Senin, 13 Januari 2020

7 Strategi Digital Marketing untuk Kelancaran Promosi Bisnis Anda.

7 Strategi Digital Marketing untuk Kelancaran Promosi Bisnis Anda.

.
Agar Digital Marketing yang dilakukan bisa berhasil, maka Anda harus memiliki strategi yang jitu atau cocok.

Nah berikut ini beberapa strategi pemasaran digital yang bisa dipilih, untuk kelancaran promosi Anda.

.
1. GOOGLE BISNISKU

Google Bisnisku merupakan fitur yang digunakan pemilik usaha, untuk mempermudah calon pelanggan dalam mencari informasi usaha.

Menggunakan akun Google Bisnisku, Anda akan mendapat banyak keuntungan diantaranya usaha akan terdaftar di Google Maps.

Sehingga calon pelanggan dapat dengan mudah menemukan lokasi usaha Anda.

Selain itu, juga bisa dijadikan media komunikasi dengan calon pelanggan.

.
2. EMAIL MARKETING

Apa itu Email Marketing? Merupakan salah satu strategi Digital Marketing, yang digunakan untuk mengirim pesan komersial lewat email seperti promosi dan newsletter.

Strategi ini sudah dijalankan sejak tahun 1978, dan merupakan media marketing yang paling efektif.

Pada tahun 2017, ada sekitar 205 milyar Email Marketing yang terkirim, dan beberapa diantaranya merupakan email bisnis.

Meskipun dianggap sebagai spam yang bisa mengganggu konsumen, nyatanya Email Marketing dapat meningkatkan jumlah konsumen 40 kali lebih banyak dibanding Twitter dan Facebook.

Hal ini disebabkan strategi ini bisa menjangkau calon pelanggan secara personal melalui kotak masuk email.

Selain itu Email Marketing juga bisa meningkatkan selera konsumen dalam berbelanja online, apalagi buat mereka yang berlangganan layanan ini sudah pasti akan sering mendapat banyak penawaran seperti kupon diskon.

.
3. AFFILIATE MARKETING

Affiliate Marketing merupakan sebuah program yang sudah populer di dunia pemasaran, banyak perusahaan luar atau dalam negeri yang sudah menerapkan program ini dengan komisi yang bervariasi.

Cukup dengan mengajak pelanggan setia, untuk melakukan promosi usaha Anda melalui media sosial yang dimiliki.

Seperti WABulkSender, Software milik saya yang telah mengajak sekitar 1400 orang untuk melakukan promosi produk ini.

.
4. PAY PER CLICK

Strategi pemasaran digital Pay Per Click (PPC) memiliki sistem jamak, dan biasanya hanya dilakukan oleh perusahaan-perusahaan besar seperti Instagram, Facebook, dan Google.

Model iklan ini cocok diterapkan saat ini, mengingat banyaknya pengguna internet di Indonesia.

Selain itu juga lebih praktis, efisien, dan ekonomis. Iklan PPC juga memiliki banyak pilihan, seperti InstagramAds, GoogleAds, dan Facebook Ads.

Untuk pembayarannya, cukup membayar jumlah iklan yang diklik oleh calon pelanggan.

.
5. SOCIAL MEDIA MARKETING

Merupakan cara mempromosikan produk/jasa melalui social media, dengan menggunakan strategi tertentu.

Artinya Anda tidak boleh asal membuat akun social media bisnis, tanpa melakukan strategi yang tepat.

Sebaiknya lakukan riset terlebih dulu, untuk menentukan jenis social media mana yang tepat.

Selain itu juga harus membuat tujuan yang jelas, untuk menilai sejauh mana keberhasilan Social Media Marketing tersebut.

.
6. CONTENT MARKETING

Content Marketing merupakan salah satu strategi pemasaran, dengan membuat, merencanakan, dan mendistribusikan konten yang bisa meningkatkan minat pelanggan.

Namun untuk membuat konten tidak boleh sembarangan, harus mengandung 3 syarat yaitu penting, konsisten, dan relevan.

Misalnya saat Anda membuka bisnis kuliner, maka konten yang dibuat tak boleh melenceng jauh dari usaha tersebut.

Selain itu, Anda juga harus memperhatikan penting tidaknya konten tersebut untuk calon pelanggan.

.
7. SEO (SEARCH ENGINE OPTIMIZATION)

Merupakan cara untuk pengoptimasian sebuah website supaya mudah dicari di mesin pencarian seperti Google, dan hasil pencarian tersebut bisa dijadikan sebagai sumber trafik website.

Ada 2 teknik SEO yang bisa Anda coba, seperti SEO On Page dan SEO Off Page yang memiliki cara berbeda-beda.

Untuk SEO On Page biasanya pengoptimasian dilakukan pada judul, URL, konten, heading, dan gambar.

Sedangkan pengoptimasian secara Off Page, dilakukan dengan interlinking, backlink, dan authority.

.

Tentunya Anda tak boleh ragu lagi menggunakan pemasaran secara digital ini, karena tak ada batasan kelas bisnis serta biaya yang dikeluarkan juga sangat murah.

Semoga bermanfaat 🙂, dan silahkan dishare

Tidak ada komentar: