Selasa, 21 Oktober 2025

PROGRAM PKB GURU MI MA'ARIF ADITIRTA T.A : 2025/2026 — Laporan Pengembangan Diri. PKKM Online Mimato 2025

Program PKB Guru — Laporan Pengembangan Diri

Laporan pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) guru — MI Ma'arif Aditirta

Periode: Januari — Desember 2025 Lokasi: MI Ma'arif Aditirta, Pejagoan, Kebumen

A. Pengantar

Guru sebagai tenaga pendidik profesional tidak hanya puas dengan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki. Pengembangan keprofesian berkelanjutan (PKB) merupakan kewajiban untuk meningkatkan mutu layanan kepada peserta didik. Berdasarkan Permeneg PAN dan RB No. 16 Tahun 2009, PKB dilakukan melalui tiga komponen: (1) pelaksanaan pengembangan diri, (2) publikasi ilmiah, dan (3) penciptaan karya inovatif. Kegiatan pengembangan diri dapat berupa diklat fungsional dan kegiatan kolektif guru, serta bernilai angka kredit untuk kebutuhan kenaikan pangkat.

B. Tujuan

  • Mendapatkan pengetahuan dan keterampilan untuk memberikan pelayanan lebih baik kepada peserta didik.
  • Mengumpulkan angka kredit yang disyaratkan untuk kenaikan pangkat/jabatan.

BAB II — Pelaksanaan Pengembangan Diri

Dalam kurun waktu Januari 2025 sampai Desember 2025, penulis telah mengikuti 4 (empat) kegiatan pengembangan diri dengan rincian sebagai berikut:

Pengembangan Diri I: Pelatihan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum Merdeka

Waktu Pelaksanaan

09 — 14 Juni 2025 — MI Ma'arif Aditirta, Kecamatan Pejagoan, Kabupaten Kebumen.

Jenis Kegiatan

Pelatihan Guru Sasaran Implementasi Kurikulum Merdeka (Kurikulum 2013) bagi guru mata pelajaran Bahasa Indonesia jenjang MI.

Tujuan
  • Memahami rasional dan elemen perubahan Kurikulum Merdeka.
  • Memahami SKL, KI, dan KD serta strategi implementasi Kurikulum Merdeka.
  • Mendeskripsikan konsep pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
  • Mendeskripsikan konsep penilaian autentik pada proses dan hasil belajar.

Uraian Materi (Ringkasan)

  1. Rasional Pengembangan Kurikulum Merdeka
    Pengembangan kurikulum diperlukan untuk merespon tantangan internal (pemenuhan 8 Standar Nasional Pendidikan, dinamika demografi) dan tantangan eksternal (globalisasi, kemajuan teknologi, fenomena sosial negatif).
  2. Memahami SKL, KI, KD
    Penjelasan tentang Standar Kompetensi Lulusan (SKL), Kompetensi Inti (KI), dan Kompetensi Dasar (KD) serta rumusan dan struktur kurikulum jenjang menengah sesuai Peraturan Pemerintah.
  3. Pendekatan Saintifik
    Esensi pendekatan saintifik: proses pembelajaran menyerupai metode ilmiah (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, mengkomunikasikan).
  4. Penilaian Autentik
    Penilaian komprehensif yang menilai input, proses, dan output; relevan dengan pendekatan saintifik; meliputi penilaian kinerja, portofolio, proyek, dan produk.

Manfaat

  • Memahami rasional dan elemen perubahan Kurikulum Merdeka.
  • Memahami SKL, KI, dan KD serta strategi implementasinya.
  • Mendeskripsikan pendekatan saintifik dalam pembelajaran Bahasa Indonesia.
  • Mendeskripsikan konsep penilaian autentik pada proses dan hasil belajar.

Tindak Lanjut

Penulis diharapkan dapat menjelaskan dan membantu rekan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka, termasuk: rasional, empat elemen perubahan (SKL, SI, Standar Proses, Standar Penilaian), keterkaitan SKL-KI-KD, dan konsep pendekatan saintifik.

Dampak

  • Peningkatan kesadaran pentingnya kurikulum bagi peningkatan mutu pendidikan.
  • Mampu membantu pencapaian implementasi Kurikulum 2013 kepada rekan sejawat.

Pengembangan Diri II: Pelatihan Pengembangan Model Pembelajaran

(Ringkasan dan detail kegiatan Pengembangan Diri II sampai IV dapat dilengkapi sesuai data sertifikat dan materi diklat yang tersedia.)

Karakteristik Penilaian pada Kurikulum Merdeka (Ringkasan)

  1. Belajar Tuntas: Peserta didik menyelesaikan tugas setelah mencapai ketuntasan; waktu belajar bersifat variatif.
  2. Otentik: Penilaian merefleksikan masalah dunia nyata dan menilai kompetensi secara holistik.
  3. Berkesinambungan: Penilaian dilakukan terus menerus untuk memantau perkembangan peserta didik.
  4. Berdasarkan Acuan Kriteria: Pembandingan berdasarkan kriteria yang ditetapkan, bukan antar kelompok.
  5. Teknik Penilaian Variatif: Tertulis, lisan, produk, portofolio, unjuk kerja, proyek, pengamatan, penilaian diri.

Penutup

Pengembangan diri ini sangat baik dan perlu dilaksanakan secara berkelanjutan. Setelah mengikuti workshop/diklat, terdapat tambahan ilmu yang signifikan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Kami berharap penyelenggaraan diklat dapat terus dilakukan oleh Pemerintah/LPMP/Dinas Pendidikan/MGMP agar guru dapat mengembangkan dirinya secara maksimal.

Aditirta, 14 Juli 2025
H. Darlin, S.Pd.I.
NIP. 196602021989031003

Lampiran

  • Fotokopi surat keterangan / sertifikat
  • Surat tugas dan/atau persetujuan Kepala Sekolah
  • Materi diklat
Dokumen ini disusun untuk keperluan pelaporan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guru — MI Ma'arif Aditirta. Silakan hubungi pihak sekolah untuk verifikasi data dan lampiran asli.

Guru se-KKM Ayam Jago Saka Gelar KKG Perdana di MI Ma’arif Widoro

Guru se-KKM Ayam Jago Saka Gelar KKG Perdana di MI Ma'arif Widoro

Guru se-KKM Ayam Jago Saka Gelar KKG Perdana di MI Ma'arif Widoro

Widoro, 17 Oktober 2025 — Laporan kegiatan & hasil pembagian tugas pembuatan soal ASAT 1 Tahun 2025

Para guru madrasah dari KKM Ayam Jago Saka tampak antusias mengikuti kegiatan Kelompok Kerja Guru (KKG) perdana yang digelar di MI Ma’arif Widoro. Kegiatan ini menjadi momentum penting dalam mempererat silaturahmi dan meningkatkan profesionalisme guru madrasah di lingkungan KKM Ayam Jago Saka.

Rangkaian Acara

Acara dibuka secara resmi dengan rangkaian berikut:

  • Al-Fatihah
  • Menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan Mars Madrasah
  • Sambutan Kepala MI Ma’arif Widoro (tuan rumah)
  • Sambutan Ketua KKM Ayam Jago Saka
  • Acara Inti Rapat Pembagian Pembuatan Soal ASAT dan Lomba Guru

Dalam sambutan disampaikan pentingnya sinergi antar guru untuk membangun madrasah yang lebih maju, kreatif, dan berdaya saing. Selain itu diinformasikan rencana lomba guru dan pelaksanaan tes siswa pada semester 1 (ASAT).

Agenda Utama KKG

  1. Pembahasan Lomba Guru MI Tahun 2025
    Pembahasan meliputi perencanaan kegiatan, pembagian tanggung jawab, dan pemantapan persiapan agar perwakilan KKM tampil optimal dan berprestasi.
  2. Pembagian Tugas Pembuatan Soal ASAT 1 Tahun 2025
    Pembagian tugas sesuai bidang studi untuk menyusun soal berkualitas, berstandar kurikulum, dan mengukur kompetensi siswa secara proporsional.

Hasil Pembagian Soal — Kelompok PAI & OR

Mapel PAI: Akidah-akhlak, Fikih, Qur’an Hadis, SKI.

Kelas Jenis Soal & Jumlah Total
Kelas 1-2 PG: 10
PGC: 5
BS (Benar-Salah): 10
Menjodohkan: 5
30
Kelas 3 PG: 10
PGC: 5
BS: 10
Menjodohkan: 5
Jawab Singkat: 5
35
Kelas 4, 5 & 6 PG: 25
PGC: 5
BS: 5
Menjodohkan: 5
Jawab Singkat: 5
Uraian: 5
50
Catatan: Struktur soal di atas menjadi acuan penyusunan oleh guru PAI sesuai pembagian yang telah disepakati.

Daftar MI dan Guru PAI

  1. Sadang Wetan : AA, QH
  2. Jojogan : FQ, QH
  3. Kalisono : SKI
  4. Widoro : FQ
  5. Al Mujtaba : FQ, QH, SKI
  6. Peniron : AA, FQ, QH
  7. Jemur : AA, QH
  8. Logede : QH, FQ
  9. Kedawung : FQ, AA
  10. Aditirto : AA, SKI, QH
  11. Kampung Santri : AA

Rapat Lomba Guru — Klompok Tengah (Perwakilan)

Setelah pembahasan ASAT selesai, rapat dilanjutkan mengenai lomba guru (akademik & non-akademik). Untuk KKMI Ayam Jago Saka dibagi 3 klompok: klompok etan kali, klompok tengah, dan klompok kulon kali. Berikut rincian perwakilan untuk klompok tengah:

  1. Cabang Akademik
    • Fase A: MI Kampung Santri (Zidni)
    • Fase B: MI Aditirto (Alfi)
    • Fase C: MI Logede
  2. Mikroteaching
    Bapak: Pak Lasin (Aditirto) — Ibu: (diisi kemudian)
  3. Bercerita
    Bapak: MI Logede (Muhtar) — Ibu: MI Plumbon (Siti Sangadah)
  4. Tahfidz
    Bapak: (diisi) — Ibu: Kampung Santri (Siti Rohmah)
  5. Solosong
    Bapak: MI Kedawung (Wakhidun) — Ibu: MI Logede (Yuni)
  6. Macapat
    Bapak: (diisi) — Ibu: MI Kedawung (Ela)
  7. Baris-Berbaris
    Bapak: Semua guru olahraga (putra) + atlet voli — Ibu: Logede1, Widoro2, Plumbon3, Kampung Santri1, Kedawung2, Aditirto1 (total 10)
  8. Tenis Meja
    Bapak: Pak Aziz Rizal, Imam, Abu Hamid — Ibu: Bu Sofi, Fatul, (diisi)
  9. Bulu Tangkis Ganda Putra & Putri
    Putra: Pak Aziz Rizal + Abu Hamid — Putri: Bu Herlina (Mimato), Bu Tika (Mimawung)
  10. Foto KKG Perdana
  11. Volly
    Putra: Semua bapak dari 6 madrasah — Putri: Logede2, Aditirto, Widoro (Bu Siti), Kedawung (Bu Oki), ...
  12. Catur
    Putra: Pak Mahfud (MI Widoro) — Putri: MI Kedawung (diisi)

Pelaksanaan lomba direncanakan pada: Sabtu, 15 November 2025 — Tempat: MI Peniron. Bila ada tambahan atau koreksi, mohon segera diinformasikan.

Menutup kegiatan, seluruh peserta berfoto bersama sebagai simbol kebersamaan dan semangat berjuang bersama untuk kemajuan KKM Ayam Jago Saka. Dengan terlaksananya KKG perdana ini, diharapkan semangat kolaborasi guru semakin kuat dan terus berlanjut pada kegiatan-kegiatan berikutnya.Media Informasi MI Ma'arif Aditirta C.P 081233556007 #mimato2025 #kkgmiayamjagosaka #blajarcoding #ayoskolahmimato

Minggu, 19 Oktober 2025

Sistematika Pembuatan Soal - Asesmen Sumatif Akhir Semester (MI) oleh Muhamad Muhlasin, S.Pd.I

Sistematika Pembuatan Soal - Asesmen Sumatif Akhir Semester (MI)

Sistematika Pembuatan Soal MI

Isi teks atau tabel soal di sini...

Sistematika Pembuatan Soal

Asesmen Sumatif Akhir Semester — Madrasah Ibtidaiyah (MI)

A. Identitas Soal

Nama Madrasah:...................................................
Mata Pelajaran:...................................................
Kelas / Semester:...................................................
Tahun Pelajaran:...................................................
Jenis Penilaian:Asesmen Sumatif Akhir Semester
Alokasi Waktu:...................................................
Jumlah Soal:...................................................

B. Landasan Penyusunan

  1. Kurikulum: Kurikulum Merdeka (mengacu pada KMA No. 240 Tahun 2024).
  2. Sumber Rujukan: Buku teks Kemenag, buku guru, buku siswa, serta bahan ajar resmi.
  3. Capaian dan Tujuan Pembelajaran: Dijadikan dasar penyusunan indikator soal.

C. Langkah-Langkah Penyusunan Soal

  1. Menyusun kisi-kisi: materi pokok, indikator, bentuk soal, dan level kognitif (mengetahui, memahami, menerapkan, menalar).
  2. Menulis soal sesuai indikator dan level kognitif.
  3. Menyusun kunci jawaban dan rubrik penilaian (untuk uraian).
  4. Mengedit soal dari segi bahasa, kejelasan, dan kesesuaian indikator.
  5. Melakukan uji coba terbatas dan revisi jika diperlukan.

D. Bentuk-Bentuk Soal

1. Soal Pilihan Ganda (PG)

Cocok untuk kelas I–VI. Gunakan satu jawaban benar dan 2 pengecoh logis untuk kelas I-III dan satu jawaban benar dan 3 pengecoh logis untuk kelas IV-VI.

Contoh:
Jumlah ayat dalam Surah Al-Fil adalah ....
a. 5    b. 6    c. 7    d. 8
Jumlah ayat dalam Surah Al-Fil adalah ....
a. 5    b. 6    c. 8

2. Soal Pilihan Ganda Kompleks

Terdiri dari beberapa pernyataan, cocok untuk kelas III–VI.

Contoh:
Perilaku yang menunjukkan rasa syukur kepada Allah adalah ....
(1) Membaca Al-Qur’an   (2) Menyombongkan diri   (3) Bersedekah   (4) Malas beribadah
a. (1) dan (3)   b. (2) dan (4)   c. (1), (2), dan (3)   d. Semua benar

3. Soal Benar–Salah

Cocok untuk kelas I–III dan hafalan pada kelas atas.

Contoh:
Surah Al-Kafirun berisi ajakan untuk menyembah berhala. ( B / S )

4. Soal Menjodohkan

Gunakan dua kolom (A dan B) dengan jumlah pasangan seimbang.

Contoh:
A: a. الْفِيلِ   b. الْكَافِرُونَ
B: (1) Orang kafir   (2) Gajah

5. Soal Jawaban Singkat (Isian)

Jawaban berupa kata atau frasa singkat.

Contoh:
Surah Al-Lahab menceritakan tentang tokoh bernama ___________.

6. Soal Uraian

Cocok untuk kelas IV–VI dengan rubrik penilaian yang jelas.

Contoh:
Jelaskan isi kandungan Surah Al-Humazah dan berikan contoh perilaku yang dilarang di dalamnya!

E. Kunci Jawaban dan Pedoman Penskoran

  • Pilihan ganda & benar–salah: 1 = benar, 0 = salah.
  • Menjodohkan: 1 poin per pasangan benar.
  • Isian singkat: skor penuh jika jawaban tepat.
  • Uraian: gunakan rubrik 0–4 (kebenaran isi, kedalaman, bahasa, relevansi contoh).

F. Penyuntingan dan Uji Coba

  1. Periksa kesesuaian indikator dengan soal.
  2. Hilangkan ambiguitas atau jebakan yang tidak perlu.
  3. Lakukan uji coba (10–20 siswa) bila memungkinkan.

G. Penyusunan Paket Soal Akhir

  1. Bagian depan: identitas dan petunjuk pengerjaan.
  2. Susun soal berdasarkan bentuk: 10 PG, 5 PG kompleks, 5 Benar–Salah, 5 Menjodohkan, 5 Isian, 2 Uraian.
  3. Letakkan kunci dan rubrik di bagian akhir (khusus guru).

Penyusun: Guru/Penyusun Soal  |  Tanggal: ...................................

#mimato2025 #blajarcoding #ayoskolahmimato contact me Muhamad Muhlasin 083863968636

Sabtu, 18 Oktober 2025

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

Tanggal: Oktober 18, 2025

Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026

1. Analisis Butir Soal

  • Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah".
  • Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah.
  • Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari.

Analisis Butir Soal (Rincian)

No Soal Indikator Kompetensi Level Kognitif Kunci Jawaban Singkat Potensi Kesulitan Siswa
1 Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat thayyibah basmalah Pengetahuan Basmalah Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah
2 Lafadz basmalah adalah...? Menghafal lafadz basmalah Pengetahuan Bismillahirrahmanirrahim Kesulitan pelafalan lafadz arab
3 Arti lafadz basmalah adalah...? Memahami arti lafadz basmalah Pemahaman Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat
4 Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Pemahaman Maha Pengasih Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya
5 Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Pemahaman Maha Penyayang Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim
6 Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat hamdalah Pengetahuan Hamdalah Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan
7 Lafadz hamdalah adalah...? Menghafal lafadz hamdalah Pengetahuan Alhamdulillahirabbilalamin Kesulitan pelafalan lafadz arab
8 Arti lafadz hamdalah adalah...? Memahami arti lafadz hamdalah Pemahaman Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam Sulit memahami arti keseluruhan kalimat
9 Contoh sikap anak yang santun adalah...? Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Mengucap salam saat bertemu teman Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata
10 Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Hamdalah Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah

Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran.

2. REMIDIAL

Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya:

Soal Remedial

  1. Kalimat hamdalah berbunyi...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilalamin
    • c. Subhanallah
  2. Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah
    • b. Terima kasih kepada teman
    • c. Selamat pagi
  3. Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat...
    • a. Setelah mendapatkan nikmat
    • b. Sebelum tidur
    • c. Saat bermain
  4. Kalimat hamdalah menunjukkan sikap...
    • a. Bersyukur
    • b. Sedih
    • c. Marah
  5. Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada...
    • a. Teman
    • b. Allah SWT
    • c. Guru
  6. Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz...
    • a. Alhamdu
    • b. Allahu
    • c. Basmalah
  7. Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan...
    • a. Alhamdulillah
    • b. Bismillah
    • c. Astaghfirullah
  8. Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti...
    • a. Permulaan
    • b. Pujian
    • c. Perintah
  9. Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah...
    • a. Tuhan seluruh alam
    • b. Tuhan yang mengampuni
    • c. Tuhan yang maha besar
  10. Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi...
    • a. Bersyukur dan tenang
    • b. Sedih dan marah
    • c. Tidak peduli

Kunci Jawaban Soal Remedial: 1. b 2. a 3. a 4. a 5. b 6. a 7. a 8. b 9. a 10. a

3. Soal Pengayaan

  1. Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah...
    • a. Hamdalah
    • b. Basmalah
    • c. Takbir
  2. Lafadz basmalah adalah...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilamin
    • c. Allahuakbar
  3. Arti lafadz basmalah adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
    • b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
    • c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
  4. Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...
    • a. Maha Pengasih
    • b. Maha Penyayang
    • c. Maha Besar
  5. Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...
    • a. Maha Pengasih
    • b. Maha Penyayang
    • c. Maha Besar
  6. Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...
    • a. Basmalah
    • b. Hamdalah
    • c. Takbir
  7. Lafadz hamdalah adalah...
    • a. Bismillahirrahmanirrahim
    • b. Alhamdulillahirabbilalamin
    • c. Allahuakbar
  8. Arti dari lafadz hamdalah adalah...
    • a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam
    • b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
    • c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang
  9. Contoh sikap anak yang santun adalah...
    • a. Diam saja saat bertemu teman
    • b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru
    • c. Mengucap salam saat bertemu teman
  10. Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...
    • a. Basmalah
    • b. Hamdalah
    • c. Takbir

Kunci Jawaban Soal Pengayaan: 1. b 2. a 3. b 4. a 5. b 6. b 7. b 8. a 9. c 10. b

NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN MI MA'ARIF ADITIRTA

Tahun Ajaran : 2025/2026   Kelas : 1

No Nama Siswa Nilai Awal Nilai Remedial Nilai Pengayaan Nilai Akhir Keterangan
1AFIDA QONITA70807580Tuntas
2AGUS JULIANTO80757880Tuntas
3AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH75757575Tuntas
4AKMAL MA'RUF80808080Tuntas
5ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT85808385Tuntas
6ALINA NUR AZIZAH70807580Tuntas
7ALIYA IZZATUN NISWA70807580Tuntas
8ANNISA HABIBAH ASIDQYAH75807880Tuntas
9ARYA DWI SATYA70807580Tuntas
10ELVINA KALYA SHALITTA80757880Tuntas
11ERSYA KALILA SAKHI75757575Tuntas
12FAIZAHTURRAHMAH85808385Tuntas
13FAUZI ALFARIZKI70807580Tuntas
14FIRDHA HASYA SEPTIANI70807580Tuntas
15HANA AYRA ALFATUNISSA80757880Tuntas
16KAMILAH DWI ASTUTI75757575Tuntas
17MARETTA KHANZA ZAYNA75757575Tuntas
18MELATI MELIANA FATMAWATI70807580Tuntas
19MUFAZZAL SYAZANI85808385Tuntas
20MUHAMMAD AL FATIH85808385Tuntas
21MUHAMMAD FATAN BAIHAQI80757880Tuntas
22SAYDATUL KHOIRIYAH85808385Tuntas
23UMI KULSUM80757880Tuntas

Mengetahui,

Aditirto, 29 Juli 2025

Kepala MI Ma'arif Aditirta
DARLIN, S.Pd.I

MENYUSUN REKOMENDASI TINDAK LANJUT SUPERVISI. ANALISIS BUTIR SOAL, REMIDIAL DAN PENGAYAAN. MI MA'ARIF ADITIRTA 2025

Berikut adalah analisis butir soal untuk 4 soal uraian materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 MI Ma’arif Aditirta T.A : 2025/2026 1. Analisis Butir Soal • Soal terdiri dari 4 soal uraian terkait pengertian kalimat thayyibah, waktu penggunaan kalimat basmalah dan hamdalah, serta makna lafadz "Alhamdulillah". • Soal valid dan sesuai indikator kompetensi dasar seperti memahami makna lafadz, sikap bersyukur, dan pengucapan kalimat hamdalah. • Soal mudah hingga sedang, dirancang untuk mengukur pengetahuan dasar dan penerapan sikap dalam kehidupan sehari-hari. 2. Rencana Remedial • Fokus pada siswa belum memahami makna dan waktu pengucapan kalimat hamdalah. • Metode: cerita pendek dan diskusi sederhana tentang arti "Alhamdulillah" dan kapan mengucapkannya (misal: setelah mendapat nikmat, selesai belajar). • Latihan mengulang bacaan lafadz hamdalah secara bersama. • Pemberian contoh situasi riil agar siswa bisa mengasosiasikan ucapan dan sikap syukur tersebut. 3. Rencana Pengayaan • Siswa yang sudah mahir bisa diajak menyusun kalimat pendek menggunakan lafadz hamdalah dalam konteks berbeda. • Mengajarkan doa singkat yang diawali atau diakhiri dengan hamdalah. • Menggunakan media audio/video pembelajaran lagu kalimat thayyibah untuk mendukung hafalan. • Memberikan tugas membuat gambar atau poster tentang situasi yang tepat mengucapkan "Alhamdulillah". 1. Analisis Butir Soal Kalimat Hamdalah Analisis Butir Soal No Soal Indikator Kompetensi Level Kognitif Kunci Jawaban Singkat Potensi Kesulitan Siswa 1 Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat thayyibah basmalah Pengetahuan Basmalah Kesulitan membedakan kalimat basmalah dan hamdalah 2 Lafadz basmalah adalah...? Menghafal lafadz basmalah Pengetahuan Bismillahirrahmanirrahim Kesulitan pelafalan lafadz arab 3 Arti lafadz basmalah adalah...? Memahami arti lafadz basmalah Pemahaman Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang Kesulitan memahami makna kata-kata dalam kalimat 4 Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahman Pemahaman Maha Pengasih Sulit mengenal nama-nama Allah dengan artinya 5 Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah...? Memahami makna asmaul husna Ar-Rahiim Pemahaman Maha Penyayang Sulit membedakan makna Ar-Rahman dan Ar-Rahiim 6 Setelah mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah...? Mengenal kalimat hamdalah Pengetahuan Hamdalah Sulit membedakan antara awal dan akhir bacaan 7 Lafadz hamdalah adalah...? Menghafal lafadz hamdalah Pengetahuan Alhamdulillahirabbilalamin Kesulitan pelafalan lafadz arab 8 Arti lafadz hamdalah adalah...? Memahami arti lafadz hamdalah Pemahaman Segala puji bagi Allah Tuhan seluruh alam Sulit memahami arti keseluruhan kalimat 9 Contoh sikap anak yang santun adalah...? Menunjukkan sikap santun dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Mengucap salam saat bertemu teman Sulit mengaitkan konsep santun dengan contoh nyata 10 Saat mendapatkan nikmat, kita membaca...? Penerapan kalimat hamdalah dalam kehidupan sehari-hari Aplikasi Hamdalah Sulit mengingat kapan harus membaca hamdalah ________________________________________ Analisis ini membantu guru memastikan bahwa soal mencakup aspek pengetahuan, pemahaman, dan aplikasi sesuai tujuan pembelajaran. Potensi kesulitan memberikan gambaran area yang perlu diperkuat dalam pembelajaran. ________________________________________ 2. REMIDIAL Berikut adalah soal remedial dan pengayaan materi Kalimat Hamdalah kelas 1 semester 1 lengkap dengan jawabannya: ________________________________________ Soal Remedial dan Jawaban Soal Remedial Kalimat Hamdalah 1. Kalimat hamdalah berbunyi... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilalamin c. Subhanallah 2. Arti kalimat "Alhamdulillah" adalah... a. Segala puji bagi Allah b. Terima kasih kepada teman c. Selamat pagi 3. Kalimat hamdalah biasanya diucapkan pada saat... a. Setelah mendapatkan nikmat b. Sebelum tidur c. Saat bermain 4. Kalimat hamdalah menunjukkan sikap... a. Bersyukur b. Sedih c. Marah 5. Ucapan "Alhamdulillah" adalah bentuk pujian kepada... a. Teman b. Allah SWT c. Guru 6. Kalimat hamdalah diawali dengan lafadz... a. Alhamdu b. Allahu c. Basmalah 7. Setelah selesai makan, kita dianjurkan mengucapkan... a. Alhamdulillah b. Bismillah c. Astaghfirullah 8. Kalimat hamdalah termasuk kalimat yang memiliki arti... a. Permulaan b. Pujian c. Perintah 9. Tafsir "Rabbil Alamin" dalam kalimat hamdalah adalah... a. Tuhan seluruh alam b. Tuhan yang mengampuni c. Tuhan yang maha besar 10. Mengucapkan kalimat hamdalah membantu kita menjadi... a. Bersyukur dan tenang b. Sedih dan marah c. Tidak peduli Kunci Jawaban Soal Remedial 1. b 2. a 3. a 4. a 5. b 6. a 7. a 8. b 9. a 10. a ________________________________________ 3. Soal Pengayaan Soal Pengayaan Kalimat Hamdalah 1. Sebelum memulai kegiatan, kalimat yang kita baca adalah... a. Hamdalah b. Basmalah c. Takbir 2. Lafadz basmalah adalah... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilamin c. Allahuakbar 3. Arti lafadz basmalah adalah... a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang 4. Arti Ar-Rahman dalam lafadz basmalah adalah... a. Maha Pengasih b. Maha Penyayang c. Maha Besar 5. Arti Ar-Rahiim dalam lafadz basmalah adalah... a. Maha Pengasih b. Maha Penyayang c. Maha Besar 6. Setelah selesai mengakhiri kegiatan, kalimat yang dibaca adalah... a. Basmalah b. Hamdalah c. Takbir 7. Lafadz hamdalah adalah... a. Bismillahirrahmanirrahim b. Alhamdulillahirabbilamin c. Allahuakbar 8. Arti dari lafadz hamdalah adalah... a. Segala puji bagi Allah, Tuhan seluruh alam b. Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang c. Yang Maha Pengasih, Maha Penyayang 9. Contoh sikap anak yang santun adalah... a. Diam saja saat bertemu teman b. Pura-pura tidak melihat saat bertemu guru c. Mengucap salam saat bertemu teman 10. Saat mendapatkan nikmat, kita membaca... a. Basmalah b. Hamdalah c. Takbir Kunci Jawaban Soal Pengayaan 1. b 2. a 3. b 4. a 5. b 6. b 7. b 8. a 9. c 10. b NILAI REMIDI DAN PENGAYAAN MI MA'ARIF ADITIRTA TAHUN AJARAN : 2025/2026 Kelas : 1 No Nama Siswa Nilai Awal Nilai Remedial Nilai Pengayaan Nilai Akhir Keterangan 1 AFIDA QONITA 70 80 75 Tuntas 2 AGUS JULIANTO 80 75 78 Tuntas 3 AKHMAD FATTAN KHABIBULLOH 75 75 75 Tuntas 4 AKMAL MA'RUF 80 80 80 Tuntas 5 ALHAQ ZAYDAN HIDAYAT 85 80 83 Tuntas 6 ALINA NUR AZIZAH 70 80 75 Tuntas 7 ALIYA IZZATUN NISWA 70 80 75 Tuntas 8 ANNISA HABIBAH ASIDQYAH 75 80 78 Tuntas 9 ARYA DWI SATYA 70 80 75 Tuntas 10 ELVINA KALYA SHALITTA 80 75 78 Tuntas 11 ERSYA KALILA SAKHI 75 75 75 Tuntas 12 FAIZAHTURRAHMAH 85 80 83 Tuntas 13 FAUZI ALFARIZKI 70 80 75 Tuntas 14 FIRDHA HASYA SEPTIANI 70 80 75 Tuntas 15 HANA AYRA ALFATUNISSA 80 75 78 Tuntas 16 KAMILAH DWI ASTUTI 75 75 75 Tuntas 17 MARETTA KHANZA ZAYNA 75 75 75 Tuntas 18 MELATI MELIANA FATMAWATI 70 80 75 Tuntas 19 MUFAZZAL SYAZANI 85 80 83 Tuntas 20 MUHAMMAD AL FATIH 85 80 83 Tuntas 21 MUHAMMAD FATAN BAIHAQI 80 75 78 Tuntas 22 SAYDATUL KHOIRIYAH 85 80 83 Tuntas 23 UMI KULSUM 80 75 78 Tuntas Mengetahui Aditirto, 29 Juli 2025 Kepala MI Ma'arif Aditirta Guru Mapel Akidah Akhlak H. DARLIN, S.Pd.I MUHAMAD MUHLASIN, S.Pd.I NIP. 196602021989031003 NIP.-

Senin, 22 Januari 2024

SOAL PAS 1 AKIDAH AKHLAK MI MAARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN 2023/2024

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS) TAHUN PELAJARAN 2022/2023 Mata Pelajaran : Akidah Akhlaq Kelas : I (satu) Hari, tanggal : Jum’at, 1 Desember 2023 Waktu : 09.30-11.00 WIB Nama : .................................................... No Absen : .................................... I. berilah tanda silang (x) pada huruf a, b dan c di depan jawaban yang paling tepat ! 1. syahadat rukun islam yang ke…. a. 1 b. 2 c. 3 2. syahadat artinya…. a. percaya b. jawaban c. persaksian 3. asyhadu alla ilaha illallah(u) adalah bunyi syahadat…. a. rasul b. tauhid c. syahadatain 4. kalimat tayyibah basmalah berbunyi…. a. astaghfirullahal ‘azim b. bismillahir rahmanir rahim c. alhamdulillahi rabbil ‘alamin 5. kata alhamdulillah merupakan pujian yang ditujukkan kepada …. a. allah swt b. malaikat c. manusia 6. berikut ini penggunaan kalimat basmalah yang benar adalah…. a. farid membaca basmalah sebelum belajar b. ani membaca basmalah sesudah belajar c. edo membaca basmalah sesudah makan 7. asma’ul husna artinya…. a. kalimat yang baik untuk diucapkan b. nama-nama allah yang baik c. tingkah laku yang baik 8. asma’ul husna berjumlah…. a. 97 b. 98 c. 99 9. menyembah selain allah swt disebut .… a. muslim b. syirik c. munafik 10. saat mandi hendaknya memakai air …. a. bersih b. panas c. kotor 11. jika kita sedang melihat teman berkelahi hendaknya …. a. melerainya b. membiarkannya c. memberi semangat 12. cara membersihkan tubuh adalah dengan…. a. mandi b. menyapu c. mengepel 13. masuk ke kamar mandi sebaiknya mendahulukan…. a. kedua kaki b. kaki kanan c. kaki kiri 14. ketika kecil nabi muhammad saw hidup bersama kakeknya yang bernama…. a. abdullah b. abu thalib c. abdul muthalib 15. ketika berdagang nabi muhammad saw terkenal sebagai orang yang …. a. jujur b. pemarah c. pemalu II. berilah 2 tanda silang (x) pada huruf a, b dan c di depan jawaban yang paling tepat ! 1. syahadatain terdiri dari .... a. syahadat rasul b. syahadat malaikat c. syahadat tauhid 2. nama lain kalimat tayyibah alhamdulillah ... a. hamdalah b. tahmid c. basmalah 3. berikut yang termasuk ciptaan allah swt .... a. kursi b. matahari c. bulan 4. kebersihan madrasah adalah tanggung jawab bersama. berikut contoh cara menjaganya ... a. membuang sampah pada tempatnya b. menyapu kelas c. mencorat-coret meja 5. nabi muhammad saw adalah orang yang berakhlak mulia. berikut akhlak yang seharusnya kita teladani .... a. pemarah b. jujur c. suka memberi III. ayo berikan tanggapanmu dengan memberi tanda () pada kolom benar dan salah! no pernyataan tanggapan benar salah 1 tuhan umat islam yaitu allah swt 2 sebelum memulai pekerjaan yang baik selalu membaca alhamdulillah 3 jumlah asmaul husna yang wajib diketahui ada 99 4 menjaga kebersihan anggota badan dengan cara cuci muka 5 mendahulukan kaki kiri ketika masuk kamar mandi IV. jodohkanlah soal di sebelah kiri dengan jawaban yang tepat di sebelah kanan! 1. ( ... ) contoh perbuatan menyembah allah swt 2. ( ... ) pujian yang ditujukan hanya kepada allah swt 3. ( ... ) ciptaan allah swt 4. ( ... ) menjaga kebersihan rumah 5. ( ... ) gelar nabi muhammad saw a. alhamdulillah b. merapikan tempat tidur c. salat d. al amin e. alam semesta V. jawablah pertanyaan berikut dengan jawaban yang tepat! 1. orang yang hendak memeluk agama islam harus mengucapkan kalimat .… 2. ketika kita akan mulai mengerjakan sesuatu hendaknya mengucapkan …. 3. allah swt akan menambah nikmat-nya jika kita .… 4. membuang sampah pada tempatnya merupakan contoh menjaga .… 5. nabi muhammad saw ikut berdagang pamannya pada usia ... tahun Kunci Jawaban PAS Akidah Akhlak Kelas 1 Semester 1 MI MA’ARIF ADITIRTA Tahun Pelajaran : 2023/2024 I. pilihan ganda 1. a 2. c 3. b 4. b 5. a 6. a 7. b 8. c 9. b 10. a 11. a 12. a 13. c 14. b 15. a II. pilihan ganda komplek 1. a, c 2. a, b 3. b, c 4. a, b 5. b, c III. benar salah 1. b 2. s 3. b 4. s 5. b IV. menjodohkan 1. c 2. a 3. e 4. b 5. d V. jawaban singkat 1. syahadat 2. basmalah 3. bersyukur 4. kebersihan 5. 12 *Untuk file rapi dan benar hub Admin

Sabtu, 14 Oktober 2023

AKHLAK TERCELA

KB.2 AKHLAK TERCELA A. Akhlak Madzmumah Telah dijelaskan sebelumnya bahwa Akhlak madzmumah adalah tingkah laku tercela atau perbuatan jahat yang merusak iman seseorang dan menjatuhkan martabat manusia. Sifat yang termasuk akhlak mazmumah adalah segala sifat yang bertentangan dengan akhlak mahmudah, antara lain: kufur, syirik, munafik, fasik, murtad, takabbur, riya, dengki, bohong, menghasut, kikir, bakhil, boros, dendam, khianat, tamak, fitnah, qati‘urrahim, ujub, mengadu domba, sombong, putus asa, kotor, mencemari lingkungan, dan merusak alam. Akhlak tercela dapat diartikan sebagi sikap dan perbuatan yang buruk menurut pandangan agama dan buruk menurut masyarakat pada umumnya. Penilaian suatu perbuatan harus didasarkan dua kekuatan tersebut. Jika, salah satu saja yang dijadikan ukuran, maka kemungkinan akan muncul sikap dan tingkah laku yang apologis di kalangan anak didik. Secara umum, perbuatan yang tercela dan dominan dilakukan anak-anak didik, antara lain dapat dilihat dari uraian di bawah ini: 1. Hidup Kotor. Hidup kotor dapat diartikan secara fisik dan secara rohani. Secara fisik, seseorang dikatakan kotor bila yang bersangkutan terlihat menjijikkan, bau busuk, lusuh, semraut dan sebagainya. Hal itu dapat dilihat dari pakaian yang dipakainya maupun dari badannya sendiri. Hidup kotor seperti itu dapat merugikan dirinya sendiri maupun orang lain. Rugi 3 bagi dirinya, karena besar kemungkinan ia akan sakit dan dijauhi orang lain. Rugi bagi orang lain, karena orang lain itu tidak merasa nyaman atas kehadirannya. Hidup kotor juga dapat dimaknai rohani. Kejahatan yang dilakukan dalam hidup merupakan salah satu akhlak tercela. Akhlak tercela misalnya kejahatan moral. Kejahatan moral adalah suatu peristiwa yang berkaitan dengan perilaku manusia yang dianggap tidak sesuai atau menyimpang dari norma moral yang berlaku, baik yang berakibat langsung maupun tidak langsung terhadap orang lain. Setiap kejahatan manusia mempunyai akibat yang kembali kepada dirinya, baik langsung maupun tidak langsung. . Perbuatan baik akan dibalas baik (pahala) dan perbuatan jahat akan dibalas dengan siksa. 2. Suka berbohong Selain hidup kotor, akhlak tercela juga dapat ditemukan pada sikap suka berbohong. Dalam bahasa Arab bohong disebut kidzb (كذب .(Kebalikannya jujur yang dalam bahasa Arab disebut shidq (صدق .(Orang yang berbohong disebut kâdzib (كاذب ,( sedangkan orang yang selalu atau senantiasa berbohong disebut kadzdzâb (اب .(كذّ Berbohong artinya mengatakan sesuatu yang tidak sama dengan apa yang ada dalam hatinya. Semakin banyak berbohong, semakin banyak pula konflik kejiwaan pada diri seseorang. Konflik kejiwaan salah satu penyakit yang sangat berbahaya dan bisamembinasakan. Jika suka berkata bohong, ini artinya, seseorang membunuh dirinya sendiri secara pelan-pelan. 3. Pasif Pasif dapat diartikan sebagai malas, tidak giat, tidak punya keinginan maju, baik dalam belajar maupun bekerja. Termasuk juga dalam sifat pasif ini adalah orang-orang yang tidak memiliki kepedulian terhadap dirinya sendiri, orang lain dan lingkungannya. 4. Tidak Menghargai Waktu Termasuk unsur penting dalam pendidikan nilai adalah menghargai waku. Pepatah orang Inggris mengatakan, time is money (waktu adalah uang). Menghormati waktu berarti bukan kita diam, tetapi justru kita harus bekerja untuk mengisinya. 5. Akhlak tercela berbahaya dan harus dijauhi. Di antara akhlak madzmumah yang harus dihindari adalah: 1. Berjudi. a. Larangan Judi. Firman Allah dalam Q.S al-Maidah [5]: 90-91: Artinya: “Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah adalah termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan. Sesungguhnya syaitan itu bermaksud hendak menimbulkan permusuhan dan kebencian di antara kamu lantaran (meminum) khamar dan berjudi itu, dan menghalangi kamu dari mengingat Allah dan sembahyang; Maka berhentilah kamu (dari mengerjakan pekerjaan itu).” Pada ayat tersebut kata al-maisir artinya mudah, yakni mengambil harta orang lain dengan mudah tanpa susah payah, dan secara spesifik hal ini disebut dengan berjudi. berjudi adalah suatu aktifitas yang direncanakan ataupun tidak dengan melakukan spekulasi ataupun rekayasa untuk mendapatkan kesenangan dengan menggunakan jaminan atau taruhan, sehingga yang menang akan diuntungkan dan yang kalah akan merasa dirugikan. Selain memberi hukum terhadap perbuatan judi, para ulama juga memberi ketentuan sanksi bagi penjudi atau pelaku perjudian yakni: 1) Tidak diterima persaksiannya. 2) Di had (didera) dan alat perjudiannya dihancurkan. 3) Tidak boleh diberi ucapan salam ketika bertemu dengannya. 4) Mendapat laknat dari Allah. 5) Secara Syariat boleh diusir dari rumah tinggalnya. 6) Pemain judi diibaratkan sebagai penyembah berhala karena mereka mementingkan berjudi ketimbang beribadah. 7) Penjudi dihukum menurut hukum syara‘ dan atau negara yang berlaku. 8) Hak penguasaan hartanya boleh diambil oleh pejabat yang berwenang untuk mengamankan harta dan keluarganya. b. Bahaya perjudian : 1) Masuk dalam lingkaran syaiton yang merugikan pribadi dan orang lain. 2) Merugikan ekonomi karena ketidak pastian usaha yang dilakukan. 3) Menimbulkan permusuhan dan kedengkian. Menyebabkan kelalaian terhadap melaksanakan kewajiban. 5) Menutup kepekaan rasa manusiawi. 6) Menjadikan orang malas bekerja. 7) Menjadi penyebab terjadinya perbuatan yang dilarang agama. 8) Menghancurkan kestabilan, kerukunan, dan keharmonisan keluarga. 9) Menghilangkan rasa malu dan kasih sayang. c. Hikmah Menghindari Perjudian. Orang akan dapat istiqomah menjalankan tanggung jawab yang diemban dalam kaitannya dengan Allah ataupun sesama manusia. 2) Perekonomian keluarga akan dapat distabilkan dengan berbagai usaha yang nyata- nyata halal dan menghasilkan rizqi yang barokah. 3) Melatih diri untuk sabar dan tenang dalam menghadapi berbagai tipuan dunia. 4) Mantap dan khusyu‘ dalam berdzikir dan beribadah kepada Allah. 5) Menyebabkan orang konsisten menjalankan kewajiban terhadap diri, orang lain dan Penciptanya. 6) Menjadikan orang tekun dan bersemangat untuk terus berusaha sesuai dengan kebenaran yang diyakini. 7) Meninggalkan perbuatan berjudi menjadi motivasi untuk mengamalkan agama atau berkarya bagi nusa dan bangsa. 8) Bangunan kehidupan keluarga yang menjadi tanggung jawabnya menjadi kokoh dan mandiri karena jauh dari persengketaan. 9) Memupuk perasaan malu dan kasih sayang terhadap sesama manusia. 10) Menumbuhkan kedamaian dan kebahagiaan sebab meninggalkan perbuatan judi dapat meningkatkan kepemilikan harta benda dan menjaga diri seseorang. (Roli A.Rahman, dan M. Khamzah, 2008 : 52-56). 2. Berzina. a. Pengertian Zina adalah memasukkan alat kelamin laki-laki ke dalam alat kelamin perempuan (dalam persetubuhan) yang haram menurut zat perbuatannya, bukan karena syubhat dan perempuan itu mendatangkan syahwat. b. Hukuman Berzina Secara garis besar, hukuman zina ada dua macam, yaitu : (a) Rajam, jenis hukuman mati dengan cara dilempari batu sampai terhukum meninggal dunia, (b) Dera atau taghrib. Dera yang disebut dengan jilid adalah jenis hukuman yang berupa pencambukan terhadap pelaku kejahatan, sedangkan taghrib ialah jenis hukuman yang berupa pengasingan ke suatu tempat terasing yang jauh dari jangkauan. Bentuknya yang sekarang adalah hukuman penjara. Menuduh berzina (qadzaf) adalah salah satu kejahatan yang hukumnya haram, bahkan merupakan salah satu dosa besar. Penegasan bahwa qadzaf adalah dosa besar terdapat dalam Al-Qur‘an dan sunnah Rasul. Firman Allah SWT : Artinya : “Sesungguhnya orang-orang yang menuduh wanita-wanita baik-baik, yang lengah (dari perbuatan keji) lagi beriman (berzina), mereka kena laknat di dunia dan diakhirat, dan bagi mereka adzab yang besar”(QS An-Nur: 23) Perbuatan menuduh zina, diancam dengan sangsi hukum berupa jilid (dera) sebanyak delapan puluh kali jika pelaku penuduh zina itu merdeka dan setengahnya (empat puluh kali jika pelakunya budak hamba sahaya). Hukuman menuduh berzina dapat gugur, dalam arti si penuduh dibebaskan dari hukuman qadzaf, jika terjadi tiga keadaan sebagai berikut: a) penuduh dapat mengemukakan empat orang saksi bahwa tertuduh betul-betul berzina, b) li‘an, jika tertuduh adalah istri penuduh. Jika seseorang suami menudh istrinya berzina tetapi tidak dapat mengemukakan empat orang saksi, ia dapat bebas dari had qadzaf dengan jalan meli‘ankan istrinya, c) tertuduh memaafkan. c. Hikmah diharamkannya Zina Zina merupakan sumber kejahatan dan penyebab pokok kerusakan dan termasuk dosa besar. Hikmah diharamkannya zina antara lain : 1) Memelihara dan menjaga keturunan dengan baik. Karena adanya anak dari hasil zina, umumnya tidak dikehendaki dan kurang disenangi. 2) Menjaga dari jatuhnya harga diri dan rusaknya kehormatan keluarga 3) Menjaga tertib dan teraturnya urusan rumah tangga. Biasanya seorang istri, apabila suaminya cenderung melakukan perbuatan zina timbul rasa benci dan ketidak harmonisan dalam rumah tangga. 4) Timbulnya rasa kasih sayag terhadap anak yang dilahirkan dari pernikahan yang sah. 5) Terjaganya akhlak Islamiyah yang akan mengangkat harkat dan martabat manusia dihadapan sesama dan sang Kholik (Roli A. Rahman, dan M. Khamzah, 2008 : 56-59) . 3. Mabuk-mabukan. Minuman keras adalah minuman yang memabukkan dan menghilangkan kesadaran dalam semua jenisnya. Dalam bahasa Arab, minuman keras ini disebut khamar. Kata tersebut arti asalnya adalah menutup. Minuman keras disebut khamar karena ia (dapat) menutupi akal pikiran. Sudah menjadi ijma‘ ulama bahwa minuman keras (khamar) itu hukumnya haram, meminumnya termasuk salah satu dosa besar. Haramnya minuman keras ini didasarkan kepada dalil nash yang qath‘i (pasti) yaitu ayat Al-Qur‘an, yang artinya: ”Hai orangorang yang beriman, sesungguhnya (minuman) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan anak panah adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaithan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan” (Al-Maidah [5]: 90) 4. Narkoba. Konsumsi narkoba dalam Bahasa Arab disebut dengan kata مخدر /مخدرة (Mukhaddirun, Mukhaddiraatun). Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Narkoba diartikan: obat untuk menenangkan saraf, menghilangkan rasa sakit, menimbulkan rasa mengantuk atau merangsang. Keharaman narkoba ini dikarenakan unsur memabukkan yang ada pada narkoba, sedangkan segala sesuatu yang memabukkan dalam Islam termasuk khamer, dan khamer hukumnya haram dikonsumsi. Dalam hadits disebutkan yang artinya “ setiap yang memabukkan adalah khamr, dan setiap (segala jenis) Khamr adalah haram” . Bahaya Narkotika terutama menimpa pada orang yang menyalahgunakan bahkan dapat pula menimpa keluarga pemakai, masyarakat, bangsa dan negara. Bahaya Nakotika terhadap pemakainya anatara lain sebagai berikut : 1.Menjadikan jiwa dan raga manusia rusak 2.Menjadikan badan manusia tidak memiliki tahan kuat terhadap serangan penyakit 3.Menjadikan pemakainya kehilangan kemampuan kendali dan kontrol diri 4.Mendorong pelakunya melakukan perbuatan kriminal lain sehingga ia akan mendapat perlaukan dan hukuman yang menghinakan. 5.Memperoleh laknat dan adzab dari Allah SWT. Meninggalkan minuman keras dan narkotika banyak mengandung hikmah, antara lain: a. Masyarakat terhindar dari kejahatan yang dilakukan seseorang yang diakibatkan pengaruh minuman keras dan Narkotika. b. Menjaga kesehatan jasmani dan rohani dari penyakit yang disebabkan pengaruh minuman keras dan Nakotika. c. Masyarakat terhindar dari sikap kebencian dan permusuhan akibat pengaruh minuman keras dan Narkotika. d. Menjaga hati agar tetap taqorrub kepada Allah dan mengerjakan sholat sehingga selalu memperoleh cahaya hikmat. Minuman keras dan Narkotika yang mengganggu kestabilan jasmani dan rohani menyebabkan hati seseorang bertambah jauh dari mengungat Allah, hati menjadi gelap dan keras sehingga mudah sekali berbuat apa yang menjadi larangan Allah. (Roli A. Rahman dan M. Khamzah, 2008 : 63-66). 5. Mencuri a. Pengertian Mencuri Dalam pengertian umum mencuri berarti mengambil sesuatu barang secara sembunyi- sembunyi, baik yang melakukan itu anak kecil atau orang dewasa, baik yang dicuri itu sedikit atau banyak, dan yang mengambil harta itu tidak mempunyai andil pemilikan terhadap orang yang diambil. Dalam bahasa Arab pencurian disebut dengan .(سرقة) sariqah. Dengan pengertian di atas jelas bahwa mencuri yang diancam dengan syarat sebagai berikut: 1) Pelaku pencurian adalah mukallaf, yaitu sudah baligh dan berakal. 2) Barang yang dicuri adalah milik orang lain. 3) Pencurian itu dilakukan dengan diam-diam atau secara sembunyi. 4) Barang yang dicuri tersimpan di tempat simpanannya. 5) Pelaku pencurian tidak mempunyai andil pemilikan terhadap barang yang dicuri. 6) Barang yang dicuri mencapai jumlah satu nisab. Jika barang yang dicuri kurang dari satu nisab, maka had mencuri tidak dapat dijatuhkan. b. Hikmah Hukuman bagi Pencuri Adapun ketentuan sanksi bagi pencuri mengandung hikmah, sebagai berikut: 1) Seseorang tidak mudah dengan begitu saja mengambil barang milik orang lain, karena berakibat buruk bagi dirinya. Sanksi moral bagi dirinya adalah rasa malu, sedangkan sanksi yang merupakan hak adam adalah had. 2) Hak milik seseorang benar-benar dilindungi oleh hukum Islam. Karunia Allah tidak terbatas bilangannya akan tetapi apabila seseorang telah memilikinya dengan cara perolehan yang halal, maka haknya dilindungi. 3) Menghindari sifat malas yang cenderung memperbanyak pengangguran. Mencuri adalah cara singkat untuk memperoleh sesuatu dan memilikinya secara tidak sah. Perbuatan seperti ini disamping tidak terpuji karena membuat orang lain tidak aman, juga cenderung pada sikap malas tidak mau berjuang. Sifat ini bertentangan dengan ajaran Islam

Soal Asesmen Sumatif MI 2025/2026

Soal Asesmen MI 2025/2026 Tentang Fitur Pesan Soal Asesmen Sumati...