Minggu, 27 Oktober 2019

Tips sukses soal pedagogik pretes dan Up

#TIPS SUKSES SOAL PEDAGOGIK PRETES DAN UP PPG# Assalamualaikum wr wb.. Salam PPG Melihat hasil UP PPG Daljab Kemenag 2018 yang tingkat rata2 kelulusan nasionalnya hanya 40-50%, sy sebagai peserta PPG sendiri sangat prihatin dan berduka.Meskipun sebagian besar peserta PPG ini usianya di atas 45 tahun ke atas, dimana otak/processornya; (pinjam istilah dalam komputer) masih kelas “pentium” apalagi untuk melek IT, pihak panitia pusat tetap menetapkan passing grade yang cukup tinggi utk UP nya yaitu 75-80.Mungkin pemerintah niatnya baik, untuk meningkatkan kualitas guru dalam menghadapi era digital abad 21. Kita sebagai guru “kualitas pentium” mau tidak mau harus berani menyikapi hal tsb, bukan lantas berkeluh kesah atau bahkan memprotes kebijakan panitia pusat.Satu2 nya jalan memang harus banyak2 belajar dan membaca. Banyak teman2 peserta PPG angkatan 2018 kemarin yang mengeluhkan sulitnya memahami soal-soal pedagogik yang option jawabannya baik di pretes maupun tryout UP dan UP PPG hampir mirip2 semua yang otomatis butuh ingatan yang cukup untuk menghafalnya; di satu sisi sebagian besar otak kami peserta PPG yang “kelas pentium’ ini dipaksa utk menghafalnya walaupun agak ngos-ngosan.Alhamdulillah kelas kami dimana usia rata2 nya di atas 45(termuda usia 47 tahun dan hy 2 org)...lulus UP dengan prosentase kelulusan cukup jauh dr rata2 kelulusan LPTK kami sendiri maupun nasional, yaitu 75%. Saya ingin berbagi tips dalam memahami soal2 pedagogik terutama K13 ini. Saya menyebutnya dengan “kata kunci” atau ‘keyword” di setiap soal2 pedagogik, bahkan trik ini juga bisa utk memahami soal2 tentang PTK, R & D atau PKn yg juga type option jawabannya hampir sama. Key word untuk soal2 pedagogik bab teori belajar Teori behaviors : perubahan tingkah laku, respon atau R-S(respon dan stimulus Teori kognitif : persepsi, pemahaman Teori konstruktiv: siswa, berpusat pada siswa Teori humanism : siswa dan lingkungan, memahami siswa secara utuh Key word untuk soal2 pedagogik bab psikologi anak Pra konvensional : hukuman, reward, punishing Konvensional : aturan, norma sosial, Pasca konvensional : internalisasi nilai, tidak tergantung norma Key word untuk soal2 pedagogik bab model pembelajaran tematik Model Fragmented(terpisah) : satu mapel, terpisah Model Shared(berbagi) : transfer, kerja sama guru Model Webbed(jaringan tema) : pemilihan tema Model Threated(galur) : metakurikulum, siswa sulit memahami keterkaitan Model Connected(terhubung) : keterkaitan, beberapa disiplin ilmu, eksplisit Model integrated(padu) : terpadu Model immersed(terbenam): beberapa mapel satu subyek, ketertarikan siswa yg berbeda Model sequence : urut, urutan Model network: studi lapangan, proyek Key word untuk soal2 pedagogik bab narasi pembelajaran Reading Aloud : membaca lantang Jurnal writing: menulis, mempresentasikan Sustained silent reading : siswa memilih bahan bacaan Guided reading : Siswa dan guru berdiskusi Key word untuk soal2 pedagogik bab implikasi pembelajaran tematik Pemberian respon : non verbal, raut wajah, mimik Pemilihan kegiatan : variatif, tidak membosankan Sarana dan prasarana: sumber belajar, media Guru : gaya guru, kreatif Key word untuk soal2 pedagogik bab narasi pembelajaran Reading Aloud : membaca lantang Jurnal writing: menulis, mempresentasikan Sustained silent reading : siswa memilih bahan bacaan Guided reading : Siswa dan guru berdiskusi Key word untuk soal2 pedagogik bab implikasi pembelajaran tematik Pemberian respon : non verbal, raut wajah, mimik Pemilihan kegiatan : variatif, tidak membosankan Sarana dan prasarana: sumber belajar, media Guru : gaya guru, kreatif Key word untuk soal2 pedagogik bab penilaian Ruang lingkup penilaian : KD, Hasil Belajar, indikator Hakikat penilaian : usaha memperoleh informasi Aspek penilaiaian : kognitif, afektif, ketrampilan Prinsip pinilaian : mengacu indikator Fungsi Penilaian : mengukur Tujuan Penilaian : menggambarkan KB Alat penilaian : tugas, tes. Non tes Prinsip realibiltas: dapat diukur, diterapkan di semua aspek Prinsip Validitas : ketetapan, tetap, standar Prinsip objektifitas : berkeadilan Prinsip kontuinitas : berkesinambungan, konsisten Prinsip edukatif/mendidik : dampak positif Kata kerja kognitif (C1-C6) Mengetahui-memahami-menerapkan - menganalisis -mensintesis-mengevaluasi Klo yg baru Mengetahui-memahami-menerapkan - menganalisis -mengevaluasi-mengkreasi/mencipta Kata Kerja Afektif (A1-A5) Menerima-menanggapi-menilai-mengamalkan/mengelola-menghayati Kata kerja psikomotor(P1-P4) Meniru-membuat/memanipulasi/mendemontrasikan-mengoperasikan-menggunakan Kelebihan tes obyektif : mudah koreksi Kekurangan tes obyektif : sulit membuatnya Kelebihan tes essay : mudah membuatnya Kelebihan tes essay : sulit koreksi Tes : ranah kognitif Non Tes : ranah afektif dan psikomotor Langkah penting penilaian : identifikasi KD Telaah/analisa instrumen tes obyektif secara kuantitatif : menghitung validitas soal Telaah/analisa instrumen tes obyektif secara kualitatif : memeriksa redaksi, bahasa soal Kompetensi Pedagogik : memahami peserta didik,KBM dan IT(teknologi informasi) Kompetensi Profesional : menguasai konsep ilmu & mapel yg diajarkan Key word untuk soal2 Pkn Sila 1: agama,kepercayaan Sila 2 : tenggang rasa, toleransi, hak asasi, penjajahan Sila 3,:cinta tanah air,lambang negara, olahraga, budaya dan kesenian, sejarah Sila 4 : demokrasi, politik,gotong royong, mufakat Sila 5: hukum, ekonomi,keadilan Pancasila sebagai pandangan hidup : filsafat, budaya, epistomologis(pengalaman), aksiologis, kehidupan pribadi Pancasila sebagai dasar negara : Hukum, politik, penyelenggara pemerintahan Pancasila sebagi ideologi : cita-cita, tujuan negara Nilai hukum : mengikat masyarakat Nilai moral : mengikat indvidu PKn di MI Abad 21 : demokrasi, hak dan kewajiban warga negara,konsep nilai dan moral Key word untuk soal2 IPS Beda IIS dan IPS IIS : di perguruan tinggi, penekanan pada BASK, sumber dari IPS IPS : di SD/MI, penekanan pada fokus kebenaran ilmiah, bersumber dri IIS, bersifat pedagogis Fakta: tercatat di sejarah, lengkap tanggalnyadan waktunya Konsep : definisi ilmu, materi atau bab mapel Konsep konkrit : benda atau tempat Konsep abstrak : bencana, ekonomi,penduduk, banjir Konsep aktivitas : proklamasi, penjajahan, Konsep kualitas : , kemerdekaan, Key word untuk soal2 ICT Langkah buat rumus : klik insert _Equation(persamaan) Langkah buat tulisan bagus : klik insrt_wordArt Langkah buat menggambar bentuk : klik insert_Shapes Langkah buat diagram : klik insert _Chart Program untuk input nilai siswa : Microsoft Excell Program untuk mencari artikel : browsing web Program untuk menulis artikel atau pendapat pribadi : blog Program untuk kelas online : edmodo Program untuk buat video youtube : vlog Program untuk menyimpan file ukuran besar : google drive Key word untuk soal2 PTK dan R & D PTK : 75% siswa dlm kelas dibawah KKM, tidak dapat digeneralisasi ke kelas lain Langkah pertamaPTK : analisis masalah Langkah PTK Analisis masalah-perencanaan-tindakan-observasi-refleksi Ciri judul PTK : Usaha,upaya, meningkatkan, metode, media, materi/mapel R & D : Research and Development (ciri judul R and D ...pengembangan) R & D : media,IT, android, game edukasi,aplikasi, bahan ajar/produk Langkah R & D Analisa kebutuhan--validasi produk--revisi produk--deseminasi produk Vallidasi produk aplikasi berbasis android/smartphone : uji kelayakan produk bersama ahli pengembangan aplikasi Hasil browsing jurnal penelitian-literatur review-membandingkan,mengkritisi Manfaat literatur review : memperkuat postioning penelitian di tengah2 penelitian yg relevan