Selasa, 21 Desember 2021

Pembiasaan Guru dan Semua Unsur MIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022

Pembiasaan Guru dan Semua Unsur MIS TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Untuk menjadi pribadi yang bertaqwa dan berakhlakul karimah: 1. Penyambutan Pagi Siswa Wakamad kesiswaan, stafKesiswaan dan BP secara bersamaanmenyambut kedatangan siswa. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa hormat dan kedekatan guru dengan siswa yang harapannya bisa diterapkan dalam lingkungan keluarga. 2. Berdo’a sebelum dan sesudah pelajaran Sebelum pelajaran dimulai guru memberikan pembiasaan kepada siswa untuk berdoa bersama dan ketika mengakhiri pelajaran maka guru dan siswa menutup dengan mengucapkan ”Alhamdulillah” dilanjutkan dengan doa bersama. 3. Membaca Surat Juz Amma a. Muriddan guru membawakitabJuzAmma b. Durasi 10 menit di jam pertama c. Minimal 3 (tiga) suratdanharus 4. Membaca Senyap (Silent Reading) a. Bahanbacaanbebas (sesuaibakatdanminatmurid) b. Durasi 10 menit di jam pertama c. Guru Mata Pelajaranmenandatanganibeberapabahan yang dibacamurid 5. Sholat Dhuhur Berjama’ah di madrasah a. Wajibbagisemuaunsuryang tidakmengajarpada jam itu b. Wajibbagi guru ekstrakurikuler yang mengajar jam pertamamengajakmurid-muridnya. c. Wakamad/stafkesiswaandanwalikelasselalumenghimbaukepadamurid 6. Sholat ‘AsarBerjama’ah di madrasah a. Wajibbagisemuaunsuryang masihberada di madrasah padasaatitu b. Wajibbagiguru ekstrakurikulermengajakmurid-muridnyauntuksolat. c. Wakamad/stafkesiswaandanwalikelasselalumenghimbau para murid. 7. Perilaku Sopan Santun Guru, pegawai dan siswa harusmembudayakan Salam, Senyum dan Sapa (3S) a. Semuaunsurmengucapsalamketikabertemu, masukkantordanlainnya b. Semuaunsurtersenyumkepadasemuaunsur yang ada di madrasah c. Semuaunsurterbiasaramahkepadasemuaunsur yang ada di madrasah 8. Kebersihan dan Kesehatan Pribadi dan Lingkungan a. Semuaunsurmenciptakanbudayabersih, rapidan terawatt b. Mengajakmuriduntukmenciptakanbudayabersih, rapidan terawatt 9. Kedisiplinan & Tanggung jawab a. Semua Guru dan Pegawai bertanggung jawab menjalankansemuatugasnya b. Semua guruselaludisiplinwaktu c. Guru dan siswa membuatkontrak belajar 10. Kerapian a. Guru, pegawai dan siswa selalu menjaga kerapian pakaian, rambut dan kuku b. Guru, pegawai dan siswa selalu menunjukkandanmenjagapenampilanislami 11. Membaca Buku a. Guru dan pegawai tekunmembacabuku. b. Guru mengajakmuriduntukmenciptakanbudayagemarmembaca. c. Semuaunsurdanmuridmemanfaatkanperpustakaan madrasah sebagaisumberbelajar. Kebumen, ………………………….. Kepala Madrasah, Amad NIP.

SOAL AKIDAH AKHLAK PAS1 KELAS 4 MI

KELOMPOK KERJA KEPALA SEKOLAH/ MADRASAH (K3S/M) PENILAIAN AKHIR SEMESTER (PAS ) GANJIL TAHUN PELAJARAN 20 /20 Nama : ............................. No absen : ……… Hari / Tanggal : Waktu : 90 Menit Kelas : 4 (Empat) Mata Pelajaran: Aqidah Akhlak A. Berilah tanda silang (x) didepan huruf a,b atau c didepan jawaban yang benar ! 1. Arti innalillahi wa inna ilaihi raji’un adalah……. a. Sesungguhnya kami milik allah dan hanya kepada-Nyalah kami kembali b. Semua atas kehendak allah yang maha pemurah c. Maha suci Allah yang telah menciptakan manusia d. Allah maha besar dengan segala kekuasaannya 2. Sikap orang mukmin ketika mendapat musibah adalah…. a. Menangis terus-menerus b. bersabar c. marah-marah d. memaki 3. Arti kalimat tayibah adalah….. a. Perkataan yang jelek b. perkataan tidak berguna c. ucapan yang sia-sia d. ucapan yang baik 4. Musibah dan Kenikmatan merupakan ….dari Allah swt a. Kezaliman b. hukuman c. ujian d. berkeluh kesah 5. Al Asma’ Al Husna itu jumlahnya ada… a. 99 b. 100 c. 101 d. 1000 6. Menurut sabda nabi bahwa siapa yang hafal Al Asma’Al Husna akan….. a. Dimurahkan rizkinya b. dimudahkan urusanya c. dipanjangkan umurnya d. masuk surga 7. Sifat allah maha adil adalah…. a. Al Mukmin b. Al Adlu c. Al hakim d. Al Hadiy 8. Nama-nama dan sifat sifat baik allah disebut…… a. Rukun iman b. Rukun Islam c. Syahadat d. asmaul Husna 9. Sifat Allah “Al’Adhiim” berarti….. a. Maha agung b. Maha pemberi rasa aman c. Maha bijaksana d.Maha pemberi petunjuk 10. Allah memberikan makanan kepada kita sehingga aman dari….. a. Keadilan b. Kesejahteraa c. Kelaparan d. Kedamaian 11. Kita wajib menerima katetapan hukum Allah dengan….. a. Berat hati b. terpaksa c. ikhlas d. Menggerutu 12. Allah memutuskan hukum di…. a. Akhirat b. dunia dan akhirat c. dunia d. pengadilan 13. Sesungguhnya hakim yang paling adil adalah…… a. Raja b. Rosul c. Allah d. Orang tua 14. Sifat Allah Al Hadiy berarti……. a. Maha adil b. Maha pemberi rasa aman c. maha agung d. maha pemberi petunjuk 15. Sifat Allah yang memutuskan hukum adalah…. a. Al’Adhiim b. Al’Adlu c. Al Hadiy d. Al Hakim 16. Allah bersifat Al Adhim yang berarti……… a. Maha adil b. maha agung c. maha pemberi rasa aman d. maha pemberi petunjuk II. Isilah titik dibawah ini dengan benar ! 1. Kalimat thayibah kita ucapkan untuk…………kepada allah. 2. Bacaan tarji’ mengandung pengertian bahwa hanya kepada Allah-lah kita akan……… 3. Ketika melihat orang lain tertimpa musibah kita mengucapkan……………….. 4. Nama-nama Allah yang baik disebut……….. 5. Prilaku adil merupakan dambaan setiap…………. 6. Sifat Allah yang berarti yang Maha pemberi petunjuk adalah…………. 7. Al ‘Adhim artinya………….. 8. Kalimat thayibah adalah……………… 9. Iman kepada kitab Allah termasuk rukun iman yang ke……… 10. Kitab suci orang islam adalah……. 11. Kitab suci Al qur’an diturunkan kepada nabi…………… III.Jawablah pertanyaan dibawah ini dengan benar! 1. Apa arti ucapan innalillahi wainnailaihiroji’un? 2. Sebutkan arti asmaul husna dibawah ini ! a. Al Adhim b. Al Hadiy c. Al Hakim d. Al ‘Adlu 3. Bagaimana sikap orang beriman ketika mendapat musibah? 4. Tuliskan lafal kalimat tarji’ ! 5. Sebutkan kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada nabi dan rosulNya! Kunci Jawaban 1. D 2. B 3. D 4. C 5. A 6. D 7. B 8. D 9. D10. A 11. C 12. B 13. C 14. D15. D16. B II. 1.selalu mengingat 2.akan kembali 3.innalilahi wainnailaihi roji’un 4.asmaul husna 5.manusia 6.Al Hadiy 7. Maha agung 8. Ucapan-ucapan yang baik 9. ke 3 10. Muhammad saw III. 1. Sesungguhnya kita adalah milik allah dan hanya kepada Alloh kita akan kembali 2. a .maha agung b. maha pemberi petunjuk c. maha bijaksana d. maha adil b. maha pemberi petunjuk c. yang maha mengadili d. maha adil 4.Innalillaahi wainnailaihi roji’un 5. Injil Taurat Zabur Al qur’an

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN MASA KHIDMAT 2019 – 2021

LAPORAN PERTANGGUNGJAWABAN PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN MASA KHIDMAT 2019 – 2021 Disusun oleh : PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN Sekertariat : Gedung MWC NU Kec. Pejagaoan. Dk. Lengkong RT 009 RW 003 Ds. Kebulusan. Kec. Pejagoan Fb. Pac Ansor Pejagoan Ig. Pac Ansor Pejagoan. Wa .085641677856/083863968636 KATA PENGANTAR Assalamu’alaikum wr.wb Salam Silaturrohim kami sampaikan dan mudah-mudahan rahmat dan taufiq Alloh semoga selalu menyertai kita, sholawat salam semoga tercurah pada Nabi Muhammad, keluarga, sahabat,. Dan kita semua. Amin. Alhamdulillahirabbil ‘aalamiin kami segenap Pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pejagoan, telah menyelesaikan amanat yang kami emban yaitu pada masa khidmat Tahun 2019-2021, Bersama ini kami sampaikan terimakasih yang setulus-tulusnya kepada : 1. Pimpinan Cabang Nahdlatul Ulama Kabupaten Kebumen 2. Pimpinan Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kabupaten Kebumen 3. Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama Kecamatan Pejagoan 4. Muslimat Nahdlatul Ulama Kecamatan Pejagoan 5. Jajaran Pengurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pejagoan 6. Jajaran Pengurus Pimpinan Ranting Gerakan Pemuda Ansor se-Kecamatan Pejagoan 7. Semua anggota Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Pejagoan 7. Warga masyarakat Desa Kebulusan Kecamatan Pejagoan. Atas segala bimbingan, arahan dan kerjasamanya yang baik dalam mengemban tugas dan tanggungjawab sebagai organisasi dan menegakkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah ala Nahdliyah. Kami hanya bisa memohon kepada Allah SWT mudah mudahan amal kebaikan tersebut diterima di sisi Allah SWT dan semoga kita semuanya selalu dalam petunjuk-Nya. Amiiin Ya Rabbal ‘Aalamiin. Wassalamu’alaikum wr.wb Pejagoan, 30 November 2021 AHMAD MUSLIH ZAMRUDDIN DAFTAR ISI HALAMAN JUDUL.........................................................................................0 KATA PENGANTAR.................................................................................. .....1 DAFTAR ISI ..................................................................................................2 PENGURUS RANTING GP ANSOR KARANGTENGAH ..................................3 BAB I : PENDAHULUAN……………………..…………………………………..4 BAB II : URAIAN KEGIATAN GERAKAN PEMUDA ANSOR PIMPINAN RANTING DESA KARANGTENGAH KECAMATAN KANDANGAN ………………………………………………………...8 BAB III : URAIAN KEUANGAN GERAKAN PEMUDA ANSOR PIMPINAN RANTING DESA KARANGTENGAH KECAMATAN KANDANGAN………………………………………………………..9 BAB IV : PENUTUP…………………………………………………………..10 LAMPIRAN-LAMPIRAN PENGURUS PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN Masa Khidmat 2019-2021 Penasehat : 1. Muhsinun, S.H 2. Muhamad Nurudin 3. Mahmud Ketua : 1. Ahmad Muslih Zamrudin Wakil Ketua : 1. Dul Wahid 2. Mutiur Rohman, S.Pd 3. Hasyim 4. Sarjono Sekretaris : 1. Muhamad Muhlasin, S.Pd.I Wakil Sekretaris : 1. Nanang Jamaludin, S.Pd 2. Ahmad Muhtadi 3. Syarifudin 4. Muhamad Khamim Bendahara : 1. Ahmad Riyadi Wakil Bendahara : 1. Muhatarom Departemen – Departemen: 1. Departemen Advokasi dan Pemberdayaan Masyarakat: Sahabat Sarjuni Sahabat Muslihudin Sahabat Ahmad Mujib 2. Departemen Pendidikan dan Kaderisasi Sahabat Imam Kurniawan 3. Departemen Agama dan Ideologi Sahabat Syawaludin Sahabat Akhmad Bukhori Sahabat Komarudin BAB I PENDAHULUAN Alhamdulillahirabbil ‘alamin, puji syukur hanya milik Allah. Sholawat serta salam tetap kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat dan para pengikuti setia Beliau. Ansor merupakan sebuah organisasi sosial kemasyarakatan Indonesia. Kelahiran Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) diwarnai oleh semangat perjuangan, nasionalisme, pembebasan, dan etos kepahlawanan. GP Ansor terlahir dalam suasana keterpaduan antara kepeloporan pemuda pasca-Sumpah Pemuda, semangat kebangsaan, kerakyatan, dan sekaligus spirit keagamaan. Karenanya, kisah Laskar Hizbullah, Barisan Kepanduan Ansor, dan Banser (Barisan Serbaguna) sebagai bentuk perjuangan Ansor nyaris melegenda. Terutama, saat perjuangan fisik melawan penjajahan dan penumpasan G 30 S/PKI, peran Ansor sangat menonjol. Ansor dilahirkan dari rahim Nahdlatul Ulama (NU) dari situasi ”konflik” internal dan tuntutan kebutuhan alamiah. Berawal dari perbedaan antara tokoh tradisional dan tokoh modernis yang muncul di tubuh Nahdlatul Wathan, organisasi keagamaan yang bergerak di bidang pendidikan Islam, pembinaan mubaligh, dan pembinaan kader. KH Abdul Wahab Hasbullah, tokoh tradisional dan KH Mas Mansyur yang berhaluan modernis, akhirnya menempuh arus gerakan yang berbeda justru saat tengah tumbuhnya semangat untuk mendirikan organisasi kepemudaan Islam. Dua tahun setelah perpecahan itu, pada 1924 para pemuda yang mendukung KH Abdul Wahab (yang kemudian menjadi salah satu pendiri NU) membentuk wadah dengan nama Syubbanul Wathan (Pemuda Tanah Air). Organisasi inilah yang menjadi cikal bakal berdirinya Gerakan Pemuda Ansor setelah sebelumnya mengalami perubahan nama seperti Persatuan Pemuda NU (PPNU), Pemuda NU (PNU), dan Anshoru Nahdlatul Oelama (ANO). Nama Ansor ini merupakan saran KH. Abdul Wahab, “ulama besar” sekaligus guru besar kaum muda saat itu, yang diambil dari nama kehormatan yang diberikan Nabi Muhammad SAW kepada penduduk Madinah yang telah berjasa dalam perjuangan membela dan menegakkan agama Allah. Dengan demikian ANO dimaksudkan dapat mengambil hikmah serta tauladan terhadap sikap, perilaku dan semangat perjuangan para sahabat Nabi yang mendapat predikat Ansor tersebut. Gerakan ANO (yang sekarang disebut GP Ansor) harus senantiasa mengacu pada nilai-nilai dasar Sahabat Ansor, yakni sebagi penolong, pejuang dan bahkan pelopor dalam menyiarkan, menegakkan dan membentengi ajaran Islam. Inilah komitmen awal yang harus dipegang teguh setiap anggota ANO (GP Ansor). Meski ANO dinyatakan sebagai bagian dari NU, secara formal organisatoris belum tercantum dalam struktur organisasi NU. Hubungan ANO dengan NU saat itu masih bersifat hubungan pribadi antar tokoh. Baru pada Muktamar NU ke-9 di Banyuwangi, tepatnya pada tanggal 10 Muharram 1353 H atau 24 April 1934, ANO diterima dan disahkan sebagai bagian (departemen) pemuda NU dengan pengurus antara lain: Ketua H.M. Thohir Bakri; Wakil Ketua Abdullah Oebayd; Sekretaris H. Achmad Barawi dan Abdus Salam. Dalam perkembangannya secara diam-diam khususnya ANO Cabang Malang, mengembangkan organisasi gerakan kepanduan yang disebut Banoe (Barisan Ansor Nahdlatul Oelama) yang kelak disebut BANSER (Barisan Serbaguna). Dalam Kongres II ANO di Malang tahun 1937. Di Kongres ini, Banoe menunjukkan kebolehan pertamakalinya dalam baris berbaris dengan mengenakan seragam dengan Komandan Moh. Syamsul Islam yang juga Ketua ANO Cabang Malang. Sedangkan instruktur umum Banoe Malang adalah Mayor TNI Hamid Rusydi, tokoh yang namaya tetap dikenang dan bahkan diabadikan sebagai sama salah satu jalan di kota Malang. Salah satu keputusan penting Kongres II ANO di Malang tersebut adalah didirikannya Banoe di tiap cabang ANO. Selain itu, menyempurnakan Anggaran Rumah Tangga ANO terutama yang menyangkut soal Banoe. Pada masa pendudukan Jepang organisasi-organisasi pemuda diberangus oleh pemerintah kolonial Jepang termasuk ANO. Setelah revolusi fisik (1945 – 1949) usai, tokoh ANO Surabaya, Moh. Chusaini Tiway, mengemukakan ide untuk mengaktifkan kembali ANO. Ide ini mendapat sambutan positif dari KH. Wachid Hasyim, Menteri Agama RIS kala itu, maka pada tanggal 14 Desember 1949 lahir kesepakatan membangun kembali ANO dengan nama baru Gerakan Pemuda Ansor, disingkat Pemuda Ansor (kini lebih pupuler disingkat GP Ansor). GP Ansor hingga saat ini telah berkembang sedemikan rupa menjadi organisasi kemasyarakatan pemuda di Indonesia yang memiliki watak kepemudaan, kerakyatan, keislaman dan kebangsaan. GP Ansor hingga saat Ini telah berkembang hingga ke tingkat kecamatan atau desa. Ditambah dengan kemampuannya mengelola keanggotaan khusus BANSER (Barisan Ansor Serbaguna) yang memiliki kualitas dan kekuatan tersendiri di tengah masyarakat. Di sepanjang sejarah perjalanan bangsa, dengan kemampuan dan kekuatan tersebut GP Ansor memiliki peran strategis dan signifikan dalam perkembangan masyarakat Indonesia. GP Ansor mampu mempertahankan eksistensi dirinya, mampu mendorong percepatan mobilitas sosial, politik dan kebudayaan bagi anggotanya, serta mampu menunjukkan kualitas peran maupun kualitas keanggotaannya. GP Ansor tetap eksis dalam setiap episode sejarah perjalan bangsa dan tetap menempati posisi dan peran yang stategis dalm setiap pergantian kepemimpinan nasional. Tak luput juga Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda (PAC. GP.) Ansor Kecamatan Pejagoan juga telah mewarnai dalam sosial kemasyarakatan di wilayah tersebut, ini terbukti dengan eksisnya keberadaan GP. Ansor. Oleh karena itu betapa pentingnya organisasi ini untuk di kembangkan keberadaannya agar tujuan dan visi misi dari berdirinya GP Ansor tercapai untuk kemaslahatan umat Islam. Seiring berjalannya waktu tanpa kita sadari kini telah masuk di akhir periode kepengurusan 2019-2021. Terlalu banyak pekerjaan-pekerjaan rumah yang belum bisa kami selesaikan, tidak kurang dari 60 % program kerja yang kami programkan di awal kepengurusan belum kami selesaikan karena komitmen, kemampuan dan kerjasama antar pengurus merupakan PR besar di. PAC. GP. ANSOR yang belum terselesaikan, yang kita ketahui Bersama dengan adanya wabah Covid-19 yang hingga kini belum sepenuhnya pulih, namun demikian pengurus juga tetap bangga di zaman yang makin bebas ini masih banyak generasi-generasi muda yang masih peduli dengan organisasi GP ANSOR, dibuktikan dengan adanya beberapa Ranting yang subur seperti Ranting Aditirto, Kebulusan, Pejagoan dll, untuk itu kami mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung dan bekerjasama untuk kemajuan organisasi ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua pengurus yang masih komitmen dengan organisasi ini, tanpa kalian tentu kegiatan-kegiatan tak akan bisa berjalan dengan baik. BAB II LAPORAN KEGIATAN PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN MASA KHIDMAT 2019-2021 Tabel I : URAIAN KEGIATAN NO NAMA KEGIATAN TANGGAL KETERANGAN 1 Rijalul Ansor PAC di Ranting Jemur 25 Desember 2020 Terlaksana 2 Latgar Satkoryon Banser di PJI 29 Januari 2021 Terlaksana 3 Rapat Persiapan PKD PAC di Aditirto 13 Februari 2021 Terlaksana 4 Rapat Darurat Persiapan PKD PAC di Peniron 24 Februari 2021 Terlaksana 5 Pemakaman al Bpk Kyai Khozin Ansori oleh Bagana PAC.PC dan masyarakat 26 Februari 2021 Terlaksana 6 Kegiatan Pertemuan Rutin PAC di Ranting Peniron 26 Februari 2021 Terlaksana 7 PKD PAC GP ANSOR Pejagoan 5-7 Maret 2021 Terlaksana 8 Rekom Peserta PKD Buluspesantren 29 Maret 2021 Terlaksana 9 Rekom Peserta PKD Poncowarno 7 April 2021 Terlaksana 10 Menghadiri Pelantikan PR Aditirto 6 Juni 2021 Terlaksana 11 Mengikuti Kegiatan Praktik Pemulasaraan Jenazah di PR Aditirto 19-20 Juni 2021 Terlaksana 12 Menghadiri Rapat Kerja PC 25 Juli 2021 Terlaksana 13 Rekom peserta PKD PAC Puring 24-26 September 2021 Terlaksana 14 Mengikuti Workshop tentang Media 5 November 2021 Terlaksana 15 Rapat Pembentukan Panitia Konferancab 31 Oktober 2021 Terlaksana 16 Rekom Diklatsus Bagana dan Balantas PAC Buayan 3-5 Desember 2021 Terlaksana Ketua Sekretaris AHMAD MUSLIH ZAMRUDDIN MUHAMAD MUHLASIN, S.Pd.I BAB III LAPORAN KEUANGAN PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN MASA KHIDMAT 2019-2021 TABEL II LAPORAN KEUANGAN NO TANGGAL URAIAN UANG MASUK UANG KELUAR 1 Uang hibah Rp7.000.000 2 Biaya seminar Wasbang Rp1.500.000 3 Transpot giat ke Gus Muafiq Rp500.000 4 Snack rapat persiapan konferancab 1 Rp200.000 5 Gula dan kopi Rp50.000 6 Aqua Rp30.000 7 ATK Rp100.000 8 Stempel Rp30.000 9 Snack rapat panitia persiapan konferancab 2 Rp100.000 10 Akomodasi peserta diklatsus Rp150.000 11 Snack rapat panitia persiapan konferancab 3 Rp50.000 12 Saldo akhir Rp4.290.000 Ketua Bendahara AHMAD MUSLIH ZAMRUDDIN AHMAD RIYADI BAB IV PENUTUP Demikian laporan pertanggungjawaban ini kami buat, semoga dapat menjadi acuan untuk meneruskan roda organisasi Pimpinan Anak Cabang GP Ansor Kecamatan Pejagoan. Kami sangat menyadari laporan pertanggungjawaban ini jauh dari sempurna dan masih banyak rencana program yang belum terealisasi oleh factor SDM dan adanya pandemi Covid – 19 yang alhamdulillah pada bulan terakhir sudah mulai menurun. Oleh karena itu kami mohon maaf yang setulus-tulusnya dan kami sangat berharap pada masa khidmat berikutnya lebih baik dari yang sekarang. Ditetapkan di : Pejagoan Tanggal : 01 Desember 2021 PIMPINAN ANAK CABANG GERAKAN PEMUDA ANSOR KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN Ketua, Sekretaris AHMAD MUSLIH ZAMRUDDIN MUHAMAD MUHLASIN, S.Pd.I

Selasa, 19 Oktober 2021

METODE PEMBELAJARAN MI MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN : 2021-2022

NAMA : MI MA’ARIF ADITIRTA NSM : 111233050071 NPSN : 60710957 STATUS AKREDITASI : B TAHUN PELAJARAN : 2020/2021 ALAMAT : Jln. Simpang lima K.M 1,5. Desa Aditirto RT 05 RW 01 Ke.Pejagoan Kab. Kebumen Kode Pos 54361 LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 Metode Pembelajaran: Pengertian, Macam-Macam, Fungsi, dan Tujuannya Seorang guru memang sebaiknya harus menggunakan metode pembelajaran atau learning methods yang tepat agar tercipta proses belajar mengajar yang efektif dan efisien. Selain itu siswa juga bisa belajar dengan baik karena learning methods yang digunakan oleh guru menjadikan penyampaian materi menjadi lebih menarik dan bagus. Untuk itulah seorang guru perlu mengenal learning methods untuk mendukung ketercapaian tujuan belajar mengajar. Untuk mengenal metode dalam pembelajaran, maka Anda perlu memahami secara umum pengertiannya. Dimana metode pembelajaran merupakan cara yang dipergunakan dalam mengimplementasikan rencana yang telah disusun berbentuk kegiatan yang nyata dan praktis agar mencapai tujuan pembelajaran. Melalui pengertian tersebut, maka seorang guru akan mencari metode mana yang paling tepat untuk menyampaikan materi supaya bisa diserap secara mudah oleh siswa. Keefektifan proses mengajar sangat bergantung pada pemilihan serta penggunaan metode dalam pembelajaran. Dalam memilih metode pembelajaran yang tepat maka seorang guru harus terlebih dahulu mengenali karakteristik peserta didik. Selain itu, seorang guru harus mampu menggunakan metode berbeda untuk setiap kelas sesuai dengan karakteristik dan kemampuan peserta didik di dalam kelas. Bagi para guru yang ingin mengenal metode dalam pembelajaran secara lebih jelas dan lengkap, berikut akan diberikan beberapa penjelasannya. 1. Metode Ceramah Metode ceramah adalah salah satu metode pembelajaran yang bersifat konvensional karena guru menyampaikan materi kepada siswa secara lisan. Sejak dahulu hingga sekarang, metode satu ini memang dianggap sebagai yang paling praktis dan ekonomis. Namun seorang guru harus bisa menggunakan metode ceramah secara menarik agar para siswa tidak cepat bosan. 2. Metode Diskusi Sesuai dengan namanya, metode ini selalu mengutamakan aktivitas diskusi yang melibatkan para siswa untuk belajar memecahkan masalah. Penerapan metode diskusi biasanya dilakukan dengan membuat kelompok diskusi yang bertugas membahas sebuah masalah. 3. Metode Demonstrasi Metode demonstrasi merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan cara praktikum agar siswa bisa melihat dan mempraktikkan secara langsung materi yang sedang dipelajari. Metode demonstrasi meman lebih menarik serta membuat siswa lebih fokus pada materi pelajaran. 4. Metode Ceramah Plus Metode ini sebetulnya mirip metode ceramah pada umumnya, tetapi untuk metode ceramah plus biasanya disertai metode lainnya saat menyampaikan materi seperti diskusi, tanya jawab, demonstrasi dan latihan. atau feedback antara pengajar dan murid. 5. Metode Resitasi Metode resitasi biasanya mengharuskan siswa membuat sebuah resume tentang materi yang telah disampaikan oleh guru. Dimana resume tersebut ditulis pada kertas menggunakan kata-kata dari siswa sendiri. 6. Metode Eksperimen Metode eksperimen dilakukan melalui kegiatan percobaan atau praktikum di laboratorium agar siswa bisa melihat secara langsung materi pelajaran yang sedang disampaikan. Biasanya dapat berupa ilmu pengetahuan alam (sains) dan sebagainnya. 7. Metode Karya Wisata Metode satu ini menggunakan tempat atau lingkungan tertentu yang mempunyai sumber belajar untuk siswa. Namun penerapan metode ini perlu memperoleh pengawasan secara langsung dari guru. Misalnya Museum atau Alam. 8. Metode Latihan Metode ini merupakan metode pembelajaran yang dilakukan dengan melatih keterampilan kepada siswa dengan merangsang, memanfaatkan atau membuat sesuatu. Biasanya setelah Penjelasan Murid akan diuji Oleh beberapa pertanyaan. 9. Metode Perancangan Pada metode ini, siswa akan dirangsang agar mampu membuat sebuah proyek yang nantinya akan diteliti. Dapat Berupa perancangan skema, data, grafik , dan lain-lain. Metode ini banyak digunakan juga pada program khususnya kejurusan. 10. Metode Debat Metode ini mengajak siswa untuk saling beradu argumentasi secara perorangan atau kelompok. Tetapi debat tersebut dilakukan secara formal dan memiliki aturan tertentu untuk membahas dan mencari penyelesaian masalah. 11. Metode Mind Maping Metode pembelajaran ini menerapkan cara berpikir secara runtut pada sebuah permasalahan, bagaimana terjadinya serta penyelesaiannya. Melalui metode ini, siswa bisa meningkatkan daya analisis serta berpikir kritis agar memahami masalah sejak awal sampai akhir. Aditirta, 9 Juli 2021 Seksi Kurikulum Kepala Madrasah Muhamad Muhlasin, S.Pd.I H. Darlin, S.Pd.I NIP,- NIP. 196602021989031003

Sabtu, 16 Oktober 2021

PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA

PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA MI MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN : 2021-2022 NAMA : MI MA’ARIF ADITIRTA NSM : 111233050071 NPSN : 60710957 STATUS AKREDITASI : B TAHUN PELAJARAN : 2021/2022 ALAMAT : Jln. Simpang lima K.M 1,5. Desa Aditirto RT 05 RW 01 Ke.Pejagoan Kab. Kebumen Kode Pos 54361 LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA KABUPATEN KEBUMEN MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA TAHUN PELAJARAN 2021/2022 PROGRAM KEGIATAN KERJASAMA MI Ma’arif Aditirta pada tahun pelajaran 2021/2022 mengadakan program Kerjasama dengan berbagai pihak guna menunjang terlaksananya kegiatan di madrasah yang diantaranya : 1. Kerjasama dengan Puskesmas Jenis kegiatan kerjasama yang dilakukan adalah a. Pemeriksaan gigi b. Suntik bias c. Rujukan warga Madrasah tentang Covid-19 2. Kerjasama dengan Ta’mir Masjid At-Taqwa Jenis kegiatan kerjasama yang dilakukan adalah a. Kegiatan Salat Duha b. Yasin dan tahlil c. Penyaluran zakat fitrah d. Kegiatan PHBI e. Salat Duhur berjamaah f. Kegiatan Tahfidz 3. Kerjasama dengan penjahit a. Pembuatan seragam identitas madrasah bagi siswa yang menghendaki b. Pengadaan seragam kaos olah raga untuk siswa baru c. Pengadaan atribut seragam Madrasah 4. Kerjasama dengan penyedia buku-buku Madrasah a. Pengadaan buku LKS b. Pengadaan CD pembelajaran c. Pengadaan Administrasi Madrasah 5. Kerjasama dengan penyedia sarpras Madrasah a. Penyedia bangku dan meja Madrasah b. Penyedia almari Madrasah c. Penyedia lain-lain yang sesuai. Aditirta, 9 Juli 2021 Kepala Madrasah Darlin, S.Pd.I NIP. 196602021989031003

Contoh SK TIM PENGEMBANG MADRASAH

LEMBAGA PENDIDIKAN MA’ARIF NAHDLATUL ULAMA MADRASAH IBTIDAIYAH MA’ARIF ADITIRTA KECAMATAN PEJAGOAN KABUPATEN KEBUMEN Alamat :Aditirta,Rt05/01 Pejagoan Kab. Kebumen Email : mimaarifaditirta553@gmail.com Terakrefitasi : B KEPUTUSAN KEPALA MADRASAH MI MAARIF ADITIRTA Nomor : 104/KEP/I-C/10/2020 Tentang PENETAPAN TIM PENGEMBANG MADRASAH MI MAARIF ADITIRTA Menimbang : 1. Bahwa untuk meningkatkan kualitas kinerja dan pengembangan Madrasah, perlu ditetapkan Tim Pengembang Madrasah di, MI MAARIF ADITIRTA 2. Bahwa untuk menjamin terjadinya peningkatan kualitas kinerja dan perkembangan kearah positif di MI MAARIF ADITIRTA perlu ditata pelaksanannya dalam wadah sebagai mana pada butir 1 di atas; 3. Bahwa untuk menjamin tersusunnya dokumen Rencana Kerja Madrasah (RKM) yang Partisipatif, Transparansi dan Akuntable maka diperlukan Tim Pengembang Madrasah. 4. Bahwa pembentukan Tim Pengembang Madrasah harus segera dibentuk atau disesuaikan mengingat tuntutan Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan (SMPM) dalam kontek Manajemen Berbasis Madrasah (MBM), dengan mengimplementasikan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dan Monitoring Madrasah di tingkat Madrasah dan tingkat kota/kabupaten. Mengingat : 1. Undang-undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional; 2. Undang-undang No.14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen; 3. PP No.19 tahun 2005 Jo PP 32/2013 tentang Standar Nasional Pendidikan; 4. PP No.17 tahun 2010 Jo PP No.66 tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan 5. Instruksi Presiden No. 1 tahun 2010 tentang Akselerasi Sistem Penjamin Mutu Pendidikan. 6. Kepmendiknas No. 044/U/2002 tentang Dewan Pendidikan dan Komite Sekolah 7. Permendiknas No. 7 tahun 2007 tentang Organisasi dan Tata kerja Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan 8. Permendiknas No.13 tahun 2007 tentang Standar Kepala Sekolah/Madrasah; 9. Permendiknas No.19 tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Satuan Pendidikan 10. Permendiknas No.63 tahun 2009 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan 11. Permendiknas No.15 tahun 2010, Jo Permendikbud No.23 tahun 2013 tentang Standar Pelayanan Minimal (SPM) Memperhatikan : 1. Tingginya tuntutan masyarakat terhadap pelayanan pendidikan yang terus berkembang untuk mempersiapkan peserta didik yang berkualitas tinggi. 2. Hasil musyawarah warga MI MAARIF ADITIRTA.tanggal 18 Desember 2020 Memutuskan Menetapkan : 1. Susunan Tim Pengembang Sekolah periode 2020/2021 – 2023/2024, sebagaimana tercantum dalam Lampiran I Keputusan ini. 2. Pembagian Tugas Pengembang Madrasah sebagaimana tersebut dalam Lampiran II. 3. Jika dikemudian hari ada kesalahan dalam teknis pelaksanaannya akan dilakukan perubahan sebagaimana mestinya. 4. Keputusan ini mulai berlaku dan dilaksanakan sejak tanggal ditetapkan. Ditetapkan : Aditirta Tanggal : 18,Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003 Lampiran I SK Kepala Madrasah MI Ma’arif Aditirta Nomor : 104/SK/MI/STPM/XII/2020 Tanggal : 18 Desember 2020 Perihal : Susunan Tim Pengembang Madrasah SUSUNAN TIM PENGEMBANG MADRASAH MI MA’ARIF ADITIRTA PERIODE 2020/2021-2023/2024 No Jabatan Nama / NIP Jabatan di Sekolah 1. Pengarah/ Penasehat Hj.UMMI SHOLIHATUN,SPd.MPd.I Pengawas 2. Penanggung Jawab H.Darlin,S.Pd.I Kepala Sekolah 3. Ketua H.Darlin,S.Pd.I Kepala Sekolah 4. Sekretaris IMAM HADISUTAAT,S.Pd.I Wakil Kepala Sekolah 5. Bendahara SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Bendahara 6. Seksi : a. Pengembangan Standar Isi MUHAMAD MUHLASIN,S.Pd.I Guru b. Pengembangan Standar Proses SAHIROH,S.Pd.I Guru c. Pengembangan Standar Kompetensi Kelulusan SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Guru d. Pengembangan Standar Pendidik dan tenaga Kependidikan IMAM HADISUTAAT,S.Pd.I Guru e. Pengembangan Standar Sarana dan Prasarana KHOLIK HARYANTO,S.Pd Guru f. Pengembangan Standar Pengelolaan ROHABIB,S.Pd.I Guru g. Pengembangan Standar Pembiayaan SITI MUKHBANDIYAH,S.Pd.I Guru h. Pengembangan Standar Penilaian PUPUT ENDAH NINGRUM,S.Pd Guru Aditirta 18 Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003 Lampiran I SK Kepala Madrasah MI Ma’arif Aditirta Nomor : 104/SK/MI/STPM/XII/2020 Tanggal : 18 Desember 2020 Perihal : Susunan Tim Pengembang Madrasah I. PEMBAGIAN UMUM Seluruh Tim Pengembang Madrasah MI MA’ARIF ADITIRTA periode 2020/2021 – 2023/2024 secara umum sebagai berikut : 1. Mempersiapkan dan mengidentifikasi kondisi Madrasah saat ini yang berbasis pada Standar Nasional Pendidikan serta mengumpulkan bukti fisiknya . 2. Mengevaluasi, menganalisis dan merumuskan harapan Madrasah berbasis pada Standar Nasipnal Pendidikan. 3. Menetapkan alternatif kebijakan sebagai kebutuhan Madrasah yang dituangkan ke dalam Rencana Kerja Madrasah (RKM), Rencana Kerja Tahunan Madrasah (RKTM) dan Rencana Kegiatan dan anggaran Madrasah (RKAM) secara Partisipatif, Transparansi dan Akuntabel. II. TUGAS KHUSUS 1. Pengarah ( Komite Madrasah dan Pengawas Madrasah) 1.1 Memberikan pengarahan terkait .peningkatan kualitas dan kapasitas pendidikan 1.2 Memberikan kontribusi dalam merancang perencanaan madrasah. 1.3 Melakukan monitoring dan evaluasi terhadap pelaksanaan program/kinerja sekolah 1.4 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 2. Penanggung Jawab 2.1 Menerbitkan SK Tim Pengembang madrasah 2.2 Memberi petunjuk dan pengarahan pengisian terhadap sistematika penyusunan Rencana Kerja madrasah kepada Tim pengembang madrasah 3. Ketua. 3.1 Membentuk Tim Pengembang madrasah. 3.2 Memberi petunjuk dan pengarahan tentang perumusan RKM, RKTM dan RKAM kepada Tim pengembang madrasah. 3.3 Memberi petunjuk dan pengarahan tentang pelaksanaan RKS, RKTS dan RKAS kepada Tim pengembang madrasah 3.4 Bersama Pengarah/penasehat memonitor pelaksanaan perumusan tabel RKM dan pengumpulan bukti fisiknya kepada masing-masing penanggung jawab standar 3.5 Bersama Tim Pengembang Sekolah melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Rencana Kerja Tahunan madrasah (RKTM). 3.6 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 4. Sekretaris. 4.1 Mencatat dan mengagendakan kegiatan-kegiatan yang sudah tertuang dalam RKM maupun RKTM. 4.2 Mengarsipkan semua dokumen kegiatan dari hasil kerja semua penanggung jawab standar. 4.3 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. 5. Bendahara 5.1 Mencatat pemasukan dan pengeluaran anggaran yang berkaitan dengan kegiatan Tim Pengembang Sekolah sesuai dengan yang tertuang dalam RKTM maupun RKAM. 5.2 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. . 6. Anggota/Seksi-seksi 5.1 Merumuskan tahapan-tahapan penyusunan RKM sesuai dengan tanggung jawab standarnya.. 5.2 Mengumpulkan bukti fisik yang dibutuhkan sesuai dengan standarnya. 5.3 Ikut bertanggung jawab dalam penyusunan RKM, RKTM dan RKAM 5.4 Ikut bertanggung jawab dalam implementasi RKM, RKTM dan RKAM 5.5 Membantu dan bekerja sama dengan Tim pengembang lainnya. Aditirta 18 Desember 2020 Kepala Madrasah H.Darlin,S.Pd.I NIP.196602021981003

Minggu, 21 Juni 2020

Cara Membuat Oyek

Apa itu Oyek?

Oyek adalah sjenis makanan khas Jawa yang terbuat dari ketela pohon/ubi kayu/singkong.bentuk oyek adalah butiran bulat sebesar kacang ijo yang berwarna coklat kekuning-kuningan.


gambar oyek

Cara membuat Oyek:

• Singkong dikupas/dibersihkan lalu dipotong-potong kemudian direndam memakai air bersih selama 3 hari.
• Dalam perendaman air harus diganti kalau sudah berbusa dengan air bersih.hal ini dimaksudkan untuk membersihkan/menetralkan kandumgan racun yang ada dalam singkong tersebut.Penggantian air kurang lebih 2 kali selama perendaman.
• Setelah potongan-potongan singkong tadi sudah lapuk atau empuk angkat dari perendaman bilas dengan air bersih lalu tiriskan.
• Langkah selanjutnya dibuat tepung dengan cara ditumbuk(jaman dulu)/digiling untuk menjadi tepung.



gambar menumbuk oyek


• Sesudah menjadi tepung di interi (digoyang goyang) menggunakan tampah/nampan yang terbuat dari bambu,supaya membentuk bulatan bulatan /butiran kecil kecil.



gambar oyek di interi

• Kemudian dijemur dibawah terik matahari sampai setengah kering kurang lebih 3 jam.
• Perlakuan selanjutnya adalah dikukus kurang lebih selama 30 menit.butiran butiran yang tadinya berwarna putih akan berubah warna menjadi coklat kekuning kuningan lalu angkat dan didinginkan.
• Sampai proses ini sebenarnya sudah bs dikonsumsi.
• Langkah berikutnya setelah dingin diremas remas untuk memisahkan butiran butiran yang pada lengket .kemudian diayak/irigi.Hal ini juga dimaksudkan untuk membentuk butiran butiran kembali.
• Selanjutnya dijemur sampai betul betul kering.Penjemuran selama 2 hari,setelah betul betul kering Oyek sudah siap disimpan atau mau di masak kapanpun juga.





Proses penjemuran oyek
Cara memasak/membuat nasi oyek :

Oyek dipesusi/dibersihkan dengan air bersih kemudian tiriskan.Kemudian masak dengan cara dikukus kurang lebih selama 10-15 menit.Nasi Oyek sudah siap untuk dihidangkan.nasi Oyek bs dihidangkan mulus atau bs dicampur dengan nasi putih/nasi beras tergantung selera anda.

Menu nasi oyek :

Nasi Oyek cocok dengan menu apa saja tergantung selera masing masing.Menu yang faforit biasanya nasi Oyek disajikan/dihidangkan dengan sayur lodeh Lombok / Lodeh ikan / ikan asin.dan yang paling mantap dihidangkan dengan daging kambing( bagi orang yang tidak memiliki penyakit darah tinggi ).

Keunggulan Oyek/nasi oyek dengan nasi/bahan nasi lainnya :

Oyek tahan lama dalam penyimpanan,kalau dibungkus rapat/memakai kantong plastik bisa tahan sampai 3 tahun.dan kalau sudah dimasak bs tahan sampai 3 hari tidak basi dan tidak keluar jamurnya.

Awet kenyang karena Oyek mengembang.Orang yang biasanya makan nasi putih/nasi beras biasanya sehari makan 3 kali baru kenyang,kalau nasi oyek sehari makan 2 kali.

Kadar kalorinya rendah.Akhir akhir ini Oyek menjadi Populer bagi orang orang menengah keatas.sekarang Oyek banyak dicari dan dikonsumsi oleh orang orang yang punya kolesterol/kadar gulanya tinggi.


Demikian riwayat simgkat tentang Oyek,selamat mencobaaaa....dan membuktikan........!