Selasa, 21 Desember 2021

PERANGKAT PEMBELAJARAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) TEMA 3 ST 1 KELAS 4

Mata Pelajaran : TEMA 3 SUB TEMA 1 Satuan Pendidikan : MI Kelas/Semester : IV/1 Nama Guru : Muhamad Muhlasin, S.Pd.I NIP/NIK : - Madrasah : MI Ma’arif Aditirta KURIKULUM 2013 (K13) MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN TAHUN PELAJARAN :2020/2021 RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN JARAK JAUH JENIS LURING KURIKULUM 2013 Satuan Pendidikan : MI MA’ARIF ADITIRTA Kelas / Semester : 4 /1 Tema : Peduli Terhadap Makhluk Hidup (Tema 3) Sub Tema : Hewan dan Tumbuhan di Lingkungan Rumahku (1) Muatan Terpadu : Bahasa Indonesia (3.3, 4.3), IPS (3.1, 4.1), IPA (3.8, 4.8) Pembelajaran ke : 1 Alokasi waktu : (5x35 menit) / 1 hari A. TUJUAN 1. Dengan mengamati gambar, siswa mampu membuat pertanyaan tertulis menggunakan kosa kata baku dan kalimat efektif untuk persiapan wawancara dengan benar. 2. Dengan diskusi pemecahan masalah, siswa mampu melakukan identifikasi masalah keseimbangan lingkungan dengan tepat. 3. Dengan mengamati gambar, siswa mampu mengidentifikasi dan menyajikan hasilnya tentang karakteristik dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai serta pemanfatan sumber daya alamnya bagi kesejahteraan masyarakat dengan tepat. B. KEGIATAN PEMBELAJARAN Kegiatan Deskripsi Kegiatan Alokasi Waktu Kegiatan Pendahuluan 1. Siswa belajar dimulai dengan berdo’a. (Religius dan Integritas) 2. Siswa mengisi buku pantau harian dengan kegiatan beribadah dan membantu pekerjaan orangtua. (Karakter dan Life Skills). 3. Siswa menulis kegiatan kesukaan hari ini yang akan dilakukan. 4. Siswa melihat siaran TV atau mendengarkan siaran radio sesuai jadwal yang telah diberikan guru. (Variasi Aktivitas) 15 menit Kegiatan Inti A. Alat dan Bahan 1. Peraga digital SCI Media 2. Panduan Buku Siswa dan Guru 3. Buku kendali Harian Aktivitas siswa 4. Siaran TV 5. Lingkungan sekitar B. Membaca 1. Siswa memilih satu jenis tanaman yang sering mereka konsumsi dalam keseharian dan membuat pertanyaan sebanyak mungkin tentang tumbuhan pilihan mereka. (Mandiri) 2. Siswa menuliskan daftar pertanyaan di buku tulis. C. Berdiskusi 1. Siswa menuliskan tiga tahap pertumbuhan padi, pada diagram yang tersedia kemudian mendiskusikan orangtua tentang satu tahapan dari padi yang paling penting untuk dijaga keberadaannya. D. Mengamati 1. Siswa mengamati gambar tiga kondisi geografis yang ada di buku, yaitu: dataran tinggi, dataran rendah, dan pantai, kemudian membuat pertanyaan tentang ketiga bentang alam tersebut. E. Berlatih 1. Siswa membaca informasi tentang karakteristik tiga bentang alam Indonesia, yaitu: pantai, dataran rendah, dan dataran tinggi. 2. Siswa mengisi tabel tentang karakteristik bentang alam tersebut berdasarkan informasi yang ada dalam bacaan. 155 menit Kegiatan Penutup 1. Siswa melaporkan semua latihan dan dokumentasi kegiatan hari ini di buku siswa masing-masing. 2. Siswa kerja sama dengan orangtua untuk menyelesaikan tugas rumah. 3. Belajar menyanyikan salah satu lagu daerah untuk menumbuhkan nasionalisme, persatuan, dan toleransi. 4. Siswa mengakhiri kegiatan belajar dengan doa. (Religius) 10 menit C. PENILAIAN 1. Pengamatan Sikap : (Pengamatan dan rekaman sikap berupa buku panduan kegiatan harian siswa) 2. Penilaian Pengetahuan : (Tes tulis, lembar pencapai hasil belajar) 3. Penilaian Keterampilan : (Hasil kerja harian dibuku siswa, unjuk kerja, produk karya) Mengetahui, Kepala Madrasah H. Darlin, S.Pd.I NIP. 196602021989031003 Aditirto,................................................2020 Guru Kelas IV Muhamad Muhlasin, S.Pd.I NIP. -

Tidak ada komentar: