Selamat Datang di Blog Inovasi Pendidikan Madrasah. Blog Inovasi, Edukasi Madrasah dan Bisnis untuk kesemangatan dan kesejahteraan Guru Madrasah .
Minggu, 12 Januari 2020
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
KISI-KISI UJIAN SEKOLAH BERSTANDAR NASIONAL
SEKOLAH DASAR/MADRASAH IBTIDAIYAH TAHUN PELAJARAN 2019/2020
Mata Pelajaran : BAHASA INDONESIA
Kurikulum : 2006/2013 (IRISAN)
Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah,
Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca
Pengetahuan dan
Pemahaman
• Mengidentifikasi
• Menentukan
• Memaknai Peserta didik dapat:
- menentukan makna
kata/istilah pada teks
- menentukan antonim/sinonim
- menggali informasi tersurat teks
- menentukan unsur teks
(kalimat utama/penjelas) Peserta didik dapat:
- menentukan informasi tersurat pada karya sastra
- menentukan unsur intrinsik karya sastra (tokoh, latar,
watak tokoh)
- menentukan makna kata/simbol/kias Peserta didik dapat melengkapi kalimat/teks dengan istilah/kata/ungkapan/peribahasa Peserta didik dapat:
- menunjukkan kesalahan penggunaan ejaan
- menunjukkan kesalahan penggunaan tanda baca
Aplikasi
• Menyimpulkan
• Menggunakan konsep/prinsip Peserta didik dapat:
- menentukan ide pokok teks
- menggali informasi tersirat teks
- menentukan pernyataan sesuai isi teks
- mengidentifikasi jenis teks Peserta didik dapat:
- menggali informasi tersirat dalam karya sastra
(menyimpulkan/ memaknai bagian teks )
- menentukan unsur intrinsik karya sastra (konflik, amanat, tema) Peserta didik dapat:
- menyusun berbagai petunjuk (menggunakan/membuat sesuatu)
- menyusun berbagai teks
(deskripsi, narasi)
- melengkapi berbagai jenis teks
(laporan, iklan, pidato)
- melengkapi kalimat/teks dengan kata bentukan
Peserta didik dapat:
- menggunakan ejaan
- menggunakan tanda baca
Kisi-Kisi USBN SD/MI Tahun 2019/2020 | 1
Level Kognitif Lingkup Materi
Membaca Nonsastra Membaca Sastra Menulis Terbatas Menyunting Kata/Istilah,
Frase, Kalimat, Paragraf, Ejaan, dan Tanda Baca
Penalaran
• Mengevaluasi
• Membandingkan
pola (menganalisis)
• Menanggapi Peserta didik dapat:
- memprediksi kejadian berdasarkan isi teks
- membandingkan isi teks
- melengkapi tabel dengan pokok-pokok pikiran berdasarkan isi teks Peserta didik dapat:
- memprediksi kejadian berdasarkan isi cerita
- menentukan nilai-nilai cerita
- menentukan keteladanan tokoh cerita Peserta didik dapat:
- memperbaiki penulisan/penggunaan istilah/kata
- memperbaiki tata kalimat dalam paragraf Peserta didik dapat:
- memperbaiki kesalahan penggunaan ejaan
- memperbaiki penggunaan kesalahan penggunaan tanda baca
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
Soal Asesmen Sumatif MI 2025/2026
Soal Asesmen MI 2025/2026 Tentang Fitur Pesan Soal Asesmen Sumati...
-
BAB VI PETUGAS BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DAN MADRASAH DAN SYARAT-SYARATNYA A. Petugas Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madra...
-
Apa itu Oyek? Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebes...
-
STANDAR KOMPETENSI LULUSAN (SKL) STANDAR KOMPETENSI (SK) & KOMPETENSI DASAR (KD) MATA PELAJARAN: SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM ( SKI ) KELAS ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar