Minggu, 12 Januari 2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020 Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN) Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca Pengetahuan dan Pemahaman • Mengidentifikasi • Menentukan • Memaknai Peserta didik dapat: - menentukan makna kata/istilah pada teks - menentukan antonim/sinonim - menggali informasi tersurat teks - menentukan unsur teks (kalimat utama/penjelas) Peserta didik dapat: - menentukan informasi tersurat pada karya sastra - menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar, watak tokoh) - menentukan makna kata/simbol/kias Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa Peserta didik dapat: - menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan - menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca Aplikasi • Menyimpulkan • Menggunakan konsep/prinsip Peserta didik dapat: - menentukan ide pokok teks - menggali informasi tersirat teks - menentukan pernyataan sesuai isi teks - mengidentifikasi jenis teks Peserta didik dapat: - menggali informasi tersirat dalam karya sastra (menyimpulkan/ memaknai bagian teks ) - menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) Peserta didik dapat: - menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu) - menyusun berbagai teks (deskripsi, narasi) - melengkapi berbagai jenis teks (laporan, iklan, pidato) - melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan Peserta didik dapat: - menggunakan ejaan - menggunakan tanda baca Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1 Level Kognitif Lingkup Materi Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah, Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca Penalaran • Mengevaluasi • Membandingkan pola (menganalisis) • Menanggapi Peserta didik dapat: - memprediksi kejadian berdasarkan isi teks - membandingkan isi teks - melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks Peserta didik dapat: - memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita - menentukan nilai-nilai cerita - menentukan keteladanan tokoh cerita Peserta didik dapat: - memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata - memperbaiki tata kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat: - memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan - memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca

Tidak ada komentar: