasa iba dan tergerak rasa ingin membantunya disebut ….
a. empati c. simpati
b. antipati d. diskriminasi
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
38. Sistem yang mengatur tata keimanan (kepercayaan) dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha Esa serta tata kaidah yang berhubungan dengan pergaulan antar manusia dan lingkungannya disebut ….
39. Bahasa, rumah adat, tarian dan pertunjukan, pakaian adat, senjata tradisional, upacara adat, dan lagu daerah disebut ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
40. Indonesia Negara dengan beraneka ragam budaya daerah, seiring dengan kemajuan tekhnologi yang semakin canggih. Dituntutlah untuk mengimbangi lajunya tekhnologi dengan budaya ketimuran yang santun dan mempunyai ciri khas. Diantaranya adalah dengan melestarikan dan menghargai budaya daerah.
Bagaimana cara menghargai budaya daerah?
SBdP (KD.3.3)
Berilah tanda × pada huruf a, b, c atau d pada jawaban yang benar !
41. Gerakan tari banyak memainkan tangan yang ditepuk-tepukkan pada bagian tubuh lalu dihempaskan ke segala arah, adalah keunikan dari gerak tari ….
a. bungong jeumpa c. jaipong
b. kipas pakarena d. lilin
42. Seni tari harus bisa menyampaikan pesan dan suasana perasaan kepada penonton, melalui gerakan dan ekspresi penari melalui mimik wajah dan pendalaman karakter. Berarti dalam seni tari harus mengadung unsur utama yaitu ….
a. wirasa c. wirama
b. wiraga d. wiyaga
43. Hal yang perlu dilakukan dalam pementasan Tari Saman adalah ….
a. keindahan c. alat musik
b. kecantikan d. kekompakan
44. Penampilan tari kipas pakarena yang diperagakan oleh perempuan dengan gerakan yang lembut, yang mengandung arti bahwa ….
a. hidup itu perlu sabar c. manusia itu harus bersyukur
b. perempuan itu harus sopan d. perempuan itu harus hemat
45. Gerak tari disamping menggunkan formasi ….
a. lurus
b. diagonal
c. lingkaran
d. melengkung
46. Tari saman memiliki gerak yang unik, gerakannya meliputi tangan, badan, kepala, jumlah peserta pada umumnya berjumlah 17 orang, dan semua itu dilakukan dengan posisi sambil ….
a. berdiri c. lompat-lompat
b. berbaring d. duduk
47. Berikut yang bukan termasuk fungsi tari dalam kehidupan sehari-hari adalah ….
a. seni pertunjukan c. upacara adat
b. media pendidikan d. bahan lawakan
Isilah titik-titik di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
48. Sifat gerak tari di setiap daerah memiliki perbedaan, sesuai dengan karakter dimana mereka berasal. Gerak tari daerah Surakarta bersifat ….
49. Unsur terpenting dalam tari ada 3 macam yaitu ….
Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas!
50. Jelaskan cara melakukan gerak tari disamping!
KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH
KECAMATAN PEJAGOAN DAN KARANGGAYAM
PENILAIAN AKHIR SEMESTER
TAHUN PELAJARAN 2019 / 2020
Bidang Studi : TEMA 1 Nama : …………………………………... Nomor : …………………………………... Kelas : 4 ( Empat )
PPKn TEMA 1
NO 1 2 3 4 5 6 7
A
B
C
D
8…………………………………………………………………………………………………….……..
9…………………………………………………………………………………………………….……..
10………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
B. INDONESIA TEMA 1
NO 11 12 13 14 15 16 17
A
B
C
D
18………………………………………………………………………………………………………….
19………………………………………………………………………………………………………….
20…………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………….……………………………………………………………………………………………………………..…………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………………
IPA TEMA 1
NO 21 22 23 24 25 26 27
A
B
C
D
28………………………………………………………………………………………………………….
29………………………………………………………………………………………………………….
30………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
IPS TEMA 1
NO 31 32 33 34 35 36 37
A
B
C
D
38………………………………………………………………………………………………………….
39………………………………………………………………………………………………………….
40………………………………………………………………………………………………………….……………………………….……………………………………………………………...…………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
SBdP TEMA 1
NO 41 42 43 44 45 46 47
A
B
C
D
48………………………………………………………………………………………………………….
49………………………………………………………………………………………………………….
50………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….…………………………………………………………………………………………………………….
Tidak ada komentar:
Posting Komentar