Selasa, 19 Oktober 2021

METODE PEMBELAJARAN MI MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN : 2021-2022

NAMA : MI MA’ARIF ADITIRTA NSM : 111233050071 NPSN : 60710957 STATUS AKREDITASI : B TAHUN PELAJARAN : 2020/2021 ALAMAT : Jln. Simpang lima K.M 1,5. Desa Aditirto RT 05 RW 01 Ke.Pejagoan Kab. Kebumen Kode Pos 54361 LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya Seorang guru memang sebaiknya harus menggunakan metode pembelajaran atau learning methods yang tepat agar tercipta proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Selain itu siswa juga bisa belajar dengan baik karena learning methods yang digunakan oleh guru menjadikan penyampaian materi menjadi lebih menarik dan bagus. Untuk itulah seorang guru perlu mengenal learning methods untuk mendukung ketercapaian tujuan belajar mengajar. Untuk mengenal metode dalam pembelajaran, maka Anda perlu memahami secara umum pengertiannya. Dimana metode pembelajaran merupakan cara yang dipergunakan dalam mengimplementasikan rencana yang telah disusun berbentuk kegiatan yang nyata dan praktis agar mencapai tujuan pembelajaran. Melalui pengertian tersebut, maka seorang guru akan mencari metode mana yang paling tepat untuk menyampaikan materi supaya bisa diserap secara mudah oleh siswa. Keefektifan proses mengajar sangat bergantung pada pemilihan serta penggunaan metode dalam pembelajaran. Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat maka seorang guru harus terlebih dahulu mengenali karakteristik peserta didik. Selain itu, seorang guru harus mampu menggunakan metode berbeda untuk setiap kelas sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik di dalam kelas. Bagi para guru yang ingin mengenal metode dalam pembelajaran secara lebih jelas dan lengkap, berikut akan diberikan beberapa penjelasannya. 1. Metode Ceramah Metode ceramah adalah salah satu metode pembelajaran yang bersifat konvensional karena guru menyampaikan materi kepada siswa secara lisan. Sejak dahulu hingga sekarang, metode satu ini memang dianggap sebagai yang paling praktis dan ekonomis. Namun seorang guru harus bisa menggunakan metode ceramah secara menarik agar para siswa tidak cepat bosan. 2. Metode Diskusi Sesuai dengan namanya, metode ini selalu mengutamakan aktivitas diskusi yang melibatkan para siswa untuk belajar memecahkan masalah. Penerapan metode diskusi biasanya dilakukan dengan membuat kelompok diskusi yang bertugas membahas sebuah masalah. 3. Metode Demonstrasi Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara praktikum agar siswa bisa melihat dan mempraktikkan secara langsung materi yang sedang dipelajari. Metode demonstrasi meman lebih menarik serta membuat siswa lebih fokus pada materi pelajaran. 4. Metode Ceramah Plus Metode ini sebetulnya mirip metode ceramah pada umumnya, tetapi untuk metode ceramah plus biasanya disertai metode lainnya saat menyampaikan materi seperti diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan latihan. atau feedback antara pengajar dan murid. 5. Metode Resitasi Metode resitasi biasanya mengharuskan siswa membuat sebuah resume tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. Dimana resume tersebut ditulis pada kertas menggunakan kata-kata dari siswa sendiri. 6. Metode Eksperimen Metode eksperimen dilakukan melalui kegiatan percobaan atau praktikum di laboratorium agar siswa bisa melihat secara langsung materi pelajaran yang sedang disampaikan. Biasanya dapat berupa ilmu pengetahuan alam (sains) dan sebagainnya. 7. Metode Karya Wisata Metode satu ini menggunakan tempat atau lingkungan tertentu yang mempunyai sumber belajar untuk siswa. Namun penerapan metode ini perlu memperoleh pengawasan secara langsung dari guru. Misalnya Museum atau Alam. 8. Metode Latihan Metode ini merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan melatih keterampilan kepada siswa dengan merangsang, memanfaatkan atau membuat sesuatu. Biasanya setelah Penjelasan Murid akan diuji Oleh beberapa pertanyaan. 9. Metode Perancangan Pada metode ini, siswa akan dirangsang agar mampu membuat sebuah proyek yang nantinya akan diteliti. Dapat Berupa perancangan skema, data, grafik , dan lain-lain. Metode ini banyak digunakan juga pada program khususnya kejurusan. 10. Metode Debat Metode ini mengajak siswa untuk saling beradu argumentasi secara perorangan atau kelompok. Tetapi debat tersebut dilakukan secara formal dan memiliki aturan tertentu untuk membahas dan mencari penyelesaian masalah. 11. Metode Mind Maping Metode pembelajaran ini menerapkan cara berpikir secara runtut pada sebuah permasalahan, bagaimana terjadinya serta penyelesaiannya. Melalui metode ini, siswa bisa meningkatkan daya analisis serta berpikir kritis agar memahami masalah sejak awal sampai akhir. Aditirta, 9 Juli 2021 Seksi Kurikulum Kepala Madrasah Muhamad Muhlasin, S.Pd.I H. Darlin, S.Pd.I NIP,- NIP. 196602021989031003

Sabtu, 16 Oktober 2021

PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA

PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA MI MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN : 2021-2022 NAMA : MI MA’ARIF ADITIRTA NSM : 111233050071 NPSN : 60710957 STATUS AKREDITASI : B TAHUN PELAJARAN : 2021/2022 ALAMAT : Jln. Simpang lima K.M 1,5. Desa Aditirto RT 05 RW 01 Ke.Pejagoan Kab. Kebumen Kode Pos 54361 LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA MI Ma’arif Aditirta pada tahun pelajaran 2021/2022 mengadakan program Kerjasama dengan berbagai pihak guna menunjang terlaksananya kegiatan di madrasah yang diantaranya : 1. Kerjasama dengan Puskesmas Jenis kegiatan kerjasama yang dilakukan adalah a. Pemeriksaan gigi b. Suntik bias c. Rujukan warga Madrasah tentang Covid-19 2. Kerjasama dengan Ta’mir Masjid At-Taqwa Jenis kegiatan kerjasama yang dilakukan adalah a. Kegiatan Salat Duha b. Yasin dan tahlil c. Penyaluran zakat fitrah d. Kegiatan PHBI e. Salat Duhur berjamaah f. Kegiatan Tahfidz 3. Kerjasama dengan penjahit a. Pembuatan seragam identitas madrasah bagi siswa yang menghendaki b. Pengadaan seragam kaos olah raga untuk siswa baru c. Pengadaan atribut seragam Madrasah 4. Kerjasama dengan penyedia buku-buku Madrasah a. Pengadaan buku LKS b. Pengadaan CD pembelajaran c. Pengadaan Administrasi Madrasah 5. Kerjasama dengan penyedia sarpras Madrasah a. Penyedia bangku dan meja Madrasah b. Penyedia almari Madrasah c. Penyedia lain-lain yang sesuai. Aditirta, 9 Juli 2021 Kepala Madrasah Darlin, S.Pd.I NIP. 196602021989031003

Contoh SK TIM PENGEMBANG MADRASAH

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN Alamat :Aditirta,Rt05/01 Pejagoan Kab. Kebumen Email : mimaarifaditirta553@gmail.com Terakrefitasi : B KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH MI MAARIF ADITIRTA Nomor : 104/KEP/I-C/10/2020 Tentang PENETAPAN TIM PENGEMBANG MADRASAH MI MAARIF ADITIRTA Menimbang : 1. Bahwa untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengembangan Madrasah, perlu ditetapkan Tim Pengembang Madrasah di, MI MAARIF ADITIRTA 2. Bahwa untuk menjamin terjadinya peningkatan kualitas kinerja dan perkembangan kearah positif di MI MAARIF ADITIRTA perlu ditata pelaksanannya dalam wadah sebagai mana pada butir 1 di atas; 3. Bahwa untuk menjamin tersusunnya dokumen Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang Partisipatif, Transparansi dan Akuntable maka diperlukan Tim Pengembang Madrasah. 4. Bahwa pembentukan Tim Pengembang Madrasah harus segera dibentuk atau disesuaikan mengingat tuntutan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SMPM) dalam kontek Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), dengan mengimplementasikan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Monitoring Madrasah di tingkat Madrasah dan tingkat kota/kabupaten. Mengingat : 1. Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2. Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; 3. PP No.19 tahun 2005 Jo PP 32/2013 tentang Standar Nasional Pendidikan; 4. PP No.17 tahun 2010 Jo PP No.66 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan 5. Instruksi Presiden No. 1 tahun 2010 tentang Akselerasi Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. 6. Kepmendiknas No. 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah 7. Permendiknas No. 7 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata kerja Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan 8. Permendiknas No.13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah; 9. Permendiknas No.19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan 10. Permendiknas No.63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 11. Permendiknas No.15 tahun 2010, Jo Permendikbud No.23 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Memperhatikan : 1. Tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang terus berkembang untuk mempersiapkan peserta didik yang berkualitas tinggi. 2. Hasil musyawarah warga MI MAARIF ADITIRTA.tanggal 18 Desember 2020 Memutuskan Menetapkan : 1. Susunan Tim Pengembang Sekolah periode 2020/2021 – 2023/2024, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Keputusan ini. 2. Pembagian Tugas Pengembang Madrasah sebagaimana tersebut dalam Lampiran II. 3. Jika dikemudian hari ada kesalahan dalam teknis pelaksanaannya akan dilakukan perubahan sebagaimana mestinya. 4. Keputusan ini mulai berlaku dan dilaksanakan sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan : Aditirta Tanggal : 18,Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003 Lampiran I SK Kepala Madrasah MI Ma’arif Aditirta Nomor : 104/SK/MI/STPM/XII/2020 Tanggal : 18 Desember 2020 Perihal : Susunan Tim Pengembang Madrasah SUSUNAN TIM PENGEMBANG MADRASAH MI MA’ARIF ADITIRTA PERIODE 2020/2021-2023/2024 No Jabatan Nama / NIP Jabatan di Sekolah 1. Pengarah/ Penasehat Hj.UMMI SHOLIHATUN,SPd.MPd.I Pengawas 2. Penanggung Jawab H.Darlin,S.Pd.I Kepala Sekolah 3. Ketua H.Darlin,S.Pd.I Kepala Sekolah 4. Sekretaris IMAM HADISUTAAT,S.Pd.I Wakil Kepala Sekolah 5. Bendahara SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Bendahara 6. Seksi : a. Pengembangan Standar Isi MUHAMAD MUHLASIN,S.Pd.I Guru b. Pengembangan Standar Proses SAHIROH,S.Pd.I Guru c. Pengembangan Standar Kompetensi Kelulusan SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Guru d. Pengembangan Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan IMAM HADISUTAAT,S.Pd.I Guru e. Pengembangan Standar Sarana dan Prasarana KHOLIK HARYANTO,S.Pd Guru f. Pengembangan Standar Pengelolaan ROHABIB,S.Pd.I Guru g. Pengembangan Standar Pembiayaan SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Guru h. Pengembangan Standar Penilaian PUPUT ENDAH NINGRUM,S.Pd Guru Aditirta 18 Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003 Lampiran I SK Kepala Madrasah MI Ma’arif Aditirta Nomor : 104/SK/MI/STPM/XII/2020 Tanggal : 18 Desember 2020 Perihal : Susunan Tim Pengembang Madrasah I. PEMBAGIAN UMUM Seluruh Tim Pengembang Madrasah MI MA’ARIF ADITIRTA periode 2020/2021 – 2023/2024 secara umum sebagai berikut : 1. Mempersiapkan dan mengidentifikasi kondisi Madrasah saat ini yang berbasis pada Standar Nasional Pendidikan serta mengumpulkan bukti fisiknya . 2. Mengevaluasi, menganalisis dan merumuskan harapan Madrasah berbasis pada Standar Nasipnal Pendidikan. 3. Menetapkan alternatif kebijakan sebagai kebutuhan Madrasah yang dituangkan ke dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM), Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) dan Rencana Kegiatan dan anggaran Madrasah (RKAM) secara Partisipatif, Transparansi dan Akuntabel. II. TUGAS KHUSUS 1. Pengarah ( Komite Madrasah dan Pengawas Madrasah) 1.1 Memberikan pengarahan terkait .peningkatan kualitas dan kapasitas pendidikan 1.2 Memberikan kontribusi dalam merancang perencanaan madrasah. 1.3 Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program/kinerja sekolah 1.4 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 2. Penanggung Jawab 2.1 Menerbitkan SK Tim Pengembang madrasah 2.2 Memberi petunjuk dan pengarahan pengisian terhadap sistematika penyusunan Rencana Kerja madrasah kepada Tim pengembang madrasah 3. Ketua. 3.1 Membentuk Tim Pengembang madrasah. 3.2 Memberi petunjuk dan pengarahan tentang perumusan RKM, RKTM dan RKAM kepada Tim pengembang madrasah. 3.3 Memberi petunjuk dan pengarahan tentang pelaksanaan RKS, RKTS dan RKAS kepada Tim pengembang madrasah 3.4 Bersama Pengarah/penasehat memonitor pelaksanaan perumusan tabel RKM dan pengumpulan bukti fisiknya kepada masing-masing penanggung jawab standar 3.5 Bersama Tim Pengembang Sekolah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan madrasah (RKTM). 3.6 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 4. Sekretaris. 4.1 Mencatat dan mengagendakan kegiatan-kegiatan yang sudah tertuang dalam RKM maupun RKTM. 4.2 Mengarsipkan semua dokumen kegiatan dari hasil kerja semua penanggung jawab standar. 4.3 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 5. Bendahara 5.1 Mencatat pemasukan dan pengeluaran anggaran yang berkaitan dengan kegiatan Tim Pengembang Sekolah sesuai dengan yang tertuang dalam RKTM maupun RKAM. 5.2 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. . 6. Anggota/Seksi-seksi 5.1 Merumuskan tahapan-tahapan penyusunan RKM sesuai dengan tanggung jawab standarnya.. 5.2 Mengumpulkan bukti fisik yang dibutuhkan sesuai dengan standarnya. 5.3 Ikut bertanggung jawab dalam penyusunan RKM, RKTM dan RKAM 5.4 Ikut bertanggung jawab dalam implementasi RKM, RKTM dan RKAM 5.5 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. Aditirta 18 Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003

Minggu, 21 Juni 2020

Cara Membuat Oyek

Apa itu Oyek?

Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebesar kacang ijo yang berwarna coklat kekuning-kuningan.


gambar oyek

Cara membuat Oyek:

• Singkong dikupas/dibersihkan lalu dipotong-potong kemudian direndam memakai air bersih selama 3 hari.
• Dalam perendaman air harus diganti kalau sudah berbusa dengan air bersih.hal ini dimaksudkan untuk membersihkan/menetralkan kandumgan racun yang ada dalam singkong tersebut.Penggantian air kurang lebih 2 kali selama perendaman.
• Setelah potongan-potongan singkong tadi sudah lapuk atau empuk angkat dari perendaman bilas dengan air bersih lalu tiriskan.
• Langkah selanjutnya dibuat tepung dengan cara ditumbuk(jaman dulu)/digiling untuk menjadi tepung.



gambar menumbuk oyek


• Sesudah menjadi tepung di interi (digoyang goyang) menggunakan tampah/nampan yang terbuat dari bambu,supaya membentuk bulatan bulatan /butiran kecil kecil.



gambar oyek di interi

• Kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai setengah kering kurang lebih 3 jam.
• Perlakuan selanjutnya adalah dikukus kurang lebih selama 30 menit.butiran butiran yang tadinya berwarna putih akan berubah warna menjadi coklat kekuning kuningan lalu angkat dan didinginkan.
• Sampai proses ini sebenarnya sudah bs dikonsumsi.
• Langkah berikutnya setelah dingin diremas remas untuk memisahkan butiran butiran yang pada lengket .kemudian diayak/irigi.Hal ini juga dimaksudkan untuk membentuk butiran butiran kembali.
• Selanjutnya dijemur sampai betul betul kering.Penjemuran selama 2 hari,setelah betul betul kering Oyek sudah siap disimpan atau mau di masak kapanpun juga.





Proses penjemuran oyek
Cara memasak/membuat nasi oyek :

Oyek dipesusi/dibersihkan dengan air bersih kemudian tiriskan.Kemudian masak dengan cara dikukus kurang lebih selama 10-15 menit.Nasi Oyek sudah siap untuk dihidangkan.nasi Oyek bs dihidangkan mulus atau bs dicampur dengan nasi putih/nasi beras tergantung selera anda.

Menu nasi oyek :

Nasi Oyek cocok dengan menu apa saja tergantung selera masing masing.Menu yang faforit biasanya nasi Oyek disajikan/dihidangkan dengan sayur lodeh Lombok / Lodeh ikan / ikan asin.dan yang paling mantap dihidangkan dengan daging kambing( bagi orang yang tidak memiliki penyakit darah tinggi ).

Keunggulan Oyek/nasi oyek dengan nasi/bahan nasi lainnya :

Oyek tahan lama dalam penyimpanan,kalau dibungkus rapat/memakai kantong plastik bisa tahan sampai 3 tahun.dan kalau sudah dimasak bs tahan sampai 3 hari tidak basi dan tidak keluar jamurnya.

Awet kenyang karena Oyek mengembang.Orang yang biasanya makan nasi putih/nasi beras biasanya sehari makan 3 kali baru kenyang,kalau nasi oyek sehari makan 2 kali.

Kadar kalorinya rendah.Akhir akhir ini Oyek menjadi Populer bagi orang orang menengah keatas.sekarang Oyek banyak dicari dan dikonsumsi oleh orang orang yang punya kolesterol/kadar gulanya tinggi.


Demikian riwayat simgkat tentang Oyek,selamat mencobaaaa....dan membuktikan........!

Sabtu, 18 Januari 2020

RPP K13 MAPEL AKIDAH AKHLAK KLS SEMESTER 1







RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Satuan Pendidikan : MI MA’ARIF ADITIRTA
Kelas / Semester : IV (Empat) / 1
Mata Pelajaran : Akidah Akhlak
Pembelajaran ke : 1
Materi : Indahnya Kalimat Thayyibah
Alokasi Waktu : 2 x 35 menit

A. KOMPETENSI INTI (KI)
KI-1 Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya.
KI-3 Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, di sekolah dan tempat bermain.
KI-4 Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B. KOMPETENSI DASAR (KD)
1.1 Meyakini kekuasaan Allah swt. melalui kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-Adzim (Hauqalah).
3.1 Mengetahui kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil-‘Aliyyil-‘Adzim (Hauqalah).
4.1 Melafalkan kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil- ‘Aliyyil-‘Adzim (Hauqalah) dan maknanya.

C. INDIKATOR PENCAPAIAN KOMPETENSI
 Menghafal kalimat thayyibah Hauqalah.
 Menyebutkan arti kalimat thayyibah Hauqalah.
 Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca kalimat thayyibah Hauqalah.
 Membiasakan membaca kalimat thayyibah Hauqalah.

D. TUJUAN PEMBELAJARAN
 Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model Group Investigation peserta didik dapat menjelaskan kalimat thayyibah Hauqalah.
 Melalui kegiatan mengamati, bertanya, dan mengikuti proses pembelajaran dengan model Group Investigation peserta didik dapat menjelaskan kalimat thayyibah Hauqalah.
E. MATERI POKOK
Kalimat thayyibah Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim.
Lafal kalimat Hauqolah adalah لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
Yang artinya tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah. Kalimat ini dipergunakan untuk memohon pertolongan kepada Allah.
Keutamaannya membaca kalimat Hauqolah adalah:
 Dapat menghapus dosa.
 Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
 Salah satu harta simpanan di surga.
 Merupakan tanaman di surga.
 Termasuk salah satu pintu surga.
 Merupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah.
F. METODE DAN MEDIA
1. Metode : ceramah, diskusi, tanya jawab, penugasan
2. Media : papan tulis, LCD, proyektor

G. KEGIATAN PEMBELAJARAN
Materi Ajar Kalimat thayyibah La haula Wala Quwwata Illa Billahil- ‘Aliyyil-‘Adzim.
1. Pendahuluan ( 5 menit )
 Guru bertanya kepada peserta didik untuk menyebutkan kalimat thayyibah yang pernah dipelajari beserta artinya.
 Guru memberikan apresiasi terhadap semua jawaban peserta didik dan mengkaitkannya dengan unit pembahasan.
 Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.

2. Kegiatan Inti ( 45 menit )
 Peserta didik diajak mengamati gambar.
 Guru mendorong peserta didik agar dapat bertanya sesuai gambar. Misalnya, apa yang dilakukan oleh anak tersebut? Apa yang dibaca oleh anak tersebut? Apa arti bacaan tersebut? Apa hikmah membaca bacaan tersebut?
 Setelah proses bertanya peserta didik diminta untuk menemukan jawaban pertanyaan tersebut dengan cara membaca buku teks.
 Untuk menguasai kompetensi ini salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan adalah Group Investigation.
 Guru menyiapkan materi yang akan dijadikan sebagai bahan diskusi yaitu: bacaan kalimat thayyibah Laa haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziim (Hauqalah) dan artinya, waktu yang tepat untuk mengucap kalimat thayyibah Hauqalah, hikmah membaca kalimat thayyibah Hauqalah. Lihat buku teks
 Membagi kelas menjadi enam kelompok, dan setiap kelompok memilih satu orang sebagai ketua kelompok dan satu orang sebagai juru bicara.
 Setiap kelompok mendapat satu materi yang diberikan oleh guru secara acak untuk didiskusikan.
 Juru bicara menyampaikan hasil diskusi kelompok dan kelompok lain diberikan kesempatan untuk memberikan tanggapan.
 Guru memberikan kesempatan kepada kelompok lain untuk menyampaikan hasil diskusi (sesuai dengan materi yang telah diberikan). Kegiatan ini berlangsung sampai ke enam kelompok mempresentasikan hasil diskusinya di depan kelas.
 Guru memberikan penguatan berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Hauqalah.

3. Kegiatan Penutup (20 menit)
 Peserta didik dengan bantuan guru diajak untuk membuat kesimpulan berkaitan dengan materi materi kalimat thayyibah Hauqalah.
 Guru memberikan pesan kepada peserta didik agar senantiasa membiasakan untuk membaca materi kalimat thayyibah Hauqalah.
 Guru mengajak peserta didik untuk melakukan refleksi terhadap pembelajaran yang baru dilaksakan, materi apa saja yang telah dikuasai, materi apa saja yang belum dikuasai, dan mengajak peserta didik untuk mengasosiasi apa yang seharusnya dilakukan dan dibiasakan dan apa yang tidak boleh dilakukan.

H. SUMBER BELAJAR
1. Buku Pedoman Guru Mapel Akidah Akhlak, MI ,Kelas 4, Kemenag RI, 2014
2. Buku Pegangan Siswa Mapel Akidah Akhlak MI kelas 4, Kemenag RI, 2014

I. PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Sistem penilaian
A) Tugas
B) Observasi
C) Tes tertulis
D) Tes lisan
2. Indikator Penilaian
NO Indikator Penilaian Tehnik Penilaian Bentuk Penilaian Instrumen
1

2

3


4 Menghafal kalimat thayyibah Hauqalah.
Menyebutkan arti kalimat thayyibah Hauqalah.
Menyebutkan waktu yang tepat dalam membaca kalimat thayyibah Hauqalah.
Membiasakan membaca kalimat thayyibah Hauqalah. Tes Lisan

Tes Tertulis

Tes Tertulis


Tes Lisan
Lisan

Uraian

Uraian


Lisan
Terlampir




Mengetahui, Aditirta, 16 Juli 2018
Kepala Madrasah Guru Kelas IV.




Darlin,S.Pd.I. Muhamad Muhlasin, S.Pd.I
NIP.196602021989031003. NIP -










































Lampiran-lampiran:
1. Lembar Observasi
2. Lembar Soal
3. Lembar Jawab
4. Lembar Rubrik Penilaian
5. Lembar Penilaian Sikap


































1. LEMBAR OBSERVASI

Pada kegiatan diskusi guru dapat memberikan penilaian melalui lembar observasi sebagai berikut:
No Nama Siswa Aspek Perilaku yang Diamati Jml Skor
Keterlibatan Inisiatif T. Jawab
1 2 3 1 2 3 1 2 3
1 Nabila Mariska
2 Abdurrohman Al Hakim
3 Akhsin Nasrulloh
4 Alisa Nuril Hidayah
5 Andrean Aryadiansah
6 Dwi Aulya Saputri
7 Faiq Nu Fauzan
8 Fajar Abbas Ramadhan
9 Firza Prasetia
10 Furraida Imroatussholikhah
11 Galang Fadhal Ramadhan
12 Khorida
13 Muhamad Fadil Akif Rabbani
14 Muhamad Mirzahumayyun
15 Muhamad Ngusman
16 Nazarul Wahid
17 Siti Ma'rifatun
18 Lyana Afrilaini
Keterangan
3 = Baik 2 = Sedang 1 = Kurang








Keterlibatan Baik Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang Tidak terlibat/pasif
Inisiatif Baik Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang Tidak terlibat/pasif
Tanggung jawab Baik Keterlibatan secara fisik dan kontribusi pemikiran/ide
Sedang Keterlibatan pemikiran/ide
Kurang Tidak terlibat/pasif
Skor maksimal 9
Skor Diperoleh
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
Catatan
Pada kolom kegiatan, peserta didik diminta untuk melakukan berbagai macam aktivitas, diantaranya:
Mengamati gambar kemudian menyusun kalimat yang menunjukkan waktu yang tepat untuk mengucapkan kalimat thayyibah Hauqalah. Jadi rambu-rambu jawabannya adalah kalimat thayyibah Hauqalah dibaca ketika:
a. Hendak keluar rumah
b. Menjadi berhasil usahanya
c. Menjadi juara dalam perlombaan

Hasil yang diperoleh pada kolom kegiatan, hanya dijadikan sebagai alat ukur ukur mengetahui kompetensi yang telah dikuasai oleh peserta didik, sehingga guru tahu kompetensi apa yang belum dikuasai dan siapa saja yang belum menguasai kompetensi tersebut.
Hikmah, Aku Bisa, dan Hati-hati
Kolom hikmah berisi kata bijak yang dapat dijadikan sebagai motivasi hidup. Kolom aku bisa berisi perilaku yang perlu dibiasakan oleh peserta didik. Kolom hati-hati berisi pesan agar peserta didik tidak memiliki perilaku negatif.
Rangkuman
Pada kolom “Rangkuman” guru menyampaikan materi penting yang harus dikuasi oleh peserta didik yaitu berkaitan dengan materi kalimat thayyibah Hauqalah.


2. Lembar Soal
NAMA :………………………………………………
NO ABSEN :………………………………………………

Soal lisan
a) Lafalkan kalimat hauqalah dengan baik dan benar!
Soal tertulis
b) jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jawaban yang tepat!
1. Apa arti Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm…
2. Sebutkan 4 kalimat tayyibah yang kamu ketahui!.
3. Sikap yang sesuai dengan kalimat hauqalah adalah…
4. Keutamaan Kalimat Hauqolah adalah….




























3. Lembar Jawab
a. Jawaban soal lisan
لَاحَوْلَ وَلَا قُوَّةَ اِلَّا بِاللهِ الْعَلِيِّ الْعَظِيْمِ
b. Jawaban soal tertulis
1. tiada daya upaya dan kekuatan melainkan dengan pertolongan Allah.
2. Bismillah, Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm, Hamdalah dan Allahuakbar
3. sombong dan membanggakan diri
4. - Dapat menghapuskan dosa.
- Termasuk amalan-amalan yang kekal lagi shalih.
- Salah satu harta simpanan di surga.
- Merupakan tanaman di surga
- Termasuk salah satu pintu surga
- Merupakan ucapan orang yang berserah diri kepada Allah swt.


























1. Rubrik Penilaian

No.
Soal Rubrik Penilaian Skor
1. a. Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b. Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c. Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2 6
2. a. Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b. Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c. Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2 6
3 a. Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b. Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c. Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2 6
4 a. Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b. Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c. Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2 6
5 a. Jika jawaban peserta didik betul dan lengkap, skor 6
b. Jika jawaban peserta didik betul tetapi kurang lengkap, skor 4
c. Jika jawaban peserta didik betul tetapi tidak lengkap, skor 2 6
Pedoman Pensekoran
Skor maksimal 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal








2. Penilaian Sikap
Berilah tanda (V) diantara kolom benar, ragu-ragu atau salah !
NO PERNYATAAN JAWABAN
B RR S
1 Kalimat Hauqolah Laa Haula Walaa Quwwata Illa Billahil Aliyyil Adziimm dilafalkan pada saat kita mengalami kesulitan.
2 Allah akan memberikan beban kesulitan melebihi kesanggupan hamba-Nya.
3 Membiasakan membaca kalimat Hauqolah dapat menghindari putus asa dalam menghadapi kesulitan.
4 Allah membolehkan kita meminta kekuatan dan pertolongan kepada roh ghaib atau benda-benda pusaka.
5 Kita tidak boleh berburuk sangka terhadap Allah apabila permintaan belum dikabulkan.
6 Laut yang terbelah oleh tongkat Nabi Musa merupakan contoh dari pertolongan Allah.
Keterangan :
B = benar
RR = ragu-ragu
S = salah

Rubrik Penilaian
No.
Soal Rubrik Penilaian Skor
1. Sangat Setuju skor 6, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1 6
2. Sangat Setuju skor 1, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6 6
3. Sangat Setuju skor 6, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1 6
4. Sangat Setuju skor 1, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 6 6
5. Sangat Setuju skor 6, Setuju skor 3, Tidak Setuju Skor 1 6
Pedoman penskoran
Skor tertinggi 30
Skor Diperoleh
Nilai Akhir = x 100
Skor Maksimal
3. Penilaian Kinerja
Soal
Lafalkanlah Kalimat Toyyibah Hauqolah dengan benar beserta artinya di depan gurumu.

Rubrik Penilaian
Skor penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik melafalkan kalimat hauqolah dengan baik dan mengartikan juga dengan baik, nilai 100.
2) Jika peserta didik melafalkan kalimat hauqolah baik tetapi dalam mengartikan kurang baik, nilai 90.
3) Jika peserta didik melafalkan kalimat hauqolah kurang baik dan dalam mengartikan juga kurang baik, nilai 80.

Tugasku
Skor penilaian sebagai berikut :
1) Jika peserta didik menulis kalimat hauqolah dengan benar dan mengartikannya dengan baik, nilai 100.
2) Jika peserta didik menulis kalimat hauqolah dengan benar tetapi dalam mengartikannya kurang baik nilai 90.
3) Jika pserta didik menulis kalimat hauqolah kurang benar dan dalam mengartikannya juga kurang baik, nilai 80.

Catatan:
• Guru dapat mengembangkan soal berikut rubrik dan penskorannya sesuai dengan kebutuhan peserta didik.
• Guru diharapkan memiliki catatan sikap atau nilai-nilai karakter yang dimiliki peserta didik selama dalam proses pembelajaran, dengan menggunakan rubrik penilaian berikut ini:














4. Lembar Pengamatan Sikap

Tema : ………………………………………………………….
Sub Tema : ……………… ………………………………………….
Hari/tanggal : ………………………………………………………….
No Nama Siswa Perilaku Yang Diamati
Percaya Diri Disiplin Bekerja sama
3 2 1 3 2 1 3 2 1
1 Nabila Mariska
2 Abdurrohman Al Hakim
3 Akhsin Nasrulloh
4 Alisa Nuril Hidayah
5 Andrean Aryadiansah
6 Dwi Aulya Saputri
7 Faiq Nu Fauzan
8 Fajar Abbas Ramadhan
9 Firza Prasetia
10 Furraida Imroatussholikhah
11 Galang Fadhal Ramadhan
12 Khorida
13 Muhamad Fadil Akif Rabbani
14 Muhamad Mirzahumayyun
15 Muhamad Ngusman
16 Nazarul Wahid
17 Siti Ma'rifatun
18 Lyana Afrilaini
Keterangan:
3 : Membudaya 2 : Berkembang 1 : Belum terlihat

Catatan:
Perilaku yang diamati dapat disesuaikan dengan kebutuhan, seperti: partisipasi, jujur, sopan santun, dll.

KUNCI JAWABAN PAT MAPEL AQIDAH AKHLAK KELAS IV (EMPAT) TA.18/19

KUNCI JAWABAN PAT
MAPEL AQIDAH AKHLAK
KELAS IV (EMPAT) TA.18/19

I. PILIHAN GANDA
1. D 11. B 21. B 31. C
2. B 12. C 22. A 32. A
3. A 13. C 23. C 33. D
4. C 14. A 24. A 34. B
5. B 15. D 25. D 35. D
6. D 16. D 26. B
7. C 17. C 27. B
8. A 18. B 28. A
9. A 19. A 29. D
10. A 20. B 30. C

II. ESAY
1. tali persaudaraan
2. lebih lengkap
3. Allah swt
4. cerdas
5. 25
6. ma’sum
7. syafa’at
8. hablumminannaas
9. hati
10. isyallah

III. URAIAN
1. Bertamu, mengawali pidato/pertemuan, bertemu sesama muslim
2. Ketika sedang merasa takut, khawatir, juga rasa was-was terhadap keadaan yang sedang kita jalani.
3. Kebijakan Guru.
4. a. Berpakaian yang pantas
b. Bersikap baik
c. Tidak merepotkan diri
d. Antar sampai pintu halaman jika tamu pulang
5. Sifat munafik ada 3
a. Bila berkata selalu berdusta
b. Bila dipercaya selalu berkhianat
c. Bila berjanji selalu mengingkari

soal pat akidah akhlak kelas 4 semester 2

KELOMPOK KERJA MADRASAH IBTIDAIYAH
KECAMATAN PEJAGOAN DAN KARANGGAYAM
PENILAIAN AKHIR TAHUN ( PAT )
TAHUN PELAJARAN : 2018/2019

Mata Pelajaran : Aqidah Akhlak Waktu : 09.30 – 11.00WIB
Hari /Tanggal : Selasa, 21 Mei 2019 Kelas : IV (empat)

Petunjuk mengerjakan soal.
1. Berdo’alah sebelum mengerjakan soal.
2. Tulislah dengan jelas pekerjaanmu pada Lembar Jawaban yang tersedia.
3. Bacalah setiap soal dengan teliti .
4. Mintalah penjelasan dengan pengawas bila mengalami kesulitan membaca soal.
5. Kerjakan terlebih dahulu soal-soal yang kamu anggap mudah.
6. Periksalah kembali pekerjaanmu sebelum dikumpulkan.
Selamat mengerjakan!

I. Berilah tanda silang ( X ) pada huruf a,b,c, atau d di depan jawaban yang benar !
1. Hukum menjawab salam dari saudara Muslim adalah ….
a. sunah c. mubah
b. haram d. wajib
2. Berikut arti salam menurut bahasa, kecuali ….
a. kasih sayang c. keamanan
b. keadilan d. kebaikan
3. Rahmatullahi berarti … dari Allah.
a. kasih sayang c. kekayaan
b. keselamatan d. ketentraman
4. Sesuai dengan adab Islam, memulai pidato itu dengan bacaan ….
a. basmalah c. salam
b. takbir d. shalawat
5. Keutamaan mengucapkan salam untuk kita adalah ….
a. ungkapan untuk merendahkan orang lain
b. sarana mengikat persaudaraan
c. mendorong rasa saling memusuhi
d. menjauhkan persaudaraan
6. Allah Maha Pemberi Keamanan adalah arti dari ….
a. As-Salam c. Al-Latif
b. Al-Ba’its d. Al-Mu’min
7. Jika ingin selamat, kamu harus bisa menjaga ….
a. kaki c. lisan
b. tangan d. telinga
8. Zat yang mencukupi segala kebutuhan hidup semua makhluk adalah ….
a. Allah SWT c. malaikat
b. jin d. dukun
9. Assalam artinya Allah Maha ….
a. Sejahtera c. Mulia
b. Memberi Keamanan d. Mengetahui
10. Allah swt. Mengilhami bayi yang baru lahir agar menyusu kepada ibunya. Hal ini membuktikan bahwa Allah swt. memiliki sifat….
a. Al-Latif c. Al-Hadi
b. Al-Mukmin d. As-Salam
11. Kita memohon kepada Allah swt. Agar diberi rasa aman dari hal-halberikut, kecuali.
a. kelaparan c. kesusahan
b. kesehatan d. ketakutan
12. Percaya kepada rasul Allah swt. Termasuk salah satu dari ….
a. rukun shalat c. rukun iman
b. rukun islam d. ciri orang islam
13. Lawan dari sifat fatanah adalah sifat ….
a. khianat c. baladah
b. kizib d. kitman
14. Nabi dan rasul yang terakhir bernama ….
a. Nabi Muhammad saw c. Nabi Ibrahim as
b. Nabi Adam as d. Nabi Isa as
15. Para nabi dan rasul Allah swt. untuk … umat manusia.
a. menyesatkan c. menghancurkan
b. membinasakan d. menyelamatkan
16. Manfaat memiliki sifat jujur adalah ….
a. dapat berteman dengan orang-orang sukses
b. dihormati dan disanjung oleh semua orang
c. menjadi orang kaya
d. dipercaya oleh orang-orang di sekitar kita
17. Bila kita ditunjuk sebagai ketua kelas, sikap kita ….
a. menerima dengan senang hati karena menjadi terkenal
b. menerima karena orang tua juga menjadi ketua RT
c. menerima karena itu kepercayaan yang diberikan oleh teman-teman
d. menerima dengan bangga dan tinggi hati
18. Rasul yang memiliki keteguhan hati, keuletan, dan kesabaran yang luar biasa menjalankan tugasnya diberi gelar ….
a. Ulil Amri c. Al-Anbiya
b. Ulul Azmi d. Alim ‘Ulama
19. Perhatikan nama-nama nabi berikut!
(1) Nabi Ibrahim as
(2) Nabi Adam as
(3) Nabi Nuh as
(4) Nabi Dawud as
(5) Nabi Musa as
(6) Nabi Ayyub as
Nabi atau rasul yang bergelar Ulul Azmi ditunjukkan oleh nomor ….
a. (1), (3), dan (5) c. (2), (4), dan (6)
b. (2), (4), dan (5) d. (4), (5), dan (6)
20. Rasul adalah manusia pilihan Allah swt, yang diberi amanah untuk ….
a. membiarkan manusia agar hidupnya tersesat
b. menyampaikan wahyu agar hidup manusia berada pada jalan yang benar
c. menyampaikan pesan Allah untuk diri sendiri
d. membuat manusia kaya dan terhormat
21. Sebutan Ulul Azmi diberikan kepada rasul karena memiliki ….
a. sifat jujur c. umat yang banyak
b. ketabahan yang luar biasa d. mukjizat yang banyak
22. Nabi Muhammad saw merupakan suri tauladan yang baik, yang dalam istilah bahasa Arab disebut ….
a. uswatun hasanah c. ulil amri
b. ulul azmi d. ulil albab
23. Dalam Al Qur’an Firman Allah swt. yang memuji ketinggian budi pekerti Nabi Muhammad saw adalah Surah ….
a. Az Zumar ayat 5 c. Al Qalam ayat 4
b. Al Qamar ayat 4 d. Al A’la ayat 5
24. Waktu bertamu kerumah teman yang pertama kali diucapkan adalah ….
a. salam c. permisi
b. halo d. mohon maaf
25. Bila tidak menghendaki tamu yang datang, hendaknya kita menolak dengan cara ….
a. kasar c. menutup pintu
b. ditinggal pergi d. bijaksana
26. Berkunjung ke rumah teman atau kerabat untuk suatu tujuan atau maksud tertentu sering disebut ….
a. bekerja c. beramal
b. bertamu d. berwisata
27. Jika maksud dan tujuan bertamu sudah tersampaikan, hendaknya kita ….
a. nonton TV c. menunggu disuruh makan
b. izin pulang d. minta minum
28. Jika mengetahui teman kita berbuat kesalahan, sebaiknya kita ….
a. memaafkan dan menasehati dengan sopan
b. memarahi dan main hakim sendiri
c. melapor orang tua secara berlebihan
d. diam saja karena takut dianiaya
29. Memberikan senyum kepada tamu adalah ….
a. sopan c. antusias
b. ramah d. antipati
30. Secara bahasa, munafik berasal dari kata ….
a. fasik c. nifak
b. musyrik d. kafir
31. Sikap orang munafik terhadap kaum muslimin yang tertimpa musibah adalah ….
a. ikut merasakan penderitaan c. senang dan puas
b. membantu sekuat tenaga d. merasa prihatin
32. Salah satu sifat munafik adalah apabila diberi kepercayaan mereka ….
a. khianat c. amanah
b. jujur d. menepati janji
33. Kerusakan akibat munafik amali adalah ….
a. amalan dan keyakinannya c. tidak termasuk amalan dan keyakinannya
b. keyakinannya saja d. amalannya saja
34. Orang munafik itu pandai bersilat ….
a. mulut c. kaki
b. lidah d. tangan
35. Amalan orang munafik di akhirat adalah .…
a. diterima c. dilipatgandakan
b. diperhitungkan d. sia-sia

II. Isilah titik-titik dibawah ini dengan jawaban yang tepat !
1. Dengan menebarkan kalimat salam akan mempererat ….
2. Jawaban salam dianjurkan … daripada ucapan salamnya.
3. Asmaul Husna itu mutlak milik ….
4. Sifat nabi dan rasul Fatanah yang artinya ....
5. Nama nabi dan rasul yang wajib kita imani ada ….
6. Para nabi dan rasul selalu terjaga dari sifat dosa serta kesalahan yang disebut ….
7. Umat Islam yang selalu beshalawat pada Nabi Muhammad saw kelak akan mendapat ….
8. Ajaran Islam yang mengatur hubungan sesama manusia disebut ….
9. Orang yang suka berkata dusta termasuk terkena penyakit ….
10. Untuk menghindari sifat munafik, bila berjanji selalu diiringi ucapan ….

III. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Sebutkan 3 waktu yang tepat untuk mengucapkan salam !
Jawab:………………………………………………………………………………………...........................................................................................................................................
2. Dalam keadaan apakah seseorang meminta perlindungan dan rasa aman kepada Allah swt?
Jawab:………………………………………………………………………………………...........................................................................................................................................
3. Sebutkan 3 nama nabi rasul yang kamu ketahui !
Jawab:………………………………………………………………………………………...........................................................................................................................................
4. Sebutkan 3 adab menerima tamu !
Jawab:………………………………………………………………………………………...........................................................................................................................................
5. Ada berapa sifat-sifat orang munafik? Sebutkan!
Jawab:………………………………………………………………………………………..................................................................................